Surat Edaran PPDB 2024 Klik di sini
Juknis PPDB 2024 Klik di sini
POS PPDB 2024 Klik di sni
Assalamualaikum Wr.Wb.
bagi Peserta Didik Baru diharapkan bisa berhadir untuk mengikuti Pra MPLS pada hari Sabtu, 13 Juli 2024 dari pukul 07.30 Wita s.d. Selesai.
PENGUMUMAN HASIL SELEKSI PPDB
Berdasarkan Hasil Rapat Panitia PPDB SMA Negeri 1 Martapura hari Kamis tanggal 27 Juni 2024 di SMA Negeri 1 Martapura tentang Penentuan Hasil PPDB di SMA Negeri 1 Martapura Tahun Ajaran 2024/2025.
Menetapkan Daftar Nama Pendaftar yang dinyatakan DITERIMA sebagai Peserta Didik Baru SMA Negeri 1 Martapura Tahun Pelajaran 2024/2025 sebagaimana tersebut pada lampiran surat keputusan ini sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.
1. Surat Keputusan Hasil Seleksi PPDB SMA Negeri 1 Martapura Tahun Ajaran 2024/2025 Klik DI SINI
2. Berita Acara Hasil Seleksi PPDB SMA Negeri 1 Martapura Tahun Ajaran 2024/2025 Klik DI SINI
3. Lampiran Daftar Peserta Didik Baru yang dinyatakan LULUS Seleksi PPDB SMA Negeri 1 Martapura Tahun Ajaran 2024/2025
Klik di SINI : Daftar Hasil Seleksi PPDB
4. Bukti Kelulusan Seleksi PPDB Klik DI SINI
Adapun jadwal kegiatan selanjutnya:
No |
Kegiatan |
Tanggal |
Keterangan |
1. |
Pengumuman Hasil PPDB akan disampaikan pada pukul 10.00 WITA melalui website sekolah |
28 Juni 2024 |
Sekolah & website sekolah: |
2. |
Bukti lulus seleksi PPDB diunduh serta dicetak oleh calon peserta melalui website sekolah |
28 Juni - 3 Juli 2024 |
website sekolah: |
3. |
Daftar Ulang dan pembelian atribut sekolah di koperasi siswa |
1 - 3 Juli 2024 |
di sekolah |
4. |
Tes Diagnostik Peserta Didik Baru |
4 Juli 2024 |
di sekolah |
5. |
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah |
15 - 17 Juli 2024 |
di sekolah |
6. |
Awal Tahun Ajaran 2024/2025 |
15 Juli 2024 |
di sekolah |
Kepada setiap calon Peserta Didik Baru WAJIB melakukan Daftar Ulang/Registrasi secara daring dengan mengisi pada link Poin 1 s.d. 2, mencetak membubuhi materai dan menandatanganinya dan kemudian scan dan upload semua berkas pada link poin 3 selambat-lambatnya tanggal 3 Juli 2024, meliputi :
1) Surat pernyataan siswa bermatrai dan surat pernyataan orang tua/wali, Link https://bit.ly/SP_Smama.
3) Penguploadan berkas daftar ulang, Link https://bit.ly/UploadSP_Smama, diverifikasi secara ofline di sekolah oleh Panitia PPDB.
4) Pengisian data dapodik , Link https://bit.ly/F-PD-Dapodik-SMAMA
Catatan: Jika ada terkendala/masalah, silakan datang ke sekolah untuk difasilitasi.
Setiap Calon Peserta Didik Baru yang dinyatakan LULUS seleksi WAJIB berhadir di sekolah untuk melakukan Verifikasi Berkas Daftar Ulang (yang sebelumnya dilakukan secara daring) sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Pada saat verifikasi ini, Calon Peserta Didik:
- Menyerahkan tanda bukti pendaftaran dan Bukti Kelulusan Seleksi PPDB kepada panitia;
- Menyerahkan Surat Keterangan Lulus SMP/Sederajat;
- Menyerahkan Surat Pernyataan Siswa dan Orang Tua Wali diberi meterai Rp.10.000,00;
- Menyerahkan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak diberi meterai Rp.10.000,00;
- Membawa Berkas Asli (Akta Kelahiran, Kartu Keluarga, SKHU/Ijazah sementara), KIP, KKS, PKH dan piagam jika ada dan menyerahkan fotokopinya;
- Verifikasi berkas akan dilakukan sesuai nomor antrean;
- Pembelian atribut peserta didik dikelola koperasi siswa;
- Mengikuti Tes Diagnostik pada hari Kamis tanggal 4 Juli 2024 dari pukul 09.00 s.d. 11.00 WITA dengan memakai seragam sekolah asal (harap membawa bekal/makanan dan perangkat HP Android/I-Phone/ Tablet/laptop yang memiliki akses internet/kuota dan daya/baterai terisi maksimal);
- Mengikuti Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dari tanggal 15 - 17 Juli 2024; dan
- Semua kelengkapan berkas daftar ulang dimasukkan ke Map:
Laki-laki Warna MERAH dan Perempuan Warna KUNING.
