Perkembangan teknologi dewasa ini memaksa sebagian orang untuk menyesuaikan gaya hidup dengan teknologi yang pada hakikatnya memudahhkan manusia dalam melakukan beberapa hal. Namun, sebagian orang berpendapat bahwa datangnya hal baru tentu mendatangkan masalah baru. Perkembangan teknologi bagi sebagian orang menggiring manusia pada sifat malas, anti sosial, orientasi yang tidak terarah, kecanduan, memunculkan ide kejahatan yang lebih variative, serta penurunan kemampuan manusia pada beberapa hal, meskipun pada poin ini kemampuan manusia di bidang lain juga meningkat. Hal-hal yang berkenaan dengan perkembangan teknologi selalu bersifat paradoks. Maka tugas manusialah yang menentukan pemaksimalannya.

Perkembangan teknologi pada beberapa kondisi berdampak positif dengan semakin meluasnya penyebaran informasi dan pengetahuan yang mengaburkan batas ruang dan waktu sekaligus mengaburkan nilai-nilai dan norma yang dianut masyarakat. Perlu dipahami bahwa perkembangan teknologi yang sangat pesat berpengaruh secara signifikan terhadap individu maupun masyarakat memengaruhi aktivitas, metode, gaya hidup, cara berpikir. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi harus dimaksimalkan. Namun demikian, kemajuan teknologi perlu dikelola dengan baik, diperlukan kebijakan dan sikap disiplin dari setiap individu. Penggunaan teknologi sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan dapat membantu mengontrol pengaruh negatif teknologi bagi manusia dari aspek sosial maupun aspek kesehatan.

Pemanfaatan teknologi pada bidang komunikasi dewasa ini merupakan suatu lompatan besar peradaban yang pada akhirnya menciptakan demokrasi pengetahuan. Setiap indivu dapat terkoneksi dengan mudah melalui internet. Orang-orang mulai menggunakan metode baru dalam komunikasi. Pengunaannya oleh anak-anak tentu perlu mendapat perhatian yang lebih dari para orang tua. Pendampingan dan pengawasan dari orang tua perlu dimaksimalkan agar setiap anak tidak gagap teknologi tetapi juga tidak dikuasai oleh teknologi.

Orang tua sebagai pendamping dan pengawas anak-anak mereka dalam menggunakan teknologi, dalam hal ini gawai, perlu memiliki sikap yang bijaksana dalam penerapan pendampingan dan pengawasan terhadap penggunaan teknologi oleh anak mereka. World Health Organization (WHO) sangat menyarankan bahwa teruntuk anak-anak, lama waktu menatap layar tidak boleh lebih dari 1 jam, kita sebagai orang tua yang sayang kepada anaknya harus meluangkan waktu untuk anak agar melakukan aktivitas lain selain gadget, seperti menggambar, bermain sepeda, berenang, beribadah, mengaji dan lain sebagainya.
Era revolusi industri 4.0 digadang-gadang menjadi perubahan paling massif dalam peradaban manusia. Revolusi ini mengubah berbagai cara, metode, dan sistem yang sebelumnya telah ditetapkan manusia mengikuti teknologi. Perusahaan-perusahaan besar bidang teknologi mulai meraup keuntungan besar pada era ini. Tidak dapat dipungkiri bahwa perubahan dan perkembangan teknologi telah berlangsung secara memyeluruh.

Pengaruh besar teknologi dalam hal ini positif salah satunya pada bidang pendidikan. Revolusi pendidikan yang dikuatkan dengan perkembangan pesat teknologi memicu perubahan besar pendidikan, karena itu hal ini boleh disebut sebagai revolusi. Revolusi pendidikan, seperti teknologi yang menjadi medianya memiliki sifat paradoks.

Penggunaan teknologi secara positif terbukti dapat meningkatkan minat belajar anak dengan tampilan multimedia yang menarik sehingga menghindarkan rasa jenuh pada kegiatan belajar mengajar. Namun, hal ini belum benar-benar merata diterapkan pada semua lini pendidikan. Oleh karena itu, perlu ada dukungan dari berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah, agar teknologi yang telah ada dapat dikembangkan dan bermanfaat dalam mendukung revolusi pendidikan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa jika kita membicarakan pendidikan di Indonesia, banyak hal yang perlu dibenahi, persoalan geografis dan lambatnya pemerataan pembangunan menjadi faktor yang mengakibatkan pendidikan di Indonesia secara merata tidak dapat mengakomodir tuntutan zaman. Beberapa daerah di Indonesia terkasih masih terbatas dalam mengakses teknologi, hal ini bukan tanpa sebab. Pemerataan pembangunan tidak sampai pada daerah-daerah tertentu di Indonesia, sehingga menyebabkan terjadinya perlambatan perkembangan. Namun, saya yakin pemerintah sedang berusaha untuk menuntaskan persoalan ini.

