JADWAL PEMBINA DAN PETUGAS UPACARA

 

 



Adapun isi amanat:

1. Ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pelaksana upacara bendera (Kelas XII 9) yang telah bertugas dengan baik.

2. Senantiasa disiplin waktu dan memiliki inisiatif untuk hadir disekolah lebih awal.

3. Selalu menjaga sikap dan perilaku terutama terhadap Guru, senantiasa menjaga kesopanan dan tatakrama. Saat ingin menyampaikan/menanyakan melalui media sosial (WA, dll) diharapkan diawali dengan mengucapkan salam, mencantumkan nama lengkap dan kelas baru menyampaikan perihal yang ingin ditanyakan, agar bisa terlayani dengan baik. Hal ini juga diharapkan bisa menjadi kebiasaan untuk seluruh siswa dimanapun dan kapanpun.

Demikian beberapa pesan yang dapat disampaikan agar dapat menjadi perhatian dan bermanfaat. Wassalam. 

 

 

 

 

Kegiatan Upacara Senin dilanjutkan dengan acara Perpisahan beberapa Guru yang Mutasi diantaranya:
1. Mohammad Farid Amrullah, S.Pd., M.M.Pd. (Ke SMAN 1 Rantau)
2. Kasmani, S.Pd.I. (ke SMAN 1 Tangkisung)
3. Imilda Fitriani, S.Pd. (ke SMKN 1 Sungai Pinang)
4. Norbaiti Ilhamiah, M.Pd. (Ke SMAN 1 Paramasan)
5. Siti Salma, S.Pd. (ke SMAN 1 Mandastana)

Adapun isi amanat:

1. Evaluasi dan apresiasi kepada petugas pelaksana upacara bendera yang telah terlaksana dengan baik.

2. Senantiasa disiplin waktu dan memiliki inisiatif untuk bersiap lebih awal untuk setiap kegiatan.

3. Senantiasa menjaga kesehatan dan waspada karena pandemi Covid-19 belum berkahir. 

4. Senantiasa bersemangat dan berkreatifitas dalam belajar dan mengisi waktu untuk menghadapi tantangan agar menjadi lebih baik dan mampu menghadapi setiap masalah dan ujian hidup dengan analisis dan tindakan yang positif dan sistematik.

5. Jadilah generasi yang mampu memanfaatkan Waktu dengan baik, dan senantiasa mengamalkan Doa, Usaha Istigfar dan Tawakal.

 

 

 Adapun isi amanat:

1. Evaluasi pelaksana upacara bendera, sudah berjalan dengan baik.

2. Kedisiplinan, manajemen kerja dan ketaatan terhadap aturan-aturan sekolah, baik dari segi berpakaian sampai dengan berprilaku, maka hendaknya patuhi semua peraturan sekolah dengan penuh rasa tanggungjawab. Latihan manejemen waktu hendaknya dijadikan suatu sarana latihan untuk pembiasaan menuju kesuksesan. 

3. Berprestasilah dalam berbagai hal, tidak hanya bidang akademik, akan tetapi juga setiap hal yang kalian lakukan dapatkan yang berguna untuk masa depan itu merupakan prestasi. 

demikian amanat yang disampaikan. Wassalamualaikum.wr.wb.

 

 

 

Adapun isi amanat:

1. Evaluasi pelaksana upacara bendera, sudah berjalan cukup baik dan harapan kedepan agar lebih baik

2. Ingat visi sekolah: Religius, Berakhlak mulia, Bermutu, Berdaya Saing, Berbudaya dan Berwawasan serta Peduli Lingkungan. Sesuaikan tindakan kita dengan visi sekolah.

a. Etika, tatakrama, pergaulan antar siswa, khususnya yang bukan muhrim siswa laki-laki dan perempuan, jaga jarak dan jangan bersentuhan tangan apalagi berpegang-pegangan dan berdekat-dekatan, tidak elok dan bertentangan dengan nilai keagamaan dan tata susila. Idealnya sekolah yang baik memisahkan antara laki-laki dan perempuan, tapi karena keadaan kita seperti sekarang, sekolah umum, maka setidaknya perhatikan etika/tata cara pergaulan antara laki-laki dan perempuan.

b. Terus giat belajar, persaingan semakin ketat, Siap SBMPTN, dengan materi tes TPS, Bahasa Inggris, dan TPA, mari kita perbaikan prestasi kita ke depan.

c. Waspada terhadap api, matikan kompor/api setelah dipakai, pastikan tabung dan selang gas tidak bocor. Jika ada        masalah sebaiknya minta tolong kepada ahlinya. Kesalahan kecil dapat berakibat bencana besar. 

 

 

 

Adapun isi amanat:

  1. Menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada peserta upaca yg mengikuti secara khidmat dan terkhusus bagi petugas upacara yang telah melaksanakan tanggungjawab mereka dengan baik sehingga upacara dapat berjalan dengan lancar.
  2. Menghimbau dan memastikan kepada seluruh siswa agar memeriksa perangkat elektronik yang ada di kelas seperti kipas angin, lampu, dan LCD proyektor telah dimatikan sebelum meninggalkan ruangan kelas pada jam terakhir.
  3. Senantiasa menutup jendela-jendela dan pintu kelas dengan rapi.
  4. Gunakanlah sarana kelas sebagaimana mestinya, jangan sampai disalahgunakan apalagi seperti teralis pintu jangan sampai dijadikan mainan.
  5. Jangan melakukan vandalisme (aktivitas yang bersifat merusak lingkungan).
  6. Gunakanlah perlengkapan, sarana dan prasarana yang disediakan sekolah dengan baik dan hemat, pelihara dan rawatlah serta tempatkan dengan posisi yang rapi sesuai tempatnya. 
  7. Selalu mentaati tata tertib berlalu lintas dengan beberapa cara:
  1. Periksa kelengkapan kendaraan
  2. Berkendaralah dengan tertib dan patuhi peraturan berlalu lintas untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna jalan lainnya
  3. Jangan memodifikasi kendaraan yang berdampak buruk, seperti memodifikasi knalpot bersuara maraung dan membuat bising. kreativitas penting namun juga harus bijaksana.
  4. Khusus untuk siswa yang telah memiliki SIM C, diperkenankan meminta stiker tanda diperbolehkan parkir di area sekolah kepada Waka Sarpras.
 

 

Download Logo HUT ke-77 RI Gratis di Sini, Ada Format JPEG, PNG, dan PDF,  Ini Makna dan Tema 17 Agustus 2022 - Seputar Lampung

           

Alhamdulillah kegiatan peringatan HUT RI ke-77 telah diselenggarakan di SMA Negeri 1 Martapura.

Bapak Eko Sanyoto, S. Pd. selaku pembina upacara mengamanatkan:

1. Bersyukur atas anugrah kemerdekaan RI ke-77, bersyukur sebagai warga negara Republik Indonesia. Bersyukur telah melalui krisis pandemi Covid 19, namun tetap jaga pola hidup bersih dan sehat dan protokol kesehatan.

2. Era pemulihan dan kebangkitan di sektor pendidikan, semua warga sekolah, siswa, pendidik dan tenaga kependidikan bersinergi untuk belajar, bekerja, berkarya, berrinovasi, dan berkreativitas untuk menjadi lebih baik dan memberikan yang terbaik.

3. Sesuai dengan visi dan misi sekolah, "Religius, Berakhlak Mulia, Bermutu, Berdaya Saing, Berbudaya dan Berwawasan serta Peduli Lingkungan, dan juga seiring dengan perkembangan Bangsa Indonesia saat ini, khususnya pemindahan Ibukota Negara Indonesia, dimana Kalimantan Selatan sebagai salah satu pintu gerbangnya, maka sektor pendidikan kita harus maju untuk mampu berkontribusi dan berdaya saing.

Kegiatan HUT RI ke-77 ini juga dimeriahkan oleh kegiatan para siswa dengan menggelar lompa pengelollan ruang kelas dan karnaval.

Foto-foto 

 

 

 

Pembina Upacara  :   Aipda Yohana Sukarmiyati (Utusan Polwan Polres Kabupaten Banjar)

Hari, Tanggal        :  Senin, 8 Agustus 2022

 

POLWAN GOES TO SCHOOL

Memperingati Hari Jadi ke-74 Polisi Wanita Republik Indonesia Tahun 2022

 

"POLRI YANG PRESISI, POLWAN SIAP MENDUKUNG

PEMULIHAN EKONOMI DAN REFORMASI STRUKTURAL,

MEWUJUDKAN INDONESIA TANGGUH - INDONESIA TUMBUH"

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan menyampaikan amanat dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-74 Polisi Wanita Republik Indonesia, dengan tema Polri yang presisi, Polwan siap mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural, mewujudkan  Indonesia Tangguh - Indonesia Tumbuh .

Adapun isi amanat:

  1. Diharapkan siswa bijak dalam memanfaatkan teknologi dan bijak dalam menggunakan sosial media.
  2. Diharpkan Siswa cerdas dalam bermedia sosial, gunakan untuk menambah ilmu pengetahuan, sebagai sarana komunikasi, dan sarana promosi serta sebagai sarana eksploitasi kemampuan diri.
  3. Diharapkan Siswa senantiasa mematuhi peraturan dan tata tertib berlalu lintas, membawa SIM dan STNK saat menggunakan kendaraan dan menggunakan helm SNI apabila menggunakan kendaraan roda 2.

Demikianlah isi amanat yang disampaikan oleh pembina upacara.

 

 

 

Pembina Upacara  : Anton Suhendro, S.Pd. (Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Martapura)

Hari, Tanggal        :  Senin, 1 Agustus 2022

Assalamualaikum wr.wb.

Bapak ibu dewan guru serta staf tata administrasi yang saya hormati. Peserta didik sekalian yang berbahagia.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada allah SWT, karena atas rahmat hidayah dan karuniaNya sehingga pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan upacara bendera sekaligus peringatan hari pahlawan. Shalawat dan salam tak lupa kita haturkan pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, keluarga sahabat dan pengikut beliau sejak dulu hingga akhir zaman.

Bapak ibu serta peserta didik sekalian yang berbahagia.

Adapun isi amanat:

  1. Ucapan Terima kasih kepada Kelas XII 2  ( MIPA 1 ) selaku Petugas Upacara yang telah melaksanakan tugas dengan sangat baik.
  2. Pentingnya kedisplinan dan tanggungjawab kepada diri sendiri, dan kepada kelas masing-masing.
  3. Sekolah senantiasa akan melaksanakan kegiatan kedisplinan dan penegakan tata tertib sekolah secara berkala dan, maka diharapkan agar mentaati aturan dan tata tertib yang telah menjadi ketentuan sekolah.
  4. Jagalah kebersihan sekolah selalu, terutama kebersihan lingkungan kelas, kepada piket kebersihan kelas bisa melaksanakan kegiatan kebesihannya setelah kegiatan pembelajaran setiap harinya selesai (sebelum pulang sekolah) agar pada saat guru mengajar suasana kelas dalam keadaan bersih dan kondusif.
  5. Sebagai tanggung jawab kelas, sebelum pulang sekolah pastikan listrik di dalam ruang kelas telah dimatikan, seperti kipas angin, lampu dan juga LCD Proyektor sudah dalam keadaan dimatikan.
  6. Diharapkan kepada seluruh Peserta Didik setelah pulang sekolah langsung ke rumah masing-masing dan jangan ada yang masih beraktifitas dengan menggenakan seragam sekolah, karena hal ini akan memberikan kesan yang tidak baik untuk sekolah.
  7. Diharapkan setiap Peserta didik berhadir di sekolah selambat-lambatnya pukul 07.30 WITA.

Demikianlah isi amanat yang disampaikan oleh pembina upacara.

 

 

Pembina Upacara  : Rujaibiannor Qashdi, S.Pd.I. (Wakasek Kurikulum SMA Negeri 1 Martapura)

Hari, Tanggal        :  Senin, 25 Juli 2022

Assalamualaikum wr.wb.

Bapak ibu dewan guru serta staf tata administrasi yang saya hormati. Peserta didik sekalian yang berbahagia.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada allah SWT, karena atas rahmat hidayah dan karuniaNya sehingga pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan upacara bendera sekaligus peringatan hari pahlawan. Shalawat dan salam tak lupa kita haturkan pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, keluarga sahabat dan pengikut beliau sejak dulu hingga akhir zaman.

Bapak ibu serta peserta didik sekalian yang berbahagia.

