Alhamdulillah, sejumlah siswa SMA Negeri 1 Martapura, terdaftar 15 siswa putra dan 15 siswa putri mengikuti kegiatan Pelatihan Penyelenggaraan Jenazah bagi Pemuda Kabupaten banjar Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Banjar bekerja sama dengan SMA Negeri 1 Martapura dan Guru-guru agama Pesantren Darussalam Martapura.
 
 
 

 

Kepala bidang Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar, Noor Syawli, S. Kom membuka kegiatan ini di aula SMA Negeri 1 Martapura, yang dihadiri oleh:

1. Bapak Eko Sanyoto, selaku Kepala SMA Negeri 1 Martapura

2. Ustaz Muhammad Arif dan asisten, dari Pondok Pesantren Darussalam selaku 

    pembimbing pelatihan untuk kelompok putera

3. Ustazah Masfah dan asisten, dari Pondok Pesantren Darussalam selaku

    pembimbing pelatihan untuk kelompok puteri

4. Tim Guru PAI dan Mulok SMA Negeri 1 Martapura

5. Tim Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar

6. Wakasek Kesiswaan dan Humas SMA Negeri 1 Martapura

7. Para siswa putera dan puteri peserta pelatihan.

 

Setelah pembukaan dan pengarahan kegiatan, dilanjutkan kegiatan pelatihan dengan kelompok putera mengambil tempat di aula dan puteri di mushalla sekolah.

 

   

 

Sejalan dengan Visi sekolah "Religius, Berakhlak Mulia, Bermutu, Berdaya Saing Berbudaya dan Peduli serta Berwawasan Lingkungan", diharapkan kegiatan ini sebagai bagian untuk mewujudkan generasi yang memiliki keimanan dan ketaqwaan selain berilmu pengetahuan dan berteknologi, demikian kurang lebihnya sambutan dari Pak Eko Sanyoto selaku Kepala SMA Negeri 1 Martapura.

Terima kasih kepada Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banjar yang menginisiasi dan menfasilitasi kegiatan ini, Tim Guru Darussalam sebagai narasumber dan pelatih kegiatan ini, dan semua pihak yang terlibat sehingga kegiatan ini berjalan lancar, semoga Allah memberkati dan memberikan balasan yang berlipat ganda, amin-amin ya rabbal alamin.

  Foto Kegiatan Materi  Peserta

 

 

 

Ide Moral, Ide Bangsa - maknanews

Sumber gambar: https://maknanews.com/2021/01/06/ide-moral-ide-bangsa/

Persoalan pendidikan adalah persoalan moral dan perilaku. Oleh karena itu, mengampu pendidikan adalah tugas orang-orang yang bermoral. Namun, definisi orang bermoral masih terlalu kabur untuk dibicarakan, akan tetapi bukan juga hal tabu. Pembicaraan mengenai moral bukan hal yang sulit untuk dibicarakan sebenarnya.

Maka, hal inilah yang membuat definisi moral menjadi kabur. Kondisi riil di lapangan mengungkapkan bahwa moral adalah hal yang bersifat personal di satu sisi, tetapi di sisi lain juga kolektif. Moral kolektif atau sering dikenal dengan norma yang disetujui bersama oleh anggota masyarakat.

Jika mengacu pada ide tersebut, maka pada setiap kelompok masyarakat definisi moral tentu berbeda. Moral pada kelompok masyarakat A boleh jadi berbeda dengan modal pada kelompok masyarakat B, begitu juga mengenai pandangan pada suatu hal.

Pada beberapa kelompok masyarakat tertentu, pesoalan pendidikan bukan hal utama yang harus dipenuhi. Pandangan ini memengaruhi cara hidup kelompok masyarakat tersebut terhadap pengelolaan pendidikan di lingkungan mereka.

Namun, pada kelompok masyarakat yang lain, pendidikan adalah keharusan yang perlu untuk dipenuhi pada setiap individu. Sehingga acuan-acuan menjadi tolok ukur bagi perkembangan zaman jika mengambil standar kelompok masyarakat tertentu.