KETERANGAN DI DEPAN MAP
Jalur PPDB : ......................................
Nama Pendaftar : ......................................
NISN : ......................................
Asal Sekolah : ......................................
No Telp/WA : ......................................
Contoh Seragam Sekolah
1. JADWAL PENDAFTARAN PPDB
No. |
Kegiatan |
Waktu |
Tempat |
1 |
Sosialisasi PPDB |
Mei-Juni 2024 |
Sekolah, media cetak, media elektronik, media sosial lainnya |
2 |
Pendataan Peserta Jalur Tahfidz |
21–23 Juni 2024 |
Online |
3 |
Pendaftaran PPDB |
24–26 Juni 2024 |
Online/Sekolah asal |
4 |
Tes Hapalan Al-Qur’an Jalur Pendaftaran Tahfidz |
24 Juni 2024 |
Sekolah |
5 |
Rapat Penetapan Kelulusan |
27 Juni 2024 |
Sekolah |
6 |
Pengumuman Hasil PPDB |
28 Juni 2024 |
Online/Sekolah |
7 |
Daftar Ulang (Registrasi) |
1-3 Juli 2024 |
Sekolah |
8 |
Pengenalan Lingkungan Sekolah |
15-17 Juli 2024 |
Sekolah |
9 |
Awal Tahun Ajaran 2024/2025 |
15 Juli 2024 |
Sekolah |
Untuk calon peserta didik yang ingin mendaftar melalui Jalur Khusus tahfidz AL-Qur'an silakan terlebih dahulu mengisi form pada link DI SINI
LINK PENDATAAN PESERTA TES HAPALAN TAHFIDZ
1. Minimal hapal 1 Juz
2. Dilaksanakan Tes Hapalan Al-Qur'an pada:
Hari/Tanggal : Senin, 24 Juni 2024
Waktu : pukul 09.00 WITA - selesai
Tempat : Lab Biologi SMA Negeri 1 Martapura
2. TATA CARA PENDAFTARAN
- Pendaftaran calon peserta didik baru secara daring (online) melalui laman website resmi PPDB SMA dan SMK Tahun Pelajaran 2024/2024 Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan dengan alamat : https://kalsel.siap-ppdb.com/.
- Calon peserta didik menyiapkan dokumen persyaratan sesuai jalur yang akan dipilih dan melakukan pemindaian (scan) dokumen persyaratan;
A. Jalur zonasi, calon peserta didik mengupload:
- Surat Keterangan Lulus;
- Kartu Keluarga dan;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, bisa didapatkan dengan mengisi Form klik di sini.
B. Jalur afirmasi, calon peserta didik mengupload:
- Surat Keterangan Lulus;
- Kartu Keluarga;
- Kartu Penanganan Keluarga Tidak Mampu;
- Bukti hasil diagnosa untuk calon peserta didik penyandang disabilitas dan;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, bisa didapatkan dengan mengisi Form klik di sini.
C. Jalur perpindahan tugas orang tua/wali, calon peserta didik mengupload:
- Surat Keterangan Lulus;
- Kartu Keluarga dan Surat Tugas Pindah Orang tua/Wali dan;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, bisa didapatkan dengan mengisi Form klik di sini.
D. Jalur prestasi akademik, calon peserta didik mengupload:
- Surat Keterangan Lulus;
- Surat Keterangan Nilai Rapor dari Sekolah Asal Klik dengan format klik di sini;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, bisa didapatkan dengan mengisi Form klik di sini.
E. Jalur prestasi non akademik, calon peserta didik mengupload:
- Surat Keterangan Lulus;
- Surat Kejuaraan Non Akademik;
- Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, bisa didapatkan dengan mengisi Form klik di sini.
