Berita Utama

 Data Prakiraan Cuaca Terbuka BMKG

Info Prakiraan Cuaca

 

Ikuti Kabarnya Klik

 

 

 

Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

(SNBP  dan SNBT) Tahun 2023

 

Tutorial bikin akun SNPMB 2023

Data Siswa Eligible

 

LATIHAN MENGERJAKAN SOAL UTBK-SNPMB

Klik di sini

 

Informasi Website SNPMB, klik di sini

 

Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri

(SNBP  dan SNBT) Tahun 2023

 

Link Pilihan Minat Kelanjutan Pendidikan

 

Link Pengajuan Prestasi Non Akademik 

Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023 diselenggarakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri ( TN). Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan,Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan
Tinggi Negeri, terdapat 3 (tiga) jalur masuk, yaitu jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP); jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT); dan jalur Seleksi Mandiri. SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sedangkan jalur
Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Peserta SNBP adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023 dan tidak dikenai biaya untuk keikutsertaan dalam SNBP. Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%. Bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

Peserta SNBT harus mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang diselenggarakan Pusat UTBK PTN. Peserta hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali. Untuk mengikuti UTBK dikenai biaya pendaftaran. Calon peserta yang dapat mengikuti SNBT 2023 adalah siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023. Hasil UTBK hanya berlaku untuk mendaftar SNBT 2023. Mekanisme seleksi SNBT dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan PTN. 

Pelaksanaan SNPMB 2023 diawali dengan Registrasi Akun SNPMB pada Portal SNPMB (https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id). Mulai kegiatan pengisian PDSS, Pendaftaran SNBP, hingga Pendaftaran UTBK-SNBT, pendaftar wajib memiliki akun SNPMB-BPPP melalui Single Sign On (SSO). Registrasi Akun SNPMB diselenggarakan pada 14 Januari–15 Februari 2023. Registrasi ini diperuntukan khusus lulusan 2023 dan akan ikut SNBP. Selanjutnya, Penetapan Siswa Eligible oleh Sekolah diadakan pada 3 Januari– 8 Februari 2023; Pengisian PDSS 9 Januari–9 Februari 2023; Pendaftaran SNBP 14–28 Februari 2023. Pengumuman Hasil SNBP dijadwalkan pada 28 Maret 2023, sedangkan jadwal Pendaftaran Ulang peserta yang lulus SNBP dapat dilihat pada laman PTN
penerima.

Tahap SNBT diawali dengan Registrasi Akun SNPMB 16 Februari–3 Maret 2023. Pendaftaran UTBK dan SNBT 23 Maret–14 April 2023. Pelaksanaan UTBK dilakukan dalam dua gelombang, yaitu Gelombang 1 pada 8–14 Mei 2023 dan Gelombang 2 pada 22–28 Mei 2023. Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SNBT dijadwalkan pada 20 Juni 2023. Pendaftar SNPMB 2023 dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dapat mengajukan bantuan biaya pendidikan skema Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah). Informasi detail dapat dilihat pada laman Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan di https://kip-
kuliah.kemdikbud.go.id

Pamplet Informasi SNPMB

Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri

Peraturan Menteri Nomor 345/M/2022 Tahun 2022 Mata Pelajaran Pendukung Program Studi dalam Seleksi Nasional berdasarkan Prestasi

 

Informasi resmi tentang SNBP dan UTBK-SNBT 2023 dapat dilihat pada laman
http://www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Layanan Call Center pada nomor 0804 1 450
450 dan Help Desk melalui https://halo-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id. Akun media sosial
SNPMB dapat dilihat pada IG: @_snpmbbppp, Twiter: @snpmb_bppp dan Tiktok:
snpmb_bppp, atau Facebook & Youtube: SNPMB BPPP.
Demikian siaran pers ini disampaikan secara resmi oleh Tim SNPMB dan kepada semua
pihak yang telah bekerja sama dalam penyampaian informasi ini, khususnya kepada
rekan-rekan wartawan, diucapkan terima kasih.

https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id

 