Saat ini pendefinisian moral sangat jarang dilakukan oleh forum-forum di masyarakat. Berhubungan dengan itu, pemerintah Indonesia melalui program kerja para menteri mencoba untuk membentuk moral bangsa versi pemerintaah saat ini, yang tentunya persepsi-persepsi tersebut akan berubah seiring berjalannya waktu serta seiring pergantian kepala negara.

Saat ini pendidikan di Indonesia mencoba membentuk moral dan karakter calon penerus bangsa melalui kurikulum yang bertujuan untuk membentuk karakter calon penerus bangsa, menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, berpengetahuan global, dan tidak ketinggalan nasionalis.

Indonesia dewasa ini sedang menghadapi tantangan dalam dunia pendidikan yang perlu dihadapi dan masalah yang perlu untuk diselesaikan. Tantangan ini muncul dari berbagai aspek. Yaitu ekosistem, guru, pedagogi, kurikulum, dan system penilaian pada dunia pendidikan di Indonesia. Semua persoalan itu harus dihadapai dan diselesaiakan, untuk menciptakan generasi yang Pancasilais.

Pembicaraan mengenai pendidikan, tentu akan berkaitan dengan sekolah. Pada bagian ini sekolah penggerak disebut-sebut akan mewujudkan visi pendidikan Indonesia yang sebelumnya disebutkan, yaitu sekolah yang memiliki sumber daya unggul untuk menciptakan siswa yang sesuai dengan visi pendidikan secara holistik. Oleh karena itu, sekolah penggerak bermuatan pendampingan konsultatif dan asimetris, sumber daya yang kuat, pembelajaran dengan paradigma baru, perencanaan yang berbasis pada data, serta digitalisasi sekolah. Sekolah penggerak merupakan bagian dari ekosistem pendidikan yang pada kemudian hari semua sekolah di Indonesia diharapkan menjadi sekolah penggerak. Meski demikian, hal ini tentu dilakukan pada tahapan-tahapan transformasi.

Sekolah penggerak muncul berdasarkan pada kritik-kritik pendidikan yang perlu diperhatikan. Pada salah satu kritik tersebut muncul satu wacana mengenai kerumitan pendidikan di Indonesia, yang pada sekolah penggerak akan disederhanakan. Penyederhanaan ini direncanakan untuk mewujudkan psikologi anak yang lebih sehat.

Ide tersebut akhirnya harus mengalami ujian pertamanya. Tahun lalu dunia diserang oleh wabah yang ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia sebagai pandemic global. Pendemi pada sisi lain memberikan percepatan pembiasaan pada kemajuan teknologi di berbagai bidang, salah satunya pendidikan. Pendidikan masa pandemi menjadi ujian besar bagi pemangku kebijakan. Setiap kebijakan yang diambil bersifat paradoks, selalu berdampak buruk dan baik secara bersamaan dari sudut pandang kemanusiaan, dalam pembicaraan ini, yaitu kesehatan. Akan tetapi pada sudut pandang pendidikan, adalah kehilangan satu generasi yang cemerlang. Oleh karena itu, kebijakan-kebijakan yang diambil selalu bersifat paradoks.

Saat ini pandemi masih mewabah di Indonesia dengan kabar yang berbagai macam. Namun, dari pendemi ini pendidikan mengalami kemajuan pesat dalam teknologi. Pada pendidikan dewasa ini, teknologi mulai mengubah cara belajar dan mengajar praktisi pendidikan. Pandemi juga sekaligus membuktikan bahwa teknologi canggih masih belum dapat menggantikan guru sebagai sebuah figure dalam dunia pendidikan.

Pasca pandemi nanti, pembelajaran direncakan melakukan blended learning. Yaitu pembelajaran campuran antara daring dan luring. Hal ini menyebabkan pendidikkan mengalami kemajuan teknologi, atau dipaksa untuk melakukan percepatan pada penggunaan teknologi di bidang pendidikan.

 

 

    

Alhamdulillah, telah dilaksanakan vaksin untuk pelajar di SMA Negeri 1 Martapura, yang diselenggarakan Badan Intelejen Negara (BIN) sebagai bagian kegiatan vaksinasi massal untuk pelajaran dengan tema "Indonesia Sehat, Indonesia Hebat", pada hari Kamis tanggal 23 September 2021.

Pihak sekolah melakukan persiapan dan koordinasi pelaksanaan dengan melibatkan hampir seluruh tenaga Pendidik dan Kependidikan bekerjasama dengan dua tim kesehatan dari sejumlah Puskesmas, setiap tim ada 10 orang (total 20 tim kesehatan), untuk menjamin kelancaran pelaksanaan vaksin.

Ada dua sisi utama dalam pelaksanaan kegiatan ini:

1. Petugas dari sekolah yang ditempatkan dalam sejumlah pos mulai kedatangan, cek suhu badan, penyerahan formulir screaning ditambah pemberian nomor urut antrian, pengaturan peserta tunggu yang didistribusikan ke ruang-ruang tunggu (menggunakan kelas-kelas), mendistribusikan ke ruang tunggu pelaksanaan, cek registrasi (ada 4 petugas komputerisasi), peserta menempati kursi di ruang tunggu pelaksanaan, kemudian proses screaning kelayakan vaksinasi, proses vaksinasi sendiri, lalu pendataan peserta tanda sudah vaksinasi baik dari pihak tim kesehatan maupun pihak sekolah, dari pihak sekolah dikerahkan empat petugas kompetrisasi, selain petugas komputerisasi dari tim kesehatan, yang melakukan pendataan dengan aplikasi vaksin khusus. Mengenai data yang diperlukan terutama: nama, NIK, nomor HP, dan alamat, pihak sekolah membantu mengkolaborasikan database yang dimiliki sekolah ke tim digital petugas kesehatan, sehingga ini sangat membantu kecepatan proses administrasi, sehingga peserta pelajar mendapatkan surat pernyataan atau bukti telah divaksin tahap I.  Peserta yang telah divaksin diistirahatkan pada ruang observasi, hingga waktu boleh diperkenankan pulang. Pengaturan peserta yang datang, didukung dengan sistem antri dan pendistribusian ke ruang-ruang tunggu dan pemanggilan bertahap sejumlah peserta masuk keruang tunggu vaksin penting sekali untuk menghindari kerumunan dan menjaga ketertiban dan lancarnya kegiatan.

2. Petugas tim kesehatan, tinggal melakukan tugas pemaksinan dari input siswa yang telah dikelola pihak sekolah sedemikian rupa, dan untuk pendataan dibantu dengan mengkolaboraikan data yang ada pada database sekolah.

Adapun vaksin yang digunakakan adalah jenis Sinovac. Vaksin Sinovac atau CoronaVac dibuat dengan metode inactivated virus atau virus corona yang sudah dimatikan atau dilemahkan, sehingga vaksin ini tidak mengandung virus hidup dan tidak bisa bereplikasi. Virus corona yang sudah mati ini kemudian dicampur dengan senyawa berbasis aluminium yang disebut adjuvan. Senyawa ini berfungsi merangsang sistem kekebalan dan meningkatkan respons terhadap vaksin. Lebih jauh, klik.

Alhamdulillah dengan mekanisme seperti ini, kegiatan dapat berjalan relatif lancar, tertib, aman dan terkendali. Ada 202 siswa yang divaksin pada kesempatan ini, dan yang telah divaksin di berbagai tempat sebelumnya adalah 301 orang sehingga total siswa SMA yang terdata telah divaksin adalah 503 orang dari 941 siswa keseluruhan, atau sekitar 53 % siswa terdata yang telah divaksin tahap 1, dan ada juga yang telah tahap 2.

Terima kasih kepada pemerintah, BIN, dan tim tenaga kesehatan dari puskesmas, serta Bapak dan Ibu tenaga pendidik (guru) dan kependidikan (TU, karyawan, prakarya) sekolah, para siswa dan orang tua/wali siswa, serta semua pihak yang telah membantu dan berperan serta pada kegiatan ini. Semoga kerja sama ini terus berjalan, dan kegiatan ini membawa berkah, utamanya untuk menjamin kesehatan warga sekolah, khususnya para siswa sehingga diharapkan Kegiatan Belajar Mengajar dapat dilaksanakan secara normal, yakni bisa melalui tatap muka langsung.

Bimbingan Konseling

M. Noor (Guru BK SMAN 1 Martapura)

APAKAH BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH?

Bimbingan dan konseling di sekolah diselenggarakan untuk memfasilitasi perkembangan siswa agar mampu mengaktualisasikan potensi dirinya atau mencapai perkembangan secara optimal. Fasilitasi dimaksudkan sebagai upaya memperlancar proses perkembangan siswa, karena secara kodrati setiap manusia berpotensi tumbuh dan berkembang untuk mencapai kemandirian secara  optimal.

Bimbingan dan konseling menggunakan paradigma perkembangan individu, yang menekankan pada upaya mengembangkan potensi-potensi positif individu. Semua siswa berhak mendapatkan layanan bimbingan dan konseling agar potensinya berkembang dan teraktualisasi secara positif. Meskipun demikian, paradigma perkembangan tidak mengabaikan layanan-layanan yang berorientasi pada pencegahan timbulnya masalah (preventif) dan pengentasan masalah (kuratif).

Upaya mewujudkan potensi peserta siswa menjadi kompetensi dan prestasi hidup memerlukan sistem layanan pendidikan integratif. Kompetensi hidup ditumbuhkan secara isi-mengisi atau komplementer antara guru bimbingan dan konseling atau konselor dengan guru mata pelajaran dalam satuan pendidikan. Setiap siswa memiliki potensi (kecerdasan, bakat, minat, kepribadian, kondisi fisik), latar belakang keluarga, serta pengalaman belajar yang berbeda-beda. Hal ini menyebabkan siswa memerlukan layanan pengembangan yang berbeda-beda pula.

Perkembangan siswa tidak lepas dari pengaruh lingkungan, baik fisik, psikis maupun sosial. Sifat yang melekat pada lingkungan adalah perubahan. Perubahan yang terjadi dalam lingkungan dapat mempengaruhi gaya hidup warga masyarakat, termasuk siswa.

Pada dasarnya siswa SMA memiliki kemampuan menyesuaikan diri, baik dengan diri sendiri maupun lingkungan Proses penyesuaian diri akan optimal jika difasilitasi oleh pendidik, termasuk guru bimbingan dan konseling atau konselor. Penyesuaian diri yang optimal mendorong siswa mampu menghadapi masalah-masalah pribadi, sosial,belajar dan karir.

Kondisi lingkungan yang kurang sehat, maraknya tayangan pornografi dan pornoaksi di televisi dan Video Compact Disk (VCD) atau Digital Video Disk (DVD), penyalahgunaan alat kontrasepsi dan obat-obat terlarang, ketidak harmonisan kehidupan keluarga, dan dekadensi moral orang dewasa sangat mempengaruhi pola perilaku atau gaya hidup siswa. Perilaku bermasalah seperti: pelanggaran tata tertib sekolah, tawuran antar siswa, tindak kekerasan (bullying), meminum minuman keras, menjadi pecandu narkoba atau NAPZA (narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya) dan pergaulan bebas (free sex) merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan norma kehidupan berbangsa yang beradab.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK)

 

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan pendidikan, kesenjangan antara satuan Pendidikan negeri dan swasta di suatu wilayah, kesenjangan antardaerah, atau pun kesenjangan antarkelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seharusnya menjadi tujuan utama satuan pendidikan, yakni pengembangan kompetensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah satuan pendidikan yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong satuan pendidikan dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Alhamdulillah, hari Senin, 27 September 2021, SMA Negeri 1 Martapura mulai mengikuti kegiatan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) hari pertama bagi siswa dengan materi:

- Subtes 1 adalah Latihan (10 menit),
- Subtes 2 adalah Literasi (90 menit),
- Subtes 3 adalah Survei Karakter (30 menit);

Berikut tanggal-tanggal penting pelaksanaan Asesmen Nasional:

NO.

TANGGAL

KEGIATAN

1.

10 – 20 September

Pemutakhiran Data Web ANBK

2.

24 – 26 September

Sinkronisasi AN SMA/MA/SMALB

3.

27 – 28 September

Pelaksanaan AN SMA/MA/SMALB gel. I

4.