Calon peserta didik melakukan pendaftaran menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sekolah asal ke laman PPDB dengan alamat: http://kalsel.siap-ppdb.com/ untuk mengisi data diri dan mengunggah (upload) file hasil scan dokumen berupa (jpg dan pdf) sesuai dengan pilihan dan persyaratan yang ditentukan;
- Calon peserta didik mengisi formulir data diri, memilih jalur PPDB dan sekolah tujuan yang diminati pada laman PPDB;
- Calon peserta didik melakukan pengecekan ulang data pendaftaran dan melakukan submit data sebagai bentuk pernyataan mendaftarkan diri. Data pendaftaran yang sudah disubmit oleh calon peserta didik tidak dapat diubah atau dicabut;
- Pendaftar melakukan pencetakan bukti pendaftaran pada laman PPDB;
- Bagi calon peserta didik/orangtua yang terkendala dalam melakukan pendaftaran online dapat dibantu pihak panitia/posko PPDB sekolah.
- Sebelum mengikuti pendaftaran PPDB, Calon peserta didik dari luar Provinsi Kalimantan Selatan terlebih dahulu memperoleh rekomendasi dari sekolah asal dan rekomendasi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan melalui media yang memungkinkan.
PILIHAN PENDAFTARAN
- Calon peserta didik hanya bisa mendaftar pada satuan pendidikan SMA atau satuan pendidikan SMK dan tidak dapat mendaftarkan diri ke sekolah pilihan dengan lintas satuan pendidikan.
- Calon peserta didik dapat melaksanakan pendaftaran di sekolah pelaksana PPDB paling banyak 3 (tiga) pilihan sekolah, 2 (dua) sekolah negeri dan 1 (satu) sekolah swasta pada setiap jalur pendaftaran yang dipilih.
- Calon peserta didik hanya dapat memilih 1 (satu) jalur pendaftaran dalam zonasi yang ditetapkan;
- Calon peserta didik dapat mendaftar melalui jalur prestasi di dalam dan di luar zonasi yang ditetapkan paling banyak 3 (tiga) pilihan sekolah;
- Calon peserta didik dapat mendaftar melalui jalur afirmasi baik di dalam maupun di luar zonasi yang ditetapkan paling banyak 3 (tiga) pilihan sekolah;
- Calon peserta didik melalui jalur perpindahan tugas orang tua/wali dapat mendaftar pada 3 (tiga) pilihan sekolah di dalam dan di luar zonasi yang ditetapkan dengan domisili terdekat peserta didik ke sekolah.
- Calon peserta didik dari anak guru dan tenaga kependidikan dapat mendaftar pada 3 (tiga) pilihan sekolah dalam zonasi domisili peserta didik apabila kuota jalur perpindahan orang tua/wali masih tersedia.
ZONASI SMAN 1 MARTAPURA
A. | Martapura Kota | B. | Martapura Timur | C | Astambul | ||
1 | Cindai Alus | 1 | Antasan Senor | 1 | Astambul | ||
2 | Jawa | 2 | Antasan Senor Ilir | 2 | Astambul Seberang | ||
3 | Jawa Laut | 3 | Mekar | 3 | Benua Anyar | ||
4 | Keraton | 4 | Melayu Ulu | 4 | Benua Anyar II | ||
5 | Murung Kenanga | 5 | Pekauman | 5 | Kalampayan | ||
6 | Murung Keraton | 6 | Pekauman Dalam | 6 | Kalampayan Ulu | ||
7 | Pasayangan Barat | 7 | Pekauman Ulu | 7 | Kelampaian Ilir | ||
8 | Pasayangan Selatan | 8 | Pematang Baru | 8 | Limamar | ||
9 | Pasayangan Utara | 9 | Tambak Anyar | 9 | Pingaran Ilir | ||
10 | Pesayangan | 10 | Tambak Anyar Ilir | 10 | Pingaran Ulu | ||
11 | Sekumpul | 11 | Tambak Anyar Ulu | 11 | Sungai Alat | ||
12 | Sungai Paring | 12 | Sungai Tuan Ilir | ||||
13 | Sungai Sipai | 13 | Sungai Tuan Ulu | ||||
14 | Tambak Baru | 14 | Tambangan | ||||
15 | Tambak Baru Ilir | ||||||
16 | Tambak Baru Ulu | ||||||
17 | Tanjung Rema | ||||||
18 | Tanjung Rema Darat | ||||||
19 | Tunggul Irang | ||||||
20 | Tunggul Irang Ilir | ||||||
21 | Tungkaran |