Download Logo Universitas Lambung Mangkurat Vector | Pelajar InfoInfo Web ULM    Brosur/Leaflet ULM

        Sosialisasi dan Promosi SNMPTN, SBMPTN dan Mandiri ULM, Klik

         

         Fokus info untuk pemaparan:

         1. Beasiswa dan KIP Kuliah mulai di menit 56:31 

         2. Uang Kuliah Tunggal UKT  mulai di menit 1:46:13 

         3. SNMPTN, SBMPTN dan Jalur Mandiri mulai di menit 2:14:36 

         4. Informasi khusus materi UTBK mulai di menit 2:34:49

 

 

Download Logo Universitas Lambung Mangkurat Vector | Pelajar Info    
Universitas Lambung Mangkurat Universitas Islam Negeri Antasari  Universitas Muhammadiyah Yogyakarta  Poltekkes Banjarmasin  

Lihat gambar sumber

Politeknik Tanah Laut

Brosur

Info-info lainnya

       

 

Leaflet Poltekkes Banjarmasin

Undangan Sosialisasi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

 

 

 

WORKSHOP PENYUSUNAN

RENCANA KERJA DAN ANGGARAN SEKOLAH TAHUN 2022

DI SMA NEGERI 1 MARTAPURA

tanggal 7 s.d. 9 Februari 2022

         

Martapura, 7 Februari 2022. Saat ini SMAN 1 Martapura menyelenggarakan kegiatan penyusunan RKAS (Rencana Kerja Anggaran Sekolah) sebagai acuan penggunaan/pengeluaran dana BOS selama 1 tahun. 

Narasumber yang diundang untuk memberikan informasi tentang pengelolaan Dana Sekolah diantaranya:

1. Kasi Pembinaan Kurikulum dan Penilaian Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan
2. Pengelola BOS Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Selatan
3. Pengawas Pembina SMAN 1 Martapura
4. Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Martapura 
5. Kepala SMAN 1 Martapura
6. Bendahara BOS SMAN 1 Martapura

Penyusunan RKAS di SMAN 1 Martapura melibatkan seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan (sebanyak 85 orang) agar bisa mengakomodir semua kebutuhan dan adanya transparansi pengelolaan keuangan yang disesuaikan dengan memasukkan poin-poin pengeluaran ke dalam 8 komponen standar nasional pendidikan (SNP). Untuk pemenuhan kebutuhan yang sesuai Standar Nasional Pendidikan dan kegiatan penunjang seperti Adiwiyata, PHBS, Ramah Anak dan Gerakan Literasi Sekolah yang, yaitu:

  • Standar Kompetensi Lulusan
  • Standar Isi
  • Standar Proses
  • Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  • Standar Sarana dan Prasarana
  • Standar Pengelolaan
  • Standar Pembiayaan
  • Standar Penilaian

Kita berharap dengan terselenggaranya kegiatan tersebut dapat menjadi langkah yang baik dan memberikan kelancaran dalam proses pemenuhannya sehingga menghasilkan produk yang sesuai dengan Permendikbud tetang pengelolaan dana keuangan di sekolah.

 

 

 

PENILAIAN KINERJA KEPALA SEKOLAH

SMA NEGERI 1 MARTAPURA

Senin, 27 Desember 2021

1. Pembukaan

2. Sambutan Kepala Sekolah

3. Arahan Koordinator Pengawas

4. Profil Sekolah

5. Supervisi

6. Feedback/Evaluasi

7. Penutup

  Foto dokumentasi kegiatan

 

 

 

 

Kegiatan KMD Pramuka SMA Negeri 1 Martapura 

Tanggal 18 s.d. 21 November 2021

  

Gerakan Pramuka sebagai salah satu wadah pembinaan dan pengembangan sumberdaya manusia khususnya generasi muda melalui kegiatan kepramukaan, dan menjadi kegiatan ekstrakurikuler di setiap sekolah.