29 – 30 September

Pelaksanaan AN SMA/MA/SMALB gel. II

 

Diikuti oleh 45 orang siswa. Hadir 42 siswa, 2 siswa berhalangan. Siswa yang berhalangan digantikan oleh siswa cadangan.

 

Sementara itu, sejumlah guru yang piket WFO, juga mengisi Survei Lingkungan Balajar (SLB) yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ANBK.

 

 

Subcategories

  1. PRESTASI LOMBA –LOMBA DALAM BIDANG AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
  2. Lomba-lomba Bidang Akademik

NO

KEGIATAN LOMBA

PERINGKAT

TINGKAT

TAHUN

1

Debat Bahasa Inggris

2

Kabupaten

2014

2

Biocare 2014 show your creativity and Explore the amazing world of Biology with us

2

Provinsi

2014

3

Biologi Competition

3

Provinsi

2014

4

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2015

5

Cerdas Cermat Otonomi Daerah

2

Kabupaten

2015

6

Lomba Debat Bahasa Indonesia

1

Kabupaten

2015

7

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

 

2015

8

Lomba Debat Bahasa Inggris

3

 

2015

9

Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

3

Kabupaten

2015

10

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2015

11

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2015

12

Olimpiade Sains IPA

1

Provinsi

2015

13

Olimpiade Sains IPA

2

Provinsi

2015

14

Lomba Penulisan Cerita Islami

3

Nasional

2015

15

Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2015

16

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2015

17

OSN Geografi

1

Kabupaten

2016

18

OSN Geografi

1

Provinsi

2016

19

OSN Biologi

2

Kabupaten

2016

20

OSN Matematika

3

Kabupaten

2016

21

OSN Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2016

22

OSN Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2016

23

OSN Baca Puisi

3

Kabupaten

2016

24

Lomba Cepat Tepat Akuntansi

1

Provinsi

2016

25

Lomba Cepet Tepat Akuntansi

1 dan 2

Provinsi

2016

26

Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2017

27

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2017

28

Debat Bahasa Inggris

3

Provinsi

2017

29

Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2017

30

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2017

31

Best Speaker

 

 

2017

32

Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

1

Provinsi

2017

33

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2017

34

OSN Matematika

2

Provinsi

2017

35

OSN Fisika

3

Provinsi

2017

36

Lomba Debat Bahasa Inggris

3

Provinsi

2017

37

Data Parlemen Remaja Nasional

 

Nasional

2017

38

Lomba Debat Bahasa Indonesia

1

Provinsi

2017

39

Lomba Mathematic Challenge

3

Provinsi

2017

40

Lomba Mathematic Challenge

Harapan 3

Provinsi

2017

41

Lomba Debat Ekonomi

1

Provinsi

2017

42

Lomba Bahasa Indonesia

3

Provinsi

2017

43

Lompa Debat PAI

1

Provinsi

2018

 

  1. Lomba –lomba Bidang Non Akademik

NO

KEGIATAN LOMBA

PERINGKAT

TINGKAT

TAHUN

1

Lomba Sekolah Sehat Kategori SMA

1

Provinsi

2014

2

Hari Lingkungan Hidup

4

Kabupaten

2014

3

Lomba 3R Sampah Kantong Plastik

1

Kabupaten

2014

4

Presentasi Adiwiyata "Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan"

 

