Susunan Acara Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H  Selasa (2/11/2021)

di SMA Negeri 1 Martapura

No

Kegiatan

Waktu

1

Maulid Habsyi 

08.00 – 09.00

2

Perpisahan Guru & TAS

09.00 – 09.20

3

Pembacaan Al-Quran dan Sari Tilawah

09.20 – 09.35

4

Pembukaan/Sambutan Kepala Sekolah

09.35 - 09.45

5

Ceramah

09.45 – 10.30

6

Doa

10.30 – 10.35

7

Penutup

10.35 – 10.40

 

Makna Maulid Nabi yang dalam dunia kita terus diperingati setiap tanggal kelahiran beliau (setiap tanggal 12 Rabiul Awwal) bukan lagi sebuah kesemarakan seremonial belaka, tapi sebuah momen spiritual untuk mentahbiskan beliau sebagai figur tunggal yang mengisi pikiran, hati dan pandangan hidup kita.

Dalam maulid kita tidak sedang membikin sebuah upacara, tapi perenungan dan pengisian batin agar tokoh sejarah tidak menjadi fiktif dalam diri kita, tapi betul-betul secara kongkrit tertanam, mengakar, menggerakkan detak-detak jantung dan aliran darah ini.

Arti Maulid NabiKataMauliddberasal dari bahasa Arab yang beratrtilahir, peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw merupakan suatu tradisi yang berkembang setelah Nabi SAW wafat, dengan di peringatinya Maulid Nabi Saw ini yang merupakan suatu wujud ungkapan rasa syukur dan kegembiraan serta penghormatan kepada sang utusan Allah karena berkat jasa beliau ajaran agama islam sampai kepada kita

Selain sebagai ekspresi rasa syukur atas kelahiran Rasulullah SAW., substansi dari peringatan Maulid Nabi adalah mengukuhkan komitmen loyalistas pada beliau. Setidaknya, ini terwujud dengan beberapa hikmah, Hikmah Perayaan Maulid Nabi

1.Peringatan Maulid Nabi SAW mendorong orang untuk membaca shalawat, dan shalawat itu diperintahkan oleh Allah Ta’ala, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya.” (QS Al-Ahzab: 56).

2.Peringatan Maulid Nabi SAW adalah ungkapan kegembiraan dan kesenangan dengan beliau. Bahkan orang kafir saja mendapatkan manfaat dengan kegembiraan itu (Ketika Tsuwaibah, budak perempuan Abu Lahab, paman Nabi, menyampaikan berita gembira tentang kelahiran sang Cahaya Alam Semesta itu, Abu Lahab pun memerdekakannya. Sebagai tanda suka cita. Dan karena kegembiraannya, kelak di alam baqa’ siksa atas dirinya diringankan setiap hari Senin tiba).

Demikianlah rahmat Allah terhadap siapa pun yang bergembira atas kelahiran Nabi, termasuk juga terhadap orang kafir sekalipun. Maka jika kepada seorang yang kafir pun Allah merahmatikarena kegembiraannya atas kelahiran sang Nabi, apalagi anugerah Allah bagi umatnya yang beriman dan bertakwa.

3.Meneguhkan kembali kecintaan kepada Rasulullah SAW. Bagi seorang mukmin, kecintaan terhadap Rasulullah SAW. adalah sebuah keniscayaan, sebagai konsekuensi dari keimanan. Kecintaan pada utusan Allah ini harus berada di atas segalanya, melebihi kecintaan pada anak dan isteri, kecintaan terhadap harta, kedudukannya, bahkan kecintaannya terhadap dirinya sendiri. Rasulullah bersabda, “Tidaklah sempurna iman salah seorang dari kalian hingga aku lebih dicintainya daripada orangtua dan anaknya. (HR. Bukhari).” 4.Meneladani perilaku dan perbuatan mulia Rasulullah SAW. dalam setiap gerak kehidupan kita. Allah SWT. bersabda : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab: 21)” Kita tanamkan keteladanan Rasul ini dalam keseharian kita, mulai hal terkecil, hingga paling besar, mulai kehidupan duniawi, hingga urusan akhirat. Tanamkan pula keteladanan terhadap Rasul ini pada putra-putri kita, melalui kisah-kisah sebelum tidur misalnya. Sehingga mereka tidak menjadi pemuja dan pengidola figur publik berakhlak rusak yang mereka tonton melalui acara televisi. 5.Melestarikan ajaran dan misi perjuangan Rasulullah, dan juga para Nabi. Sesaat sebelum menghembuskan nafas terakhir, Rasul meninggalkan pesan pada umat yang amat dicintainya ini. Beliau bersabda : “Aku tinggalkan pada kalian dua hal, kalian tidak akan tersesat dengannya, yakni Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya sallallahu alaihi wa sallam” (HR. Malik)