Maret 2020, corona virus disease 2019 atau Covid-19 dikabarkan memasuk Indonesia. Muncul dalam berbagai kontroversi yang menyita perhatian. Pro dan kontra mengenai virus ini memunculkan berbagai spekulasi mengenai fenomena ini, sebagain percaya dan sebagian tidak. Terlepas dari kontroversi virus ini, covid-19 turut berdampak dalam percepatan penerapan teknologi dalam dunia pendidikan. Pendidikan dipaksa untuk menggunakan teknologi dalam keterbatasan dan protocol kesehatan. Guru dan peserta didik mau tidak mau dipaksa menggunakan teknologi yang mungkin sebelumnya belum pernah disentuh, demi memenuhi kewajiban.
Di sisi lain, covid-19 memberi dorongan kuat bagi setiap penggiat pendidikan untuk memaksimalkan penggunaan teknologi yang mendorong revolusi pendidikan secara lebih menyeluruh. Meksipun demikian, hal ini tidak berlaku pada semua daerah di Indonesia. Maka, suka tidak suka kita perlu mengakui bahwa pandemi ini memberi kita banyak hal. Dia mengambil banyak hal sekaligus memberi banyak hal.

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Artikel ini dibuat atas inisiatif Jihaduddin Akbar secara kolaboratif oleh siswa-siswa SMAN 1 Martapura: Gusti Galih Afria Soekma Iman, Rahmadaniah, Aditya Maulana, Muhammad Sulaiman Effendy, Zainah, Nur Amalia Fitri, Nur Nasywani, Rena Rizki Ananda, Nur Syifa Azra, Anna Fithriyana Nurhidayati, Siti Aisyah Az-Zahro, Reffiga Agustian, Syekh Muhammad Ramadani, Muhammad Syahdan Ridhani, Nazwa Amalia, Amalia Agil, Victorio Valentino, Siti Nazwa Natzriah, Aya Shofia, Irham Hidayatullah Sahrinanoor, Halisa Nurhadiya, Ulul Azmie, Nabila, Tajmila, Shofiana Shofaa Salsabila, Novyananda Aulya Zahra, Nur Hikmah, Mitha Nur Sabila, Alvina Rahmi, Fatia Azizah, Iliya Rahman, Annisa Nur Halizah, Ratna Sari, Nazla, Gusti Putri Yuli Yana, Getsya Ajizah, Nursyfa, Siti Azizaturrahman, Intan Maharani, Nurdiasari, Siti Zahra Hayati, Muhammad Hasbi Assidiqi, Nabila Aziza, Ahmad Sarpuji, Eka Amellya Putri. 

Diedit dan disunting oleh Jihaduddin Akbar

PROFIL SEKOLAH

 

 

  1. SEJARAH SINGKAT

SMAN 1 Martapura berdiri pada tanggal 14 september 1974 dengan Nama SMU Negeri 1 Martapura, pada tanggal 19 Nopember 1978  beralih status menjadi Sekolah Negeri dengan nama SMA Negeri 1 Martapura, Kemudian pada 7 Maret 1997 berganti Nama menjadi Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Martapura atau SMU Negeri 1 Martapura dan pada tahun 2004 berubah nama lagi menjadi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Martapura atau SMAN 1 Martapura, SMAN 1 Martapura berada di pusat Ibukota Kabupaten Banjar yaitu beralamat di Jalan Ahmad Yani N0.59A,  Keraton,  Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan. SMAN 1 Martapura berdiri di atas lahan 7.910 M2.

Pada tahun 2007 SMAN 1 Martapura mendapat kepercayaan  dari pemerintah menjadi Sekolah Rintisan Bertarap Internasional (RSBI). Pada tahun 2010 SMA Negeri 1 Martapura juga memperoleh sertifikat ISO 9001: 2008 dari Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu dan berhasil mempertahankan pengakuan kelayakan penyandang sertifikat ISO untuk tahun 2011. Dengan adanya kebijakan baru KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, pada tahun 2013 tentang penghapusan RSBI maka SMA Negeri 1 Martapura kembali ke status sekolah biasa.

Pada tahun 2015 SMAN1 Martapura Mendapat Penghargaan dari Presisen RI sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional, Pada tahun 2015 juga mendapat Penghragaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  sebagai Sekolah Berintegritas dalam penyelenggaraan Ujian Nasional, dengan Indek Integritas 94,15.

Pada tahun 2019 ini SMAN 1 Martapura mendapat kesempatan menjadi SMA Zonasi.