Adapun isi amanat:

  1. Ucapan Terima kasih kepada Kelas XII 1  ( Bahasa ) selaku Petugas Upacara yang telah melaksanakan tugas dengan sangat baik, walaupun dengan kondisi yang kurang mendukung dan waktu terbatas, ini merupakan tugas pertama setelah 2 tahun tidak melaksanakan tugas upacara dikarenakan Covid-19 yang melanda.
  2. Diberitahukan khusus kepada kelas X agar mempersiapkan diri untuk perubahan model belajar menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar yang akan dilaksanakan beberapa minggu ke depan yang disesuaikan dengan jadwal yang akan diatur oleh bagian kurikulum.
  3. Kepada seluruh siswa diharapkan mampu menjaga dan bertanggungjawab dalam penggunaan perangkat hp android/smartphone yang mereka gunakan dan miliki dan bisa dimanfaatkan untuk mendukung kegiatan belajar, bukan untuk mendokumentasikan hal-hal yang tidak seharusnya.
  4. Pentingnya mengutamakan adab di atas ilmu pengetahuan untuk menjadi siswa yang lebih baik dan senantiasa mengingat akan guru-gurunya sebagai bukti perlikau yang baik walupun telah menyelesaikan pendidikan nantinya.

Wassalamu'alaikum.wr.wb

 

 

Pembina Upacara  : Eko Sanyoto, S.Pd. (Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Martapura)

Hari, Tanggal        :  Senin, 18 Juli 2022

 

Assalamualaikum wr.wb.

Bapak ibu dewan guru serta staf tata administrasi yang saya hormati. Peserta didik sekalian yang berbahagia.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada allah SWT, karena atas rahmat hidayah dan karuniaNya sehingga pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan upacara bendera sekaligus peringatan hari pahlawan. Shalawat dan salam tak lupa kita haturkan pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, keluarga sahabat dan pengikut beliau sejak dulu hingga akhir zaman.

Bapak ibu serta peserta didik sekalian yang berbahagia.

Adapun isi amanat:

  1. Ucapan selamat datang kepada seluruh warga sekolah baik tenaga pendidik, tenaga kependidikan juga seluruh peserta didik, terutama peserta didik kelas X yang baru untuk memulai kegiatan tahun pelajaran 2022/2023
  2. Penyampaian tentang pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah untuk peserta didik baru agar lebih mengenal dan memahami kondisi dan kegiatan di sekolah.
  3. Pentingnya mematuhi tata tertib sekolah sebagai implementasi kedisiplinan.
  4. Pentingnya keseragaman dan penggunaan atribut sekolah sebagaimana telah diatur dalam ketentuan tata tertib sekolah.
  5. Siswa wajib menjaga dan mematuhi aturan mengenai penampilan seperti rambut yg rapi, aksesori tidak berlebihan baik laki-laki maupun perempuan.
  6. Sekolah senantiasa memberikan dukungan dan fasilitas serta motivasi meraih Prestasi berbagai bidang omba sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas dan potensi bakat dan pengetahuan diluar bidang akademis siswa.

Demikianlah isi amanat yang disampaikan oleh pembina upacara.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

 

Pembina Upacara  : Mohammad Farid Amrullah,M.M.Pd. (Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan)

Hari, Tanggal        :  Senin, 30 Mei 2022

 

Assalamualaikum wr.wb.

Bapak ibu dewan guru serta staf tata administrasi yang saya hormati. Peserta didik sekalian yang berbahagia.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada allah SWT, karena atas rahmat hidayah dan karuniaNya sehingga pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan upacara bendera sekaligus peringatan hari pahlawan. Shalawat dan salam tak lupa kita haturkan pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, keluarga sahabat dan pengikut beliau sejak dulu hingga akhir zaman.

Bapak ibu serta peserta didik sekalian yang berbahagia.

Adapun isi amanat:

  1. Jadwal petugas upacara akan ditetapkan secara bergantian mulai tahun ajaran baru 2022.2023
  2. Pelaksanaa PAT penting untuk menentukan kenaikan kelas dan untuk menunjang persiapan seleksi SNMPTN
  3. Pentingnya mematuhi tata tertib sekolah sebagai implementasi kedisiplinan.
  4. Pentingnya keseragaman dan penggunaan atribut sekolah sebagaimana telah diatur dalam ketentuan tata tertib sekolah.
  5. Siswa wajib menjaga dan mematuhi aturan mengenai penampilan seperti rambut yg rapi, aksesori tidak berlebihan baik laki-laki maupun perempuan.
  6. Sekolah senantiasa memberikan dukungan dan rasilitas serta motivasi meraih Prestasi berbagai bidang omba sebagai sarana untuk meningkatkan kualitas dan potensi bakat dan pengetahuan diluar bidang akademis siswa.

