Berita Utama

PROFIL SEKOLAH

 

 

  1. SEJARAH SINGKAT

SMAN 1 Martapura berdiri pada tanggal 14 september 1974 dengan Nama SMA Martapura, pada tanggal 19 Nopember 1978  beralih status menjadi Sekolah Negeri dengan nama SMA Negeri Martapura, Kemudian pada 7 Maret 1997 berganti Nama menjadi Sekolah Menengah Umum Negeri 1 Martapura atau SMU Negeri 1 Martapura dan pada tahun 2004 berubah nama lagi menjadi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Martapura atau SMAN 1 Martapura, SMAN 1 Martapura berada di pusat Ibukota Kabupaten Banjar yaitu beralamat di Jalan Ahmad Yani N0.59A,  Keraton,  Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan. SMAN 1 Martapura berdiri di atas lahan 7.910 M2.

Pada tahun 2007 SMAN 1 Martapura mendapat kepercayaan  dari pemerintah menjadi Sekolah Rintisan Bertarap Internasional (RSBI). Pada tahun 2010 SMA Negeri 1 Martapura juga memperoleh sertifikat ISO 9001: 2008 dari Lembaga Sertifikasi Sistem Mutu dan berhasil mempertahankan pengakuan kelayakan penyandang sertifikat ISO untuk tahun 2011. Dengan adanya kebijakan baru KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN, pada tahun 2013 tentang penghapusan RSBI maka SMA Negeri 1 Martapura kembali ke status sekolah biasa.

Pada tahun 2015 SMAN1 Martapura Mendapat Penghargaan dari Presisen RI sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri Nasional, Pada tahun 2015 juga mendapat Penghragaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI  sebagai Sekolah Berintegritas dalam penyelenggaraan Ujian Nasional, dengan Indek Integritas 94,15.

Pada tahun 2019 ini SMAN 1 Martapura mendapat kesempatan menjadi SMA Zonasi.

SMAN 1 Martapura sekarang telah berumur 45 tahun dengan 8 kali pergantian Kepala Sekolah

  1. Suparni BA, Kepala Sekolah periode 1974 sampai dengan 1987
  2. H. Udin Nasufi kepala sekolah periode 1987 sampai dengan 1994
  3. Hafizuddin, BA Kepala Sekolah Periode 1994 sampai dengan 1996
  4. H. Abdul Wahid Fahmi Kepala Sekolah Periode 1996 sampai dengan 1999
  5. Hj.Nani Retno N Kepala Sekolah Periode 1999 sampai dengan 2000
  6. H. Zainuddin Rasyid,MM. Kepala Sekolah Periode 2000 sampai dengan 2003
  7. H. Busra Kepala Sekolah Periode 2003 sampai dengan 2014
  8. Tupan ,M.Pd Kepala Sekolah Periode 2014 sampai dengan 2020
  9. Eko Sanyoto, S.Pd. Kepala Sekolah Periode 2020 sampai dengan sekarang

Pada usia ke-45 ini SMAN 1 Martapura telah memiliki fasilitas penunjang belajar yang cukup memadai  memiliki : 28 Ruang Kelas , 1.Lab. Fisika ,1 Kimia,1 Biologi . 4 Lab Komputer (TIK), 3 Ruang Perpustakaan, 1 Lab Multimedia, UKS, Kantin, Aula, dan penunjang lain.

Prestasi akademik maupun  Non Akademik juga sudah banyak diraih oleh SMAN 1 Martapura pada usia yang ke- 45 ini.

 

VISI, MISI , TUJUAN SEKOLAH

 

Visi  Sekolah

Berakhlak mulia, bermutu, berbudaya, peduli lingkungan, dan berwawasan global

 

Misi Sekolah

Sekolah membuat misi sekolah seperti tercantum berikut ini sebagai program jangka pendek dan menengah, dan minimal telah dapat dicapai pada tahun ajaran 2023/2024.

  1. Mewujudkan suasana sekolah yang berkarakter dan mengamalkan ajaran agama.
  2. Mewujudkan tatanan kehidupan sekolah yang mencerminkan akhlakul karimah.
  3. Mewujudkan layanan pendidikan yang berorientasi pada mutu  dan berdaya saing.
  4. Mewujudkan kegiatan pembelajaran yang inovatif, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif, dengan tetap menjunjung tinggi karakter dan budaya bangsa, serta berbasis teknologi.
  5. Melaksanakan asesmen pembelajaran yang autentik dan sesuai dengan kondisi siswa.
  6. Meningkatkan jumlah peserta didik yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
  7. Mewujudkan budaya sekolah yang menunjang iklim keamanan sekolah, berkebinekaan global, dan inklusivitas.
  8. Melaksanakan kegiatan pembiasaan yang menunjang pendidikan karakter, berbasis literasi/numerasi, religius, adiwiyata, dan kesehatan jasmani.
  9. Mengangkat dan menerapkan budaya/kearifan lokal. 
  10. Mewujudkan kepekaan sosial untuk turut serta mencegah dan mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
  11. Mewujudkan kepedulian sekolah terhadap kelestarian lingkungan yang ramah dan rindang.
  12. Mengelola dan memanfaatkan lingkungan untuk menunjang kegiatan sekolah dan kehidupan secara umum.
  13. Menguatkan penguasaan bahasa Indonesia dan asing sebagai sarana meningkatkan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).
  14. Meningkatkan kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi serta tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
  15. Meningkatkan kemampuan menggali informasi atau sumber belajar secara global.
  16. Menjalin kemitraan/relasi dengan lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga lainnya baik dalam maupun luar negeri untuk mendapatkan akses pendidikan yang lebih luas. 

 

Tujuan Sekolah

  1. Terwujudnya suasana sekolah yang berkarakter, mengamalkan ajaran agama, dan tatanan kehidupan sekolah yang mencerminkan akhlakul karimah.
  2. Terwujudnya layanan pendidikan yang berorientasi pada mutu dan daya saing serta pembelajaran yang inovatif, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif, berbasis teknologi dengan tetap menjunjung tinggi karakter dan budaya bangsa.
  3. Terlaksananya asesmen pembelajaran yang autentik dan sesuai dengan kondisi siswa.
  4. Meningkatnya jumlah peserta didik yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.
  5. Terwujudnya budaya sekolah yang menunjang iklim keamanan sekolah, berkebinekaan global, inklusivitas serta kegiatan pembiasaan yang menunjang pendidikan karakter, berbasis literasi/numerasi, religius, adiwiyata, dan kesehatan jasmani.
  6. Melestarikan budaya/kearifan lokal.
  7. Terciptanya kondisi yang baik bagi sekolah sebagai tempat pendidikan dan penyadaran warga sekolah agar turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan, pelestarian dan pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.
  8. Meningkatkan penguasaan bahasa Indonesia dan asing sebagai sarana meningkatkan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi serta tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
  9. Meningkatkan kemampuan menggali informasi atau sumber belajar secara global dan terjalinnya kemitraan/relasi dengan lembaga pendidikan dan lembaga lainnya baik dalam maupun luar negeri untuk mendapatkan akses pendidikan yang lebih luas.

 

Agar lebih rinci dan skematis hubungannya, maka disajikan tabel berikut:

Tabel 

Hubungan  Visi, Misi dan Tujuan Sekolah

Visi

Misi dan Tujuan

Berakhlak Mulia

Misi

  1. Mewujudkan suasana sekolah yang berkarakter dan mengamalkan ajaran agama.
  2. Mewujudkan tatanan kehidupan sekolah yang mencerminkan akhlakul karimah.

Tujuan

Terwujudnya suasana sekolah yang berkarakter, mengamalkan ajaran agama,  dan tatanan kehidupan sekolah yang mencerminkan akhlakul karimah.

Bermutu

Misi

  1. Mewujudkan layanan pendidikan yang berorientasi pada mutu  dan berdaya saing.
  2. Mewujudkan kegiatan pembelajaran yang inovatif, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif berbasis teknologi dengan tetap menjunjung tinggi karakter dan budaya bangsa.
  3. Melaksanakan asesmen pembelajaran yang autentik sesuai dengan kondisi siswa.
  4. Meningkatkan jumlah peserta didik yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Tujuan

  1. Terwujudnya layanan pendidikan yang berorientasi pada mutu dan daya saing serta pembelajaran yang inovatif, berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif, berbasis teknologi dengan tetap menjunjung tinggi karakter dan budaya bangsa.
  2. Terlaksananya asesmen pembelajaran  yang autentik dan sesuai dengan kondisi siswa.
  3. Meningkatnya jumlah peserta didik yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Berbudaya

Misi

  1. Mewujudkan budaya sekolah yang menunjang iklim keamanan sekolah, berkebinekaan global, dan inklusivitas.
  2. Melaksanakan kegiatan pembiasaan yang menunjang pendidikan karakter, berbasis literasi/numerasi, religius, adiwiyata, dan kesehatan jasmani.
  3. Mengangkat dan menerapkan budaya/kearifan lokal.

Tujuan

  1. Terwujudnya budaya sekolah yang menunjang iklim keamanan sekolah, berkebinekaan global, inklusivitas serta kegiatan pembiasaan yang menunjang pendidikan karakter, berbasis literasi/numerasi, religius, adiwiyata, dan kesehatan jasmani.
  2. Melestarikan  budaