Berita Utama

 

Inovasi Media Pembelajaran Menggunakan Assembler Edu

Penulis : Aulia Misniyati, M.Pd

 Kemajuan zaman ditandai dengan kemajuan teknologi inovasi yang kian berkembang. Manusia seringkali memperbantukan teknologi untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Teknologi informasi dan komunikasi digital sudah mulai akrab dengan berbagai sektor bidang termasuk bidang Pendidikan. Tidak dapat dipungkiri, kemajuan zaman mengharuskan semua yang terlibat dalam bidang Pendidikan khususnya guru harus meningkatkan kompetensinya dalam IPTEK dan TPACK. Guru tidak boleh ketinggalan zaman untuk dapat mengajari dan mendidik peserta didiknya yang sebagian besar sudah mahir dan terampil dalam menggunakan teknologi informasi.

Penggunaan media pembelajaran digital dalam proses pembelajaran berbasis TPACK adalah salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan peserta didik dalam berteknologi. Inovasi media pembelajaran terkini diantaranya media berbasis Augmented Reality (AR), media berbasis Virtual Reality (VR) dan Artificiall Intelegence (AI). Berbagai inovasi media pembelajaran tersebut dapat dipilih oleh guru dengan menyesuaikan kebutuhan belajar peserta didik.

Augmented Reality (AR) merupakan aplikasi penggabungan objek dunia nyata dengan dunia maya dalam bentuk 2D ataupun 3D, objek
diproyeksikan melalui perangkat, kemudian perangkat akan menampilkan objek nyata di dalam dunia maya. Salah satu contoh media AR yang mudah digunakan adalah Assembler Edu. Menurut Ningsi (2021) aplikasi Assembler edu sangat mudah diinstal baik ke dalam HP Android ataupun dalam PC/ Laptop. Aplikasi Assembler dikenal dengan dua jenis yaitu Assembler Edu untuk mobile dan Assemblr Studio untuk PC/ Laptop dengan spesifikasi tertentu. Seperti, pada mobile (HP Android dan Tablet), aplikasi ini didukung oleh iOS 9, 5.0 Lollipop serta minimal memiliki RAM 2 GB dengan kamera 5 MP. Sedangkan untuk PC/ Laptop didukung bila menggunakan minimal windows 7 dan windows 10.

Guru dapat menggunakan Assembler edu untuk menyusun bahan ajar berbasis mobile digital. Peserta didik dapat menscan gambar marker yang memuat objek yang ingin ditampilkan secara 2D ataupun 3D. Assembler edu dapat diunggah di playstore ataupun app store.

 

Berikut ini tutorial penggunaan Assembler Edu untuk mobile :

1.  Unggah aplikasi Assembler Edu  di Playstore atau Appstore.

2.  Masuk ke aplikasi dan pilih Bahasa yang digunakan.

3.  Bacalah setiap informasi terkait dengan Assembler Edu yang ditampilkan dengan mengklik “Lanjut”

4.  Pilih pengguna untuk dapat login ke aplikasi, Anda dapat memilih :

  • Daftar Sekarang
  • Saya Punya Kode Undangan Kelas
  • Saya Sudah Punya Akun

5.  Untuk mempermudah, Anda dapat memilih “Saya sudah punya akun”

6.  Login dengan menggunakan akun Google yang sudah Anda miliki.

 

7.  Selanjutnya, Aplikasi akan menampilkan laman Selamat Datang dan memberi pilihan untuk mengikuti tutorial penggunaan aplikasi dengan mengklik “Baik, mari mulai!”

8.    Setelah selesai, Anda sudah dapat mulai menggunakan Aplikasi Assembler Edu sesuai kebutuhan.

9.    Anda dapat membuat ke kelas baru ataupun bergabung dengan kelas lain. Untuk bergabung dengan kelas lain, Anda membutuhkan kode Undangan.

10.  Anda dapat menggunakan marker yang sudah tersedia pada menu topik.

11.  Tersedia banyak pilihan topik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mata pelajaran Anda.

12.  Pilih satu topik kemudian pilih konten yang ingin digunakan. Anda dapat memilih “konten resmi” ataupun “konten pengguna” yang dapat diakses secara gratis.

13.  Setelah memilih satu konten, selanjutnya Anda dapat memilih menampilkan objek secara 3D dan secara AR.

14.  Untuk cara menampilkan objek secara AR adalah dengan mengarahkan kamera handphone ke bidang datar, kemudian klik “Tap to place object” kemudian gerakan jari Anda pada layer untuk menzoom in dan menzoom out objek.

 

 

 

 Demikian tutorial penggunaan Assembler Edu. Semoga bermanfaat.

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 758532
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 124
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 115
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 33
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 90
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 326
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 868
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6805
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2230
SMAMA

 

Membimbing