PELANTIKAN PENGURUS OSIS DAN MPK TAHUN AJARAN 2021/2022

           

                           

                                       

Martapura, 29/10/2021_Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, Pada Hari Jumat, tanggal 29 Oktober 2021, SMA Negeri 1 Martapura mengadakan kegiatan apel pelantikan pengurus OSIS dan MPK periode 2021/2022. Dalam rangkaian kegiatan yang dihadiri Kepala Sekolah, Wakasek, seluruh pembina OSIS dan Dewan Guru serta Siswa yang mendapatkan jadwal Pembelajaran Tatap Muka (PTM).

Setalah Upacara pelantikan siap dilaksanakan, kegiatan diawali dengan dibacakannya SK Pembina dan Pengurus OSIS MPK periode 2021/2022 oleh Wakasek Bidang Kesiswaan Bapak Mohammad Farid Amrullah, M.M.Pd. kemudian dilanjutkan pengambilan sumpah bagi seluruh pengurus OSIS dan MPK baru yang dipimpin Kepala Sekolah, Bapak Eko Sanyoto, S.Pd. Setelah itu, diadakan penyerahan secara simbolis PIN pengurus OSIS dan MPK oleh Kepala Sekolah.

Kita berharap seluruh pengurus terpilih memiliki rasa bangga, karena di percaya untuk menjadi pengurus OSIS dan MPK baru periode 2021/2022. Semoga kalian bisa menjalankan program-program kerja yang telah disusun dan dijalankan bersama anggota serta mampu membawa nama baik sekolah.

Dan dengan adanya pergantian kepengurusan OSIS dan MPK baru, kita semua berharap akan membawa dan ikut mewujudkan visi dan misi sekolah dengan berbagai perubahan baru yang lebih baik terhadap SMA Negeri 1 Martapura tercinta. Sebagaimana ikrar sumpah yang telah dibaca secara bersama-sama dengan lantang dan penuh semangat, dengan adanya pengurus OSIS dan MPK baru bisa meningkatkan program kerjanya, baik dalam bidang ekstrakulikuler, juga turut serta mewujudkan ketertiban, kedisiplinan, prestasi, dan karakter serta budaya dan kepedulian terhadap lingkungan sekolah.

 

  https://youtu.be/xO1AEr7qWRk

 

 SISTEMATIKA PEMILIHAN KETUA DAN WAKIL KETUA OSIS SMAN 1 MARTAPURA PERIODE 2021-2022

  1. Surat Edaran kegiatan Pemilu OSIS : Klik DI SINI
  2. Pemilihan umum (pemilu) adalah suatu proses pelaksanaan demokrasi untuk memilih seorang pemimpin, dalam hal ini adalah Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Negeri 1 Martapura periode 2021-2022.
  3. Dilaksanakan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil (luber dan jurdil) secara daring melalui media googleform pada:
  1. Simulasi   : Sabtu, 16 Oktober 2021
  2. Pemilu     : Selasa, 19 Oktober 2021

   Waktu pemilu sebagai berikut:

Guru & TAS

Kelas X

Kelas XI

Kelas XII

09.00-13.00 (wita)

09.00-13.00 (wita)

09.30-13.00 (wita)

10.00-13.00 (wita)

  1. Tata cara pemilu:
  1. Membuka link https://sman1mtp.sch.id/index.php/osis;
  2. Mengklik link bit.ly/PasswordPemiluSMAMA2021;
  3. Mengisi form dengan data yang valid (email, nama, dan kelas);
  4. Setiap pemilih yang telah mengirim/submit, akan menerima email berisi password  yang akan diisikan ke form, salin password tersebut;
  5. Buka link Pemilu OSIS melalui web sekolah https://sman1mtp.sch.id/index.php/osis;
  6. Masukkan Pilih Data Pemilih (Kelas>>Data Kelas>>Data Pemilih>>Password Pemilih);
  7. Simak paparan visi dan misi dari setiap calon ketua dan wakil ketua OSIS;
  8. Gunakan hak suara Anda untuk memilih dengan klik pilih paslon; dan
  9. Klik submit/kirim untuk mengakhiri pemilihan.
  10. Untuk memberikan Hak Pilih Anda silakan klik DI SINI
  1. Apabila ada kendala, silakan  untuk menghubungi narahubung:
  1. Kelas X       : 083103809457     (Alfian)
  2. Kelas XI      : 0895634709477   (Hilmi)
  3. Kelas XII     : 08971756543      (Farhat)
  4. Guru & TAS : 083152013798    (Tajmila)