Kegiatan KMD Pramuka ini diselenggarakan agar menghindari kurangnya pengalaman bagi Pembina dan sudah barang tentu akan berakibat pada lemahnya pemahaman mereka terhadap ide dasar pendidikan kepramukaan.

Harapan sekolah adalah para pembina lebih terarah, perlunya ada kegiatan pembinaan dengan tujuan untuk memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka.

Seperti yang dilakukan oleh SMA Negeri 1 Martapura, menggelar kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD) Pramuka yang diikuti oleh 68 tenaga pendidik yang dilaksanakan selama 4 hari dimulai dari hari ini, Kamis (18/11/2021).

Kepala Sekolah SMA 1 Negeri Martapura Eko Sanyoto mengatakan bahwa Pramuka adalah ekstrakurikuler yang dilaksanakan di jenjang SMA itu wajib, sehingga perlunya ilmu yang dimiliki oleh pembina pramuka.

“Kami melakukan kegiatan ini untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia dengan melatih para guru guru untuk mengikuti Kursus Mahir Dasar Pramuka, hingga saat nanti pelaksanaan kegiatan kepramukaan di SMA Negeri 1 Martapura kita lebih siap dan berjalan dengan lancar,” tuturnya

Bapak Eko Sanyoto berharap, nanti dengan kegiatan seperti ini maka para pembina itu akan lebih siap mempunyai skil skil tentang kepramukaan sehingga lebih siap untuk membimbing anak anak didik kami dan itu sebagai pembekalan untuk menyiapkan generasi akan datang agar mempunyai karakter mandiri, spiritual dan nasionalisme dan generasi yang lebih baik lagi.

 

 

PENTING

BERITA UTAMA

  

 Uji coba pembelajaran tatap muka digelar di SMA Negeri 3 Surakarta. Begini prosesnya.

 

 

 SMA Negeri 1 Martapura

Masuk 10 Besar SMA Terbaik Kalimantan Selatan;

Naik 1 Peringkat di Tahun 2021

Upaya peningkatan layanan pendidikan di SMA Negeri 1 Martapura untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas tidak terlepas dari kesadaran dan peran serta semua warga sekolah. Banyak hal yang harus dibenahi, peluang untuk mengembangkan sekolah selalu terbuka. Sejauh ini, SMA Negeri 1 Martapura berada di peringkat ke-6 dalam 10 SMA Terbaik Kalimantan Selatan. Patut disyukuri namun masih harus berbenah diri.

Dari laman rersmi LTMPT, untuk Provinsi Kalimantan Selatan, alhamdulillah, SMA Negeri 1 Martapura naik ke peringkat 7, berdasarkan nilai UTBK 2021. Daftar 10 SMA Terbaik di Kalsel tahun 2021.

Lebih banyak

1000 Top Sekolah Berdasarkan UTBK 2021

 

 

 

 

 

 MEA, Tantangan bagi Guru Masa Kini

(Written by Wahyu Wardani)

 

Masyarakat, dewasa ini berkembang menghilangkan batasan-batasan imajiner antar negara, bangsa, dan suku. Persoalan ini kemudian berkembang menjadi hal yang lebih kompleks. Persoalan sosial dan ekonomi menjadi titik kompleks dari persoalan ini. ASEAN sebagai perhimpunan bangsa-bangsa Asia Tenggara memulai sebuah skema yang dinamakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Skema ini merupakan realisasi pasar bebas di Asia Tenggara yang telah dilakukan secara bertahap mulai KTT ASEAN di Singapura pada 1992. MEA bertujuan untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN, serta diharapkan mampu mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi antar negara-negara di Asia Tenggara. (Read More)

 

 

 

 

 

 

IHT (IN HOUSE TRAINING)

Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penggunaan Google Sheets Menganalisis Potensi Peserta Didik SMA Negeri 1 Martapura

On The Job Training (OJT) 2 DIKLAT Calon Kepala Sekolah Tahun 2021

      


Pelaksanaan :
1. Pembukaan.
2. Menyanyikan Lagu Indonesia Raya.
3. Kepala Sekolah Bapak Eko Sanyoto memberikan sambutan dan membuka kegiatan.
4. Penjelasan Singkat tentang latar belakang Pelaksanaan IHT oleh Calon : Mohamad Farid Amrullah.
5. Penyampaian Materi oleh Narasumber Bapam Syaiful Yazan.
6. Diskusi dan Tanya Jawab oleh Peserta.
7. Doa
8. Penutup.