Kabupaten

2014

5

Kejurcab Karate Amura

1,2,3,2,2,3

Kabupaten

2014

6

Kejuaraan Karate Amura ke-3

2,3,3,2,3

Provinsi

2014

7

Kejuaraan Karate Amura ke-3

2,3,3

Provinsi

2014

8

Cerdas Cermat Putra

3

Kabupaten

2014

9

Cerdas Cermat Putri

3

Kabupaten

2014

10

Poetry With Scont Putra

3

Kabupaten

2014

11

Poetry With Scont Putri

1

Kabupaten

2014

12

Pionering Putri

1

Kabupaten

2014

13

P3K Putra

2

Kabupaten

2014

14

P3K Putri

3

Kabupaten

2014

15

Lomba Ketangkasan  Baris-berbaris Putra

3

Kabupaten

2014

16

Teknologi Tepat Guna Putra

1

Kabupaten

2014

17

Teknologi Tepat Guna Putra

1

Kabupaten

2014

18

Penjalajah Putra

2

Kabupaten

2014

19

Pramuka Putra

3

Kabupaten

2014

20

Pramuka Putri

3

Kabupaten

2014

21

Lomba PBB

2

Provinsi

2014

22

Karate Tingkat Nasional

1

Nasional

2014

23

Pemilihan Pelajar Pelapor Keselamatan Transportasi

3

Provinsi

2014

24

Olahraga Tradisional TK,SMA

2

Provinsi

2014

25

Kumite Junior Putra

2

Kabupaten

2014

26

Kumite Junior Putra

3

Kabupaten

2014

27

Kumite Junior Putri

2

Kabupaten

2014

28

Kata Junior Putri

1

Kabupaten

2014

29

Kata Junior Putri

2

Kabupaten

2014

30

Kata Junior Putra

2

Kabupaten

2014

31

Kata Junior Putra

3

Kabupaten

2014

32

Bersih Narkoba

Harapan 3

Provinsi

2014

33

Festival Nasyid

1

Provinsi

2014

34

Lomba Engrang

2

Provinsi

2014

35

Lomba Seni Siswa ( FLSN )

 

Kabupaten

2014

36

Lomba Cipta Puisi HUT STAI

2

Kabupaten

2014

37

Foto Grafi

2

Provinsi

2014

38

Singing Contest Banjar

Harapan 3

Provinsi

2014

39

Basket Ball Competition III

3

Kabupaten

2014

40

Lomba Singing Contest HUT SMAN 1 Bjb

1

Provinsi

2015

41

Lomba Singing Contest HUT SMAN 1 Bjb

2

Provinsi

2015

42

Lomba Fashion Show dlm Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional

2

Kabupaten

2015

43

Bongkar Pasang Bivak

1

Kabupaten

2015

44

Food Green Competition Putra

1

Kabupaten

2015

45

Food Green Competition Putri

1

Kabupaten

2015

46

Jelajah Rimba Putri

1

Kabupaten

2015

47

Jelajah Rimba Putra

1

Kabupaten

2015

48

Lomba Kaligrafi Putri

3

Kabupaten

2015

49

Lomba Mading Kreasi Putri

3

Kabupaten

2015

50

Lomba memasak Putri

Harapan 2

Kabupaten

2015

51

Singing Contest

Harapan 2

Kabupaten

2015

52

Lomba Sepak Takraw

3

Provinsi

2015

53

Basket Ball Competition Kompas

3

Provinsi

2015

54

Fashion Sha3 312

2

Kabupaten

2015

55

Bank Sampah

2

Kabupaten

2015

56

Bakisah Bahasa Banjar "Pekan Sejarah "

 

Provinsi

2015

57

Lomba Engrang Putra

3

Kabupaten

2015

58

Lomba Terompah Panjang

2

Kabupaten

2015

59

Lomba Drama Kesehatan Remaja PMR

3

Kabupaten

2015

60

Contest Wira se Kabupaten Banjar

 

 

 

61

Lomba Cerdas cermat PMR Contest Wira Sekabupaten Banjar

1

Kabupaten

2015

62

Lomba Cerdas cermat PMR Contest Wira Sekabupaten Banjar

3

Kabupaten

2015

63

PLN Wali Climbung Competition 2015

3

Provinsi

2015

64

Volly Ball Competition HUT SMAN 2 Bjb

2

Provinsi

2015

65

Lomba Bola Basket

2

Kabupaten

2015

66

Lomba Lintas Alam Tecknocrat

3

Kabupaten

2015

67

Lomba Pensi dlm Rangka Latihan Gabungan PMR Wira se Kecamatan MtpmAstambul

2

Kabupaten

2015

68

Islamic Vocal Group

3

Provinsi

2015

69

Lomba PPI

3

Kabupaten

2015

70

Lomba Teknologi Tepat Guna

3

Kabupaten

2015

71

Lomba Teknologi Tepat Guna

3

Kabupaten

2016

72

Karate Kata Perorangan Putra

1

Kabupaten

2016

73

Karate Kata Perorangan Putri

2

Kabupaten

2016

74

Karate Kumite kelas -61 kg Putra

1

Kabupaten

2016

75

Karate Kumite kelas -53 kg Putri (O2SN)

3

Kabupaten

2016

76

Lompat jauh Putri ( O2SN )

2

Kabupaten

2016

77

tenis Meja  Tunggal Putri ( O2SN)

2

Kabupaten

2016

78

Bulu Tangkis Tunggal Putra (O2SN)

2

Kabupaten

2016

79

Cipta Puisi (O2SN)

2

Kabupaten

2016

80

Karya Putri ( O2SN)

1

Kabupaten

2016

81

Solo Vocal Putri ( O2SN)

1

Kabupaten

2016

82

Desain Poster Putri

2

Kabupaten

2016

83

Lomba Nasyid Dlm Rangka Memperingati hari Jadi Kab.Banjar dan HUT RI

2

Kabupaten

2016

84

Lomba PBB LDWC 2016

3

Nasional

2016

85

(Tim A ) Lomba PBB

1

Kabupaten

2016

86

(Tim B ) Lomba PBB

Best Kostum

Kabupaten

2016

87

Lomba Kaligrafi Tk.SMP/MTs dan SMA

Harapan 1

Kabupaten

2016

88

Lomba Kaligrafi Tk.SMP/MTs dan SMA

2

Kabupaten

2016

89

Lomba Pidato Bahasa Indonesia

3

Kabupaten

2016

90

Lomba Puisi Lingkungan

1

Kabupaten

2016

91

Lomba Pertolongan Pertama (PMR)

Harapan 3

Provinsi

2016

92

Lomba Pendidikan Sebaya (PMR)

Harapan 2

Provinsi

2016

93

Lomba Donor Darah Sukarela (PMR)

2

Provinsi

2016

94

Lomba Siap Siaga Bencana (PMR)

2

Provinsi

2016

95

Basket Ball Competition

1

Provinsi

2016

96

LKBB Spenduga Oceun Blue 3

2

Provinsi

2016

97

Lomba Kaligrafi

Harapan 1

Kabupaten

2016

98

Lomaba Paskibra

Harapan 2

Kabupaten

2016

99

Lomaba Paskibra

The Best Formasi dan Vanasi

Kabupaten

2016

100

Lomaba Paskibra

The Best Danton

Kabupaten

2016

101

Lomba Nasyid 

1

Kabupaten

2016

102

Lomba Cepat tepat Akuntasi

1, 1, 2

Provinsi

2016

103

Lomba Bakisah Bahasa Banjar

3

Provinsi

2016

104

Lomba Blog Kuliner Nasional

1

Nasional

2016

105

Lomba Fotografi Sekalsel

2

Provinsi

2016

106

Lomba Videodan Cinema Tografhy Nasional oleh Kedutaan AS dan Indonesia Jakarta sebagai Direktur dan Sutradara

3

Nasional

2016

107

Lomba PMR

 