Link Visi dan Misi Kandidat ketua dan Wakil Ketua OSIS:

1. YANUR-DAFFA

2. HELMAN-ZAINI

3. DHILA-VINA

           

 

 

 

 

  Alhamdulillah, pada hari Rabu, 27 Oktober 2021, sebanyak 17 siswa SMA Negeri 1 Martapura, mengikuti kegiatan Pelatihan Pemuda Menghapal Quran yang diselenggarakan atas program kerjasama DISPORA Kab. banjar, RBKyf, dan RSQKyf, seiring dengan Launching Rumah Syaamil Qur'an RBKyf dan RSQ Toyyib Marhaban.
 
 
 

Semoga kegiatan ini dapat memotivasi generasi kita untuk mencintai Al Quran, mempelajari, menggali dan menerapkan nilai-nilai Al Quran.

 

 

 

  Alhamdulillah, sejumlah siswa SMA Negeri 1 Martapura, terdaftar 15 siswa putra dan 15 siswa putri mengikuti kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah bagi Pemuda Kabupaten banjar Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banjar bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Martapura dan Guru-guru agama Pesantren Darussalam Martapura.
 
 
 

 

Kepala bidang Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar, Noor Syawli, S. Kom membuka kegiatan ini di aula SMA Negeri 1 Martapura, yang dihadiri oleh:

1. Bapak Eko Sanyoto, selaku Kepala SMA Negeri 1 Martapura

2. Ustaz Muhammad Arif dan asisten, dari Pondok Pesantren Darussalam selaku 

    pembimbing pelatihan untuk kelompok putera

3. Ustazah Masfah dan asisten, dari Pondok Pesantren Darussalam selaku

    pembimbing pelatihan untuk kelompok puteri

4. Tim Guru PAI dan Mulok SMA Negeri 1 Martapura

5. Tim Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar

6. Wakasek Kesiswaan dan Humas SMA Negeri 1 Martapura

7. Para siswa putera dan puteri peserta pelatihan.

 

Setelah pembukaan dan pengarahan kegiatan, dilanjutkan kegiatan pelatihan dengan kelompok putera mengambil tempat di aula dan puteri di mushalla sekolah.

 

   

 

Sejalan dengan Visi sekolah "Religius, Berakhlak Mulia, Bermutu, Berdaya Saing Berbudaya dan Peduli serta Berwawasan Lingkungan", diharapkan kegiatan ini sebagai bagian untuk mewujudkan generasi yang memiliki keimanan dan ketaqwaan selain berilmu pengetahuan dan berteknologi, demikian kurang lebihnya sambutan dari Pak Eko Sanyoto selaku Kepala SMA Negeri 1 Martapura.

Terima kasih kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar yang menginisiasi dan menfasilitasi kegiatan ini, Tim Guru Darussalam sebagai narasumber dan pelatih kegiatan ini, dan semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan ini berjalan lancar, semoga Allah memberkati dan memberikan balasan yang berlipat ganda, amin-amin ya rabbal alamin.

  Foto Kegiatan Materi  Peserta

 

 

 

Ide Moral, Ide Bangsa - maknanews

Sumber gambar: https://maknanews.com/2021/01/06/ide-moral-ide-bangsa/

Persoalan pendidikan adalah persoalan moral dan perilaku. Oleh karena itu, mengampu pendidikan adalah tugas orang-orang yang bermoral. Namun, definisi orang bermoral masih terlalu kabur untuk dibicarakan, akan tetapi bukan juga hal tabu. Pembicaraan mengenai moral bukan hal yang sulit untuk dibicarakan sebenarnya.

Maka, hal inilah yang membuat definisi moral menjadi kabur. Kondisi riil di lapangan mengungkapkan bahwa moral adalah hal yang bersifat personal di satu sisi, tetapi di sisi lain juga kolektif. Moral kolektif atau sering dikenal dengan norma yang disetujui bersama oleh anggota masyarakat.

Jika mengacu pada ide tersebut, maka pada setiap kelompok masyarakat definisi moral tentu berbeda. Moral pada kelompok masyarakat A boleh jadi berbeda dengan modal pada kelompok masyarakat B, begitu juga mengenai pandangan pada suatu hal.

Pada beberapa kelompok masyarakat tertentu, pesoalan pendidikan bukan hal utama yang harus dipenuhi. Pandangan ini memengaruhi cara hidup kelompok masyarakat tersebut terhadap pengelolaan pendidikan di lingkungan mereka.

Namun, pada kelompok masyarakat yang lain, pendidikan adalah keharusan yang perlu untuk dipenuhi pada setiap individu. Sehingga acuan-acuan menjadi tolok ukur bagi perkembangan zaman jika mengambil standar kelompok masyarakat tertentu.

Saat ini pendefinisian moral sangat jarang dilakukan oleh forum-forum di masyarakat. Berhubungan dengan itu, pemerintah Indonesia melalui program kerja para menteri mencoba untuk membentuk moral bangsa versi pemerintaah saat ini, yang tentunya persepsi-persepsi tersebut akan berubah seiring berjalannya waktu serta seiring pergantian kepala negara.

Saat ini pendidikan di Indonesia mencoba membentuk moral dan karakter calon penerus bangsa melalui kurikulum yang bertujuan untuk membentuk karakter calon penerus bangsa, menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, berpengetahuan global, dan tidak ketinggalan nasionalis.

Indonesia dewasa ini sedang menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang perlu dihadapi dan masalah yang perlu untuk diselesaikan. Tantangan ini muncul dari berbagai aspek. Yaitu ekosistem, guru, pedagogi, kurikulum, dan system penilaian pada dunia pendidikan di Indonesia. Semua persoalan itu harus dihadapai dan diselesaiakan, untuk menciptakan generasi yang Pancasilais.

Pembicaraan mengenai pendidikan, tentu akan berkaitan dengan sekolah. Pada bagian ini sekolah penggerak disebut-sebut akan mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang sebelumnya disebutkan, yaitu sekolah yang memiliki sumber daya unggul untuk menciptakan siswa yang sesuai dengan visi pendidikan secara holistik. Oleh karena itu, sekolah penggerak bermuatan pendampingan konsultatif dan asimetris, sumber daya yang kuat, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan yang berbasis pada data, serta digitalisasi sekolah. Sekolah penggerak merupakan bagian dari ekosistem pendidikan yang pada kemudian hari semua sekolah di Indonesia diharapkan menjadi sekolah penggerak. Meski demikian, hal ini tentu dilakukan pada tahapan-tahapan transformasi.

Sekolah penggerak muncul berdasarkan pada kritik-kritik pendidikan yang perlu diperhatikan. Pada salah satu kritik tersebut muncul satu wacana mengenai kerumitan pendidikan di Indonesia, yang pada sekolah penggerak akan disederhanakan. Penyederhanaan ini direncanakan untuk mewujudkan psikologi anak yang lebih sehat.

Ide tersebut akhirnya harus mengalami ujian pertamanya. Tahun lalu dunia diserang oleh wabah yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia sebagai pandemic global. Pendemi pada sisi lain memberikan percepatan pembiasaan pada kemajuan teknologi di berbagai bidang, salah satunya pendidikan. Pendidikan masa pandemi menjadi ujian besar bagi pemangku kebijakan. Setiap kebijakan yang diambil bersifat paradoks, selalu berdampak buruk dan baik secara bersamaan dari sudut pandang kemanusiaan, dalam pembicaraan ini, yaitu kesehatan. Akan tetapi pada sudut pandang pendidikan, adalah kehilangan satu generasi yang cemerlang. Oleh karena itu, kebijakan-kebijakan yang diambil selalu bersifat paradoks.

Saat ini pandemi masih mewabah di Indonesia dengan kabar yang berbagai macam. Namun, dari pendemi ini pendidikan mengalami kemajuan pesat dalam teknologi. Pada pendidikan dewasa ini, teknologi mulai mengubah cara belajar dan mengajar praktisi pendidikan. Pandemi juga sekaligus membuktikan bahwa teknologi canggih masih belum dapat menggantikan guru sebagai sebuah figure dalam dunia pendidikan.

Pasca pandemi nanti, pembelajaran direncakan melakukan blended learning. Yaitu pembelajaran campuran antara daring dan luring. Hal ini menyebabkan pendidikkan mengalami kemajuan teknologi, atau dipaksa untuk melakukan percepatan pada penggunaan teknologi di bidang pendidikan.

Subcategories

  1. PRESTASI LOMBA –LOMBA DALAM BIDANG AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
  2. Lomba-lomba Bidang Akademik

NO

KEGIATAN LOMBA

PERINGKAT

TINGKAT

TAHUN

1

Debat Bahasa Inggris

2

Kabupaten

2014

2

Biocare 2014 show your creativity and Explore the amazing world of Biology with us

2

Provinsi

2014

3

Biologi Competition

3

Provinsi

2014

4

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2015

5

Cerdas Cermat Otonomi Daerah

2

Kabupaten

2015

6

Lomba Debat Bahasa Indonesia

1

Kabupaten

2015

7

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

 

2015

8

Lomba Debat Bahasa Inggris

3

 

2015

9

Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

3

Kabupaten

2015

10

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2015

11

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2015

12

Olimpiade Sains IPA

1

Provinsi

2015

13

Olimpiade Sains IPA

2

Provinsi

2015

14

Lomba Penulisan Cerita Islami

3

Nasional

2015

15

Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2015

16

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2015

17

OSN Geografi

1

Kabupaten

2016

18

OSN Geografi

1

Provinsi

2016

19

OSN Biologi

2

Kabupaten

2016

20

OSN Matematika

3

Kabupaten

2016

21

OSN Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2016

22

OSN Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2016

23

OSN Baca Puisi

3

Kabupaten

2016

24

Lomba Cepat Tepat Akuntansi

1

Provinsi

2016

25

Lomba Cepet Tepat Akuntansi

1 dan 2

Provinsi

2016

26

Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2017

27

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2017

28

Debat Bahasa Inggris

3

Provinsi

2017

29

Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2017

30

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2017

31

Best Speaker

 

 

2017

32

Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

1

Provinsi

2017

33

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2017

34

OSN Matematika

2

Provinsi

2017

35

OSN Fisika

3

Provinsi

2017

36

Lomba Debat Bahasa Inggris

3

Provinsi

2017

37

Data Parlemen Remaja Nasional

 

Nasional

2017

38

Lomba Debat Bahasa Indonesia

1

Provinsi

2017

39

Lomba Mathematic Challenge

3

Provinsi

2017

40

Lomba Mathematic Challenge

Harapan 3

Provinsi

2017

41

Lomba Debat Ekonomi

1

Provinsi

2017

42

Lomba Bahasa Indonesia

3

Provinsi

2017

43

Lompa Debat PAI

1

Provinsi

2018

 

  1. Lomba –lomba Bidang Non Akademik

NO

KEGIATAN LOMBA

PERINGKAT

TINGKAT

TAHUN

1

Lomba Sekolah Sehat Kategori SMA

1

Provinsi

2014

2

Hari Lingkungan Hidup

4

Kabupaten

2014

3

Lomba 3R Sampah Kantong Plastik

1

Kabupaten

2014

4

Presentasi Adiwiyata "Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan"

 

