Berita Utama

PENYULUHAN KESEHATAN

Oleh Tim Puskesmas Martapura 2 dan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar

 

Pada hari Jumat, 17 Maret 2023, mulai pukul 07.30 s.d. 08.12 WITA, bertempat di halaman SMA Negeri 1 Martapura, telah berlangsung penyuluhan kesehatan untuk para siswa, khususnya kelas X dan XI, adapun kelas XII masih dalam kegiatan Ujian Praktek dalam rangka Ujian Sekolah Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kegiatan diawali sambutan oleh Bapak Eko Sanyoto, S.Pd. selaku kepala SMA Negeri 1 Martapura. Pesan beliau, bahwa kesehatan adalah faktor penting dalam kehidupan, sebagai siswa atau individu untuk dapat belajar dan bekerja optimal. Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) penting ditanamkan sedini mungkin. Sekolah tidak hanya mengelola Kegiatan Belajar dan Mengajar, namun juga kesehatan sebagai salah satu faktor penting, di samping faktor-faktor lainnya. Untuk menunjang misi ini, maka sekolah menjalin kemitraan dengan berbagai lembaga atau instansi dalam rangka memberikan dan melengkapi layanan pendidikan di sekolah, seperti dengan dinas kesehatan, balai lingkungan hidup, kepolisian, dinas pemuda dan olah raga, kesbangpol, dan lainnya. Secara khsusus Beliau meminta agar semua siswa memperhatikan secara seksama penjelasan yang diberikan oleh tim kesehatan Puskesmas Martapura 2, selanjutnya mempraktekkannya dalam kehidupan.

Tim kesehatan Puskesmas Martapura 2, menyampaikan tiga hal utama:

1. Mekanisme kegiatan pemeriksaan hemaglobin (HB),  screening dan konsultasi kesehatan yang ditujukan kepada siswa wanita. Rencana minum tablet tambah darah dan membawa serta santap makan bersama dengan prinsip "isi piringku bergizi seimbang". Adapun jadwal kegiatannya:

Kelas X dan XI akan di adakan kegiatan pengecekan HB(hemoglobin) secara bertahap dengan membawa Fotocopy Kartu Keluarga yang akan dilaksanakan di aula atau di ruang kelas XII dengan jadwal sebagai berikut :
- Jum'at, 17 Maret 2023 : Kelas X-1 s/d X-4
- Senin, 20 Maret 2023 : Kelas X-5 s/d XI-2
- Selasa, 21 Maret : Kelas XI-3 s/d XI-9

2. Budaya makan dengan prinsip "Isi Piringku Bergizi Seimbang"

Terkait ini, diharapkan kepada seluruh Siswi Kelas X,dan XI untuk membawa Tablet Tambah Darah setiap hari Jum'at untuk meminum bersama-sama di Sekolah dan di harapkan sebelum meminum Tablet Tambah Darah agar sarapan pagi terlebih dahulu dan  membawa minum sendiri

Selanjutnya pada hari yang ditentukan, yakni hari Senin, 20 Maret 2023 seluruh siswa diminta membawa makan dari rumah masing-masing.  Makan yang dibawa diupayakan lengkap komposisinya, memenuhi prinsip bergizi seimbang. Bahan makanan yang dibawa tidak harus mahal, sayurnya bisa dari memetik di kebun, pekarangan rumah sendiri.

 

3. Pentingnya kenormalan hemoglobin darah. Kadar hemoglobin normal dalam tubuh penting untuk selalu dijaga agar protein tersebut dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Berikut merupakan fungsi hemoglobin bagi tubuh.

Sumber:

Mengenal Kadar Normal Hemoglobin dan Fungsinya dalam Tubuh

  • Kadar hemoglobin normal pada bayi baru lahir: 10-14 gram/dL.
  • Kadar hemoglobin normal pada anak: 9-14 gram/dL.
  • Kadar hemoglobin normal pada remaja: 10-15 gram/dL.
  • Kadar hemoglobin normal pada pria dewasa: 13-17 gram/dL.
  • Kadar hemoglobin normal pada wanita dewasa: 12-15 gram/dL.
  • Kadar hemoglobin normal pada wanita hamil: di atas 11 gram/dL.

Baca selanjutnya baca klik

 

Kegiatan berlanjut ke aula sekolah untuk kegiatan screemning kesehatan fisik dan psikis, serta pengecekan HB(hemoglobin)

Semoga PHBS dapat menjadi kultur warga sekolah, para siswa khususnya sehingga, menunjang berbagai aktivitas belajar dan bekerja.

 

 
Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 774202
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 148
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 123
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 34
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 96
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 447
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 942
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6864
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2324
SMAMA

 

Membimbing