Demikianlah isi amanat yang disampaikan oleh pembina upacara.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

 

Pembina Upacara  : Eko Sanyoto, S.Pd. (Kepala Sekolah)

Hari, Tanggal        :  Senin, 23 Mei 2022

 

Assalamualaikum wr.wb.

Bapak ibu dewan guru serta staf tata administrasi yang saya hormati. Peserta didik sekalian yang berbahagia.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada allah SWT, karena atas rahmat hidayah dan karuniaNya sehingga pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan upacara bendera sekaligus peringatan hari pahlawan. Shalawat dan salam tak lupa kita haturkan pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, keluarga sahabat dan pengikut beliau sejak dulu hingga akhir zaman.

Bapak ibu serta peserta didik sekalian yang berbahagia.

Adapun isi amanat:

  1. Mengucapkan rasa Syukur dan  ucapan terima kasih kepada seluruh warga sekolah sehingga bisa menyelenggarakan kegiatan belajar Mengajar (100%) secara tatap muka langsung, dan dihimbau kepada seluruh siswa agar senantiasa mematuhi Protokol kesehatan untuk mengptimalkan kegiatan KBM, dan juga diharapkan kerjasama serta sinergi dari Guru dan siswa untuk mendukung kegiatan KBM secara langsung.
  2. Seluruh siswa agar mematuhi tata tertib sekolah tertutama kehadiran sesuai jadwal dan tidak terlambat, sudah berada dilingkungan sekolah sebelum KBM dimulai.
  3. Sehubungan kantin belum siap melayani kebutuhan warga sekolah, maka diharapkan seluruh siswa agar membawa bekal sendiri dari rumah.
  4. Seluruh siswa diharapkan agar dapat berkonsentrasi menyongsong pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun sebagai salah satu syarat kenaikan kelas dan hasil penilaian tersebut menjadi bagian dari persiapan mengikuti SNMPTN pada saat ingin melanjutkan Pendidikan ke jenjang lanjutan.

Demikianlah isi amanat yang disampaikan oleh pembina upacara.

Wassalamualaikum wr. wb.

 

 

Pembina Upacara  : Tupan, M.Pd. (Kepala Sekolah)

Hari, Tanggal        :  Senin, 11 November 2019

 


 

Assalamualaikum wr.wb.

Bapak ibu dewan guru serta staf tata administrasi yang saya hormati. Peserta didik sekalian yang berbahagia.

Puji dan syukur marilah kita panjatkan kepada allah SWT, karena atas rahmat hidayah dan karuniaNya sehingga pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan upacara bendera sekaligus peringatan hari pahlawan. Shalawat dan salam tak lupa kita haturkan pada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, keluarga sahabat dan pengikut beliau sejak dulu hingga akhir zaman.

Bapak ibu serta peserta didik sekalian yang berbahagia.

Adapun isi amanat:

  1. Ucapan terima kasih kepada seluruh petugas upacara yang telah menjalankan tugasnya dengan baik.
  2. Dalam rangka memperingati hari pahlawan pada hari ini, diharapkan kita dapat mengambil hikmahnya, dimana dahulu mereka berjuang untuk merebut kemerdekaan dan mempertahankan negara Republik Indonesia, sehingga kemerdekaan ini dapat kita peroleh dan nikmati. Maka sekarang tugas kita perlu mewarisi nilai-nilai perjuangan mereka dengan mengisinya dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat. Karena kalianlah nantinya yang akan menerima estafet tanggungjawab mempertahankan negara Republik Indonesia ini.
  3. Jadilah pemuda-pemudi yang bisa diandalkan dengan segala kreatifitas dan inovasi untuk pembangunan berkelanjutan. Agar masa depan negara kita tercinta menjadi lebih baik.
  4. Hindarilah hal-hal yang bisa merusak jiwa raga dan pikiran kalian, seperti berita-berita hoax, narkoba dan pergaulan bebas. Carilah kegiatan yang bermanfaat dan bisa mengembangkan bakat serta kreatifitas.
  5. Bentengilah diri kalian dengan keimanan dan ketakwaan.
  6. Bijaklah dalam menghadapi globalisasi ekonomi dan informasi sekarang ini.
  7. Jadilah pemuda yang baik, berkarakter, berkompetensi dan literat serta berwawasan luas.

Demikianlah isi amanat yang disampaikan oleh pembina upacara.

Wassalamualaikum wr. wb.

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 754946
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 122
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 114
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 33
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 90
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 316
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 856
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6796
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2212
SMAMA

 

Membimbing