Kabupaten

2014

5

Kejurcab Karate Amura

1,2,3,2,2,3

Kabupaten

2014

6

Kejuaraan Karate Amura ke-3

2,3,3,2,3

Provinsi

2014

7

Kejuaraan Karate Amura ke-3

2,3,3

Provinsi

2014

8

Cerdas Cermat Putra

3

Kabupaten

2014

9

Cerdas Cermat Putri

3

Kabupaten

2014

10

Poetry With Scont Putra

3

Kabupaten

2014

11

Poetry With Scont Putri

1

Kabupaten

2014

12

Pionering Putri

1

Kabupaten

2014

13

P3K Putra

2

Kabupaten

2014

14

P3K Putri

3

Kabupaten

2014

15

Lomba Ketangkasan  Baris-berbaris Putra

3

Kabupaten

2014

16

Teknologi Tepat Guna Putra

1

Kabupaten

2014

17

Teknologi Tepat Guna Putra

1

Kabupaten

2014

18

Penjalajah Putra

2

Kabupaten

2014

19

Pramuka Putra

3

Kabupaten

2014

20

Pramuka Putri

3

Kabupaten

2014

21

Lomba PBB

2

Provinsi

2014

22

Karate Tingkat Nasional

1

Nasional

2014

23

Pemilihan Pelajar Pelapor Keselamatan Transportasi

3

Provinsi

2014

24

Olahraga Tradisional TK,SMA

2

Provinsi

2014

25

Kumite Junior Putra

2

Kabupaten

2014

26

Kumite Junior Putra

3

Kabupaten

2014

27

Kumite Junior Putri

2

Kabupaten

2014

28

Kata Junior Putri

1

Kabupaten

2014

29

Kata Junior Putri

2

Kabupaten

2014

30

Kata Junior Putra

2

Kabupaten

2014

31

Kata Junior Putra

3

Kabupaten

2014

32

Bersih Narkoba

Harapan 3

Provinsi

2014

33

Festival Nasyid

1

Provinsi

2014

34

Lomba Engrang

2

Provinsi

2014

35

Lomba Seni Siswa ( FLSN )

 

Kabupaten

2014

36

Lomba Cipta Puisi HUT STAI

2

Kabupaten

2014

37

Foto Grafi

2

Provinsi

2014

38

Singing Contest Banjar

Harapan 3

Provinsi

2014

39

Basket Ball Competition III

3

Kabupaten

2014

40

Lomba Singing Contest HUT SMAN 1 Bjb

1

Provinsi

2015

41

Lomba Singing Contest HUT SMAN 1 Bjb

2

Provinsi

2015

42

Lomba Fashion Show dlm Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional

2

Kabupaten

2015

43

Bongkar Pasang Bivak

1

Kabupaten

2015

44

Food Green Competition Putra

1

Kabupaten

2015

45

Food Green Competition Putri

1

Kabupaten

2015

46

Jelajah Rimba Putri

1

Kabupaten

2015

47

Jelajah Rimba Putra

1

Kabupaten

2015

48

Lomba Kaligrafi Putri

3

Kabupaten

2015

49

Lomba Mading Kreasi Putri

3

Kabupaten

2015

50

Lomba memasak Putri

Harapan 2

Kabupaten

2015

51

Singing Contest

Harapan 2

Kabupaten

2015

52

Lomba Sepak Takraw

3

Provinsi

2015

53

Basket Ball Competition Kompas

3

Provinsi

2015

54

Fashion Sha3 312

2

Kabupaten

2015

55

Bank Sampah

2

Kabupaten

2015

56

Bakisah Bahasa Banjar "Pekan Sejarah "

 

Provinsi

2015

57

Lomba Engrang Putra

3

Kabupaten

2015

58

Lomba Terompah Panjang

2

Kabupaten

2015

59

Lomba Drama Kesehatan Remaja PMR

3

Kabupaten

2015

60

Contest Wira se Kabupaten Banjar

 

 

 

61

Lomba Cerdas cermat PMR Contest Wira Sekabupaten Banjar

1

Kabupaten

2015

62

Lomba Cerdas cermat PMR Contest Wira Sekabupaten Banjar

3

Kabupaten

2015

63

PLN Wali Climbung Competition 2015

3

Provinsi

2015

64

Volly Ball Competition HUT SMAN 2 Bjb

2

Provinsi

2015

65

Lomba Bola Basket

2

Kabupaten

2015

66

Lomba Lintas Alam Tecknocrat

3

Kabupaten

2015

67

Lomba Pensi dlm Rangka Latihan Gabungan PMR Wira se Kecamatan MtpmAstambul

2

Kabupaten

2015

68

Islamic Vocal Group

3

Provinsi

2015

69

Lomba PPI

3

Kabupaten

2015

70

Lomba Teknologi Tepat Guna

3

Kabupaten

2015

71

Lomba Teknologi Tepat Guna

3

Kabupaten

2016

72

Karate Kata Perorangan Putra

1

Kabupaten

2016

73

Karate Kata Perorangan Putri

2

Kabupaten

2016

74

Karate Kumite kelas -61 kg Putra

1

Kabupaten

2016

75

Karate Kumite kelas -53 kg Putri (O2SN)

3

Kabupaten

2016

76

Lompat jauh Putri ( O2SN )

2

Kabupaten

2016

77

tenis Meja  Tunggal Putri ( O2SN)

2

Kabupaten

2016

78

Bulu Tangkis Tunggal Putra (O2SN)

2

Kabupaten

2016

79

Cipta Puisi (O2SN)

2

Kabupaten

2016

80

Karya Putri ( O2SN)

1

Kabupaten

2016

81

Solo Vocal Putri ( O2SN)

1

Kabupaten

2016

82

Desain Poster Putri

2

Kabupaten

2016

83

Lomba Nasyid Dlm Rangka Memperingati hari Jadi Kab.Banjar dan HUT RI

2

Kabupaten

2016

84

Lomba PBB LDWC 2016

3

Nasional

2016

85

(Tim A ) Lomba PBB

1

Kabupaten

2016

86

(Tim B ) Lomba PBB

Best Kostum

Kabupaten

2016

87

Lomba Kaligrafi Tk.SMP/MTs dan SMA

Harapan 1

Kabupaten

2016

88

Lomba Kaligrafi Tk.SMP/MTs dan SMA

2

Kabupaten

2016

89

Lomba Pidato Bahasa Indonesia

3

Kabupaten

2016

90

Lomba Puisi Lingkungan

1

Kabupaten

2016

91

Lomba Pertolongan Pertama (PMR)

Harapan 3

Provinsi

2016

92

Lomba Pendidikan Sebaya (PMR)

Harapan 2

Provinsi

2016

93

Lomba Donor Darah Sukarela (PMR)

2

Provinsi

2016

94

Lomba Siap Siaga Bencana (PMR)

2

Provinsi

2016

95

Basket Ball Competition

1

Provinsi

2016

96

LKBB Spenduga Oceun Blue 3

2

Provinsi

2016

97

Lomba Kaligrafi

Harapan 1

Kabupaten

2016

98

Lomaba Paskibra

Harapan 2

Kabupaten

2016

99

Lomaba Paskibra

The Best Formasi dan Vanasi

Kabupaten

2016

100

Lomaba Paskibra

The Best Danton

Kabupaten

2016

101

Lomba Nasyid 

1

Kabupaten

2016

102

Lomba Cepat tepat Akuntasi

1, 1, 2

Provinsi

2016

103

Lomba Bakisah Bahasa Banjar

3

Provinsi

2016

104

Lomba Blog Kuliner Nasional

1

Nasional

2016

105

Lomba Fotografi Sekalsel

2

Provinsi

2016

106

Lomba Videodan Cinema Tografhy Nasional oleh Kedutaan AS dan Indonesia Jakarta sebagai Direktur dan Sutradara

3

Nasional

2016

107

Lomba PMR

 