SMAN 1 Martapura sekarang telah berumur 45 tahun dengan 8 kali pergantian Kepala Sekolah

  1. Suparni BA, Kepala Sekolah periode 1974 sampai dengan 1987
  2. H. Udin Nasufi kepala sekolah periode 1987 sampai dengan 1994
  3. Hafizuddin, BA Kepala Sekolah Periode 1994 sampai dengan 1996
  4. H. Abdul Wahid Fahmi Kepala Sekolah Periode 1996 sampai dengan 1999
  5. Hj.Nani Retno N Kepala Sekolah Periode 1999 sampai dengan 2000
  6. H. Zainuddin Rasyid,MM. Kepala Sekolah Periode 2000 sampai dengan 2003
  7. H. Busra Kepala Sekolah Periode 2003 sampai dengan 2014
  8. Tupan ,M.Pd Kepala Sekolah Periode 2014 sampai dengan sekarang

Pada usia ke-45 ini SMAN 1 Martapura telah memiliki fasilitas penunjang belajar yang cukup memadai  memiliki : 28 Ruang Kelas , 1.Lab. Fisika ,1 Kimia,1 Biologi . 4 Lab Komputer (TIK), 3 Ruang Perpustakaan, 1 Lab Multimedia, UKS, Kantin, Aula, dan penunjang lain.

Prestasi akademik maupun  Non Akademik juga sudah banyak diraih oleh SMAN 1 Martapura pada usia yang ke- 45 ini.

 

  1. VISI, MISI , TUJUAN SEKOLAH

Visi  SMAN 1 Martapra :

Religius, Berakhlak Mulia, Bermutu, Berdaya Saing Berbudaya dan Peduli serta Berwawasan Lingkungan

Indikator :

  1. Terciptanya suasana kehidupan yang religius di sekolah
  2. Terciptanya suasana kehidupan sekolah yang diwarnai, nilai-nilai atau norma-norma sosial yang baik
  3. Angka drop out 0 %
  4. Angka kelulusan 100 %
  5. Nilai rata – rata UN  lebih dari 7,5
  6. ( 80 – 100 )%  lulusan  dapat masuk perguruan tinggi   bermutu
  7. Menjuarai lomba - lomba tingkat  SLTA  tingkat Kabupaten
  8. Menjuarai 50 % lomba-lomba tingkat provinsi
  9. Menjadi duta provinsi untuk mengikuti lomba-lomba tingkat Nasional
  10. Terciptanya rasa kepedulian akan pencegahan pencemaran dan kerusakan fungsi lingkungan

 

Misi SMAN 1 Martapura

Dalam rangka mewujudkan visi maka misi SMAN  Martapura sebagai berikut :

  1. Mewujudkan suasana sekolah yag berkarakter, terintegrasi dengan pengamalan ajaran agama
  2. Mengupayan tatanan kehidupan sekolah yang mencerminkan akhlak karimah
  3. Mewujudkan pelayanan pendidikan yang brorientai pada mutu dengan pemenuhan SNP Plus
  4. Mewujudkan semangat Pembelajaran yang kompetitif ,kreatif dan novatif dengan tetap menjunjung tinggi karakter dan budaya bangsa
  5. Mewujudkan kepedulian sekolah terhadap kelestarian lingkungan yang ramah dan rindang
  6. Menjadikan lingkungan sekolah yang bersih, indah, terpelihara dan lestari untuk mendukung terwujudnya sekolah adiwiyata
  7. Mewujudkan kepekaan sosial untuk turut serta mencegah dan mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan
  8. Meninkatkan semangat dan motivasi penguasaan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris sebagai sarana kompetisi ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Tujuan SMAN 1 Martapura

Tujuan Pendidikan SMAN 1 Martapura, secara umum dirumuskan mengacu pada tujuan pendidikan  yaitu meningkatkan kecerdasan,  pengetahuan kepribadian, akhlaq mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan megikuti pendidikan lebih lanjut.

Secara khusus tujuan SMAN 1 Martapura selain mengacu pada tujuan pendidikan juga memiliki tujuan yang selaras  visi dan misi  Sekolah sebagai berikut :