Kabupaten

2016

108

Lomba PMR

1

Kabupaten

2017

109

Kolase

2

Kabupaten

2017

110

Perawatan Keluarga

3

Kabupaten

2017

111

Lomba Panjat Dinding UNISKA

3

Kabupaten

2017

112

Lomba Singing Contest

3

Nasional

2017

113

Karate Bupati Cup Kumite Perorangan

1, 2

Kabupaten

2017

114

Karate Bupati Cup Kumite Senior

3

Kabupaten

2017

115

Karate Bupati Cup Junior

3, 3

Kabupaten

2017

116

Karate Darem Cup Kata Perorangan Junior

1

Kabupaten

2017

117

LKPBB Korem Antasari

2

Provinsi

2017

118

Festival PBB SMKN 1 Mtp

1

Kabupaten

2017

119

Festival Kreasi Baris berbaris

2

Kabupaten

2017

120

FKBB SMKN 1 Mtp

The Best Danton

Kabupaten

2017

121

Turnamen Catur

2

Kabupaten

2017

122

Walikota Banjarmasin Cup III 2017 Kata Perorangan Junior Putra

1,3,3

Provinsi

2017

123

Walikota Banjarmasin Cup III 2017 Kata Perorangan Senior Putra

3

Provinsi

2017

124

Lomba Penegak (PPGD) Putera

1

Provinsi

2017

125

Cerdas Cermat Puteri

2

Provinsi

2017

126

Survival Putra

3

Provinsi

2017

127

Lomba Desain Logo Putri

Harapan 2

Provinsi

2017

128

Sandi, Smarphone, Morse Putri

Harapan 2

Provinsi

2017

129

Sandi, Smarphone, Morse Putra

Harapan 3

Provinsi

2017

130

Festival Teater Pemeran Pembantu Terbaik

2

Provinsi

2017

131

Festival Teater

2

Provinsi

2017

132

Lomba Nasyid Pekan Rajabiyah

2

Kabupaten

2017

133

Lomba Debat Bahasa Indonesia

2

Provinsi

2017

134

FLS2N Vocal Solo Putri

1

Kabupaten

2017

135

FLS2N Vocal Solo Putra

1

Kabupaten

2017

136

FLS2N Design Poster Putri

2

Kabupaten

2017

137

FLS2N Design Poster Putra

3

Kabupaten

2017

138

FLS2N Kriya Putra

1

Kabupaten

2017

139

FLS2N Teater Monolog

2

Kabupaten

2017

140

FLS2N Vocal Solo Putri

2

Provinsi

2017

141

FLS2N Vocal Solo Putra

1

Provinsi

2017

142

Kata Junior Putra Yusfi Cup

1

Provinsi

2017

143

45 kg Kader Putra Yusfi Cup

3

Provinsi

2017

144

Kumite 55 kg Junior Putra

3

Provinsi

2017

145

Lomba Futsal

3

Provinsi

2017

146

Lomba Bola Voli Putri (Perwosi)

3

Kabupaten

2017

147

Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Tk. Nasional

1

Nasional

2017

148

Lomba Cepat Tepat Akuntansi

1

Provinsi

2017

149

Lomba Cepat Tepat Akuntansi

2

Provinsi

2017

150

Lomba FKBB XI SMKN 1 Mtp

Best PBB, Danton, Variasi, Formasi, Kostum

Provinsi

2017

151

Lomba FKBB XI SMKN 1 Mtp

1 & 2

Kabupaten

2017

152

Lomba FKBB XI SMKN 1 Mtp

Juara Umum

Provinsi

2017

153

Fhotograpy Competition

1, 2, 3

Provinsi

2017

154

Lomba Pertolongan Pertama

1

Kabupaten

2017

155

Lomba PMR Tk. Wira

 

Kabupaten

2017

156

Lomba Cerdas Cermat

1

Kabupaten

2017

157

Lomba Perawatan Keluarga

1, 2

Kabupaten

2017

158

Lomba Perawatan Keluarga

2

Kabupaten

2017

159

Lomba Melukis Bak Sampah

2

Kabupaten

2017

160

Lomba LKPBB Samudra

1 & 2

Provinsi

2017

161

Lomba Desain Poster (Green Industri)

1

Provinsi

2017

162

Kejuaraan Karate KASAT BRIMOB Cup I Sekalsel

1 & 3

Provinsi

2017

163

Kompetisi Futsal

3

Provinsi

2017

164

Lomba Nasyid

3

Provinsi

2018

165

Lomba MTQ Putra

3

Provinsi

2018

166

Lomba MTQ Putri

3

Provinsi

2018

167

Lomba DBL Basketball Competition

1

Provinsi

2018

168

Tenis Meja Putra

4

Kabupaten

2018

169

LKPBB SMADA 2 Bjm

Harapan 3

Provinsi

2018

170

Bulu Tangkis Tunggal Putra

Harapan 1

Provinsi

2018

 

  1. Prestasi Guru dalam Lomba – Lomba

No.

Nama Lomba

Peringkat

Tingkat

Tahun

1.

Lomba Kepala Sekolah Berprestasi

1

Kabupaten

2016

2.

Lomba Penyusunan Buku Pendidikan karakter untuk Guru

1

Nasional

2017

3.

Lomba Guru Berprestasi

3

Nasional

2018

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 737150
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 101
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 102
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 32
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 85
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 197
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 813
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6753
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2131
SMAMA

 

Membimbing