Kabupaten

2016

108

Lomba PMR

1

Kabupaten

2017

109

Kolase

2

Kabupaten

2017

110

Perawatan Keluarga

3

Kabupaten

2017

111

Lomba Panjat Dinding UNISKA

3

Kabupaten

2017

112

Lomba Singing Contest

3

Nasional

2017

113

Karate Bupati Cup Kumite Perorangan

1, 2

Kabupaten

2017

114

Karate Bupati Cup Kumite Senior

3

Kabupaten

2017

115

Karate Bupati Cup Junior

3, 3

Kabupaten

2017

116

Karate Darem Cup Kata Perorangan Junior

1

Kabupaten

2017

117

LKPBB Korem Antasari

2

Provinsi

2017

118

Festival PBB SMKN 1 Mtp

1

Kabupaten

2017

119

Festival Kreasi Baris berbaris

2

Kabupaten

2017

120

FKBB SMKN 1 Mtp

The Best Danton

Kabupaten

2017

121

Turnamen Catur

2

Kabupaten

2017

122

Walikota Banjarmasin Cup III 2017 Kata Perorangan Junior Putra

1,3,3

Provinsi

2017

123

Walikota Banjarmasin Cup III 2017 Kata Perorangan Senior Putra

3

Provinsi

2017

124

Lomba Penegak (PPGD) Putera

1

Provinsi

2017

125

Cerdas Cermat Puteri

2

Provinsi

2017

126

Survival Putra

3

Provinsi

2017

127

Lomba Desain Logo Putri

Harapan 2

Provinsi

2017

128

Sandi, Smarphone, Morse Putri

Harapan 2

Provinsi

2017

129

Sandi, Smarphone, Morse Putra

Harapan 3

Provinsi

2017

130

Festival Teater Pemeran Pembantu Terbaik

2

Provinsi

2017

131

Festival Teater

2

Provinsi

2017

132

Lomba Nasyid Pekan Rajabiyah

2

Kabupaten

2017

133

Lomba Debat Bahasa Indonesia

2

Provinsi

2017

134

FLS2N Vocal Solo Putri

1

Kabupaten

2017

135

FLS2N Vocal Solo Putra

1

Kabupaten

2017

136

FLS2N Design Poster Putri

2

Kabupaten

2017

137

FLS2N Design Poster Putra

3

Kabupaten

2017

138

FLS2N Kriya Putra

1

Kabupaten

2017

139

FLS2N Teater Monolog

2

Kabupaten

2017

140

FLS2N Vocal Solo Putri

2

Provinsi

2017

141

FLS2N Vocal Solo Putra

1

Provinsi

2017

142

Kata Junior Putra Yusfi Cup

1

Provinsi

2017

143

45 kg Kader Putra Yusfi Cup

3

Provinsi

2017

144

Kumite 55 kg Junior Putra

3

Provinsi

2017

145

Lomba Futsal

3

Provinsi

2017

146

Lomba Bola Voli Putri (Perwosi)

3

Kabupaten

2017

147

Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Tk. Nasional

1

Nasional

2017

148

Lomba Cepat Tepat Akuntansi

1

Provinsi

2017

149

Lomba Cepat Tepat Akuntansi

2

Provinsi

2017

150

Lomba FKBB XI SMKN 1 Mtp

Best PBB, Danton, Variasi, Formasi, Kostum

Provinsi

2017

151

Lomba FKBB XI SMKN 1 Mtp

1 & 2

Kabupaten

2017

152

Lomba FKBB XI SMKN 1 Mtp

Juara Umum

Provinsi

2017

153

Fhotograpy Competition

1, 2, 3

Provinsi

2017

154

Lomba Pertolongan Pertama

1

Kabupaten

2017

155

Lomba PMR Tk. Wira

 

Kabupaten

2017

156

Lomba Cerdas Cermat

1

Kabupaten

2017

157

Lomba Perawatan Keluarga

1, 2

Kabupaten

2017

158

Lomba Perawatan Keluarga

2

Kabupaten

2017

159

Lomba Melukis Bak Sampah

2

Kabupaten

2017

160

Lomba LKPBB Samudra

1 & 2

Provinsi

2017

161

Lomba Desain Poster (Green Industri)

1

Provinsi

2017

162

Kejuaraan Karate KASAT BRIMOB Cup I Sekalsel

1 & 3

Provinsi

2017

163

Kompetisi Futsal

3

Provinsi

2017

164

Lomba Nasyid

3

Provinsi

2018

165

Lomba MTQ Putra

3

Provinsi

2018

166

Lomba MTQ Putri

3

Provinsi

2018

167

Lomba DBL Basketball Competition

1

Provinsi

2018

168

Tenis Meja Putra

4

Kabupaten

2018

169

LKPBB SMADA 2 Bjm

Harapan 3

Provinsi

2018

170

Bulu Tangkis Tunggal Putra

Harapan 1

Provinsi

2018

 

  1. Prestasi Guru dalam Lomba – Lomba

No.

Nama Lomba

Peringkat

Tingkat

Tahun

1.

Lomba Kepala Sekolah Berprestasi

1

Kabupaten

2016

2.

Lomba Penyusunan Buku Pendidikan karakter untuk Guru

1

Nasional

2017

3.

Lomba Guru Berprestasi

3

Nasional

2018

Youtube Smama
Martapura, 29/10/2021_Alhamdulillah, puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, Pada Hari Jumat, tanggal 29 Oktober 2021, SMA Negeri 1 Martapura mengadakan kegiatan apel pelantikan pengurus OSIS dan MPK periode 2021/2022. Dalam rangkaian kegiatan yang dihadiri Kepala Sekolah, Wakasek, seluruh pembina OSIS dan Dewan Guru serta Siswa yang mendapatkan jadwal Pembelajaran
Youtube Smama

00:00:43
Views: 39
Youtube Smama

Youtube Smama

01:24:29
Views: 102
Youtube Smama

Youtube Smama

00:21:39
Views: 45
Youtube Smama

Youtube Smama

00:03:47
Views: 607
Youtube Smama

Youtube Smama

00:00:09
Views: 51
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

 

Membimbing