  1. Menanamkan Nilai-nilai sikap religius pada peserta didik melalui kegiatan keagamaan
  2. Menanamkan nilai-nilai sikap sosial maupun  akhlak mulia baik terintegrasi dalam kegiatan pembelajaran maupun kegiatan pembiasaan
  3. Menyelenggarakan pendidikan secara profesional untuk menghasilkan lulusan yang berkepribadian religius, berakhlak mulia, bermutu,  cerdas komprehensif, dan  siap memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
  4. Melaksanakan kegiatan-kegiatan baik akademik maupun non akademik yang berorentasi pada peningkatan mutu pendidikan.
  5. Membekali peserta didik dengan kegiatan-kegiatan  akademik  maupun non akademik baik pengetahuan maupun keterampilan untuk meningkatkan  daya saing  baik untuk masuk ke perguruan tinggi maupun ke dunia kerja bagi peserta didik yang tidak melanjutkan keperguruan tinggi.
  6. Melaksanakan kegiatan-kegiatan Pelatihan  pelatihan ( OSN, O2SN, FLS2N )
  7. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yg mendukung tercapainya kelulusan 100 % baik USBN maupun UN
  8. Memiliki sarana dan prasarana sekolah yang melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP). Secara bertahap
  9. Melakanakan kegian-kegiatan dalam rangka meningkatkan kompetensi dan profesionalisme tenaga pendidik dan tenaga kendidikan.
  10. Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang dapat menumbuhkan kepekaan sosial pada peserta didik sehingga memiliki kontribusi untuk bisa memecahkan masalah sosial yang dihadapi masyarakat.
  11. Menumbuhkan perasaan peka terhadap perlunya mencegah dan mengaasi pencemaran dan kerusakan lingkungan melalui Kegiatan 3 R (Reduse, Reuse, Recycle)
  12. Melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam upaya meningkatkan kemampuan penguasaan bahasa  Indonesia dan Bahasa Inggris

 

DATA UMUM /IDENTITAS SEKOLAH

  1. Nama Sekolah                                     : SMAN 1 Martapura
  2. Nama Awal Berdiri                         : SMAN 1 Martapura
  3. Tahun Berdiri                                    : 14 September 1974
  4. Nomor Identitas Sekolah (NIS)                          : 30300239
  5. Nomor Statistik Sekolah (NSS)                           : 301150101006
  6. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) : 30300239
  7. Alamat Seolah :
  1. Jalan : A.Yani No.59A Keraton Martapura
  2. Kecamatan : Martapura Kota
  3. Kabupaten : Banjar
  4. Provinsi : Kalimantan Selatan
  5. Kode POS : 70614
  6. Telpon : (0511) – 4721272
  7. Fax : (0511) – 4720330
  8. E-mail             : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  9. Web : sman1mtp.sch.id
  1. Status Sekolah : Negeri
  2. Nama Bank Sekolah : Bank BPD Kalsel cabang Martapura
  3. Rek. : 00.591.943.6 – 732.
  4. No Akte Pendirian Kelembagaan : 050/062/Prog.
  5. Luas Tanah Sekolah : 7.910 M2
  6. Luas Bangunan : 4.574 M2
  7. Luas Ruang Kelas : 72 M2
  8. Ukuran Ventilasi : 21 M2
  9. Status Tanah : Hak Pakai
  10. Status Bangunan : Milik Sekolah
  11. Nomor Sertifikat Tanah : 17.02.04.05.4.00015
  12. Status akreditasi / Tahun :  A (96)/ Unggul / 2017

 

PROFIL KEPALA SEKOLAH

  1. Nama Kepala Sekolah : Tupan, M.Pd
  2. Tempat,Tanggal Lahir : Boyolali, 12 Oktober 1965
  3. NIP : 196510121990031015
  4. Pangkat/Gol : Pembina TK.I / IV.B
  5. Alamat : Komp. Griya Ulin Permai Blok M.16  Rt.03 Rw.03 Landasan Ulin Kota  Banjarbaru
  6. Agama : Islam
  7. Pendidikan :
    1. SDN 1 Jeruk Selo Ampel Boyolali : 1979
    2. SMPN 2 Ampel Boyolali : 1982
    3. SFMA Ampel Boyolali : 1985
    4. III. Pendidikan Fisika IKIP Semarang : 1989
    5. Pendidikan Fisika UT : 1994
    6. (Magister Pendidikan) UNLAM             : 2010

FASILITAS SEKOLAH

Pendukung utama untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah

 

EKSTRAKURIKULER

Media untuk mengasah bakat dan mempertajam kompetensi khusus siswa melalui kelgiatan ekstrakurikuler

 

PROGRAM UNGGULAN

Membimbing potensi siswa secara mendalam oleh pakar di bidangnya untuk menghadapi tantangan global

Youtube Smama
Kegiatan Jumat bersih pada SMA Negeri 1 Martapura, 25 Oktober 2019
Youtube Smama

00:05:39
Views: 819
Youtube Smama

Youtube Smama

00:10:33
Views: 80
Youtube Smama

Youtube Smama

00:08:48
Views: 161
Youtube Smama

Youtube Smama

00:19:51
Views: 209
Youtube Smama

Youtube Smama

00:03:28
Views: 556
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

 

Membimbing

Untuk informasi siswa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, maka disediakan portal ini.

Data Perguruan Tinggi atau cara Masuk Perguruan Tinggi yang dapat ditempuh:

1. SNMPTN

2. SBMPTN

3. Mandiri

Beberapa tawaran menarik

 

Prestasi Pramuka

 

PMB Universitas Negeri Yogyakarta