Link :
1. SK Panitia
2. Surat Undangan Kegiatan
3. Materi

    
 

     

 
 

MAULID NABI MUHAMMAD SAW
12 RABIUL AWWAL 1443 H

1.Peringatan Maulid Nabi SAW mendorong orang untuk membaca shalawat, dan shalawat itu diperintahkan oleh Allah Ta’ala, “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuknya dan ucapkanlah salam sejahtera kepadanya.” (QS Al-Ahzab: 56).

2.Peringatan Maulid Nabi SAW adalah ungkapan kegembiraan dan kesenangan dengan beliau. Bahkan orang kafir saja mendapatkan manfaat dengan kegembiraan itu (Ketika Tsuwaibah, budak perempuan Abu Lahab, paman Nabi, menyampaikan berita gembira tentang kelahiran sang Cahaya Alam Semesta itu, Abu Lahab pun memerdekakannya. Sebagai tanda suka cita. Dan karena kegembiraannya, kelak di alam baqa’ siksa atas dirinya diringankan setiap hari Senin tiba).

Demikianlah rahmat Allah terhadap siapa pun yang bergembira atas kelahiran Nabi, termasuk juga terhadap orang kafir sekalipun. Maka jika kepada seorang yang kafir pun Allah merahmatikarena kegembiraannya atas kelahiran sang Nabi, apalagi anugerah Allah bagi umatnya yang beriman dan bertakwa.

3.Meneguhkan kembali kecintaan kepada Rasulullah SAW. Bagi seorang mukmin, kecintaan terhadap Rasulullah SAW. adalah sebuah keniscayaan, sebagai konsekuensi dari keimanan. Kecintaan pada utusan Allah ini harus berada di atas segalanya, melebihi kecintaan pada anak dan isteri, kecintaan terhadap harta, kedudukannya, bahkan kecintaannya terhadap dirinya sendiri. Rasulullah bersabda, “Tidaklah sempurna iman salah seorang dari kalian hingga aku lebih dicintainya daripada orangtua dan anaknya. (HR. Bukhari).” 4.Meneladani perilaku dan perbuatan mulia Rasulullah SAW. dalam setiap gerak kehidupan kita. Allah SWT. bersabda : “Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al-Ahzab: 21)” Kita tanamkan keteladanan Rasul ini dalam keseharian kita, mulai hal terkecil, hingga paling besar, mulai kehidupan duniawi, hingga urusan akhirat. Tanamkan pula keteladanan terhadap Rasul ini pada putra-putri kita, melalui kisah-kisah sebelum tidur misalnya. Sehingga mereka tidak menjadi pemuja dan pengidola figur publik berakhlak rusak yang mereka tonton melalui acara televisi. 5.Melestarikan ajaran dan misi perjuangan Rasulullah, dan juga para Nabi. Sesaat sebelum menghembuskan nafas terakhir, Rasul meninggalkan pesan pada umat yang amat dicintainya ini. Beliau bersabda : “Aku tinggalkan pada kalian dua hal, kalian tidak akan tersesat dengannya, yakni Kitabullah dan sunnah Nabi-Nya sallallahu alaihi wa sallam” (HR. Malik)

 

 

Youtube Smama
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah pada SMA Negeri 1 Martapura
Youtube Smama

00:36:00
Views: 410
Youtube Smama

Youtube Smama

00:00:43
Views: 85
Youtube Smama

Youtube Smama

01:24:29
Views: 112
Youtube Smama

Youtube Smama

00:21:39
Views: 60
Youtube Smama

Youtube Smama

00:03:47
Views: 631
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

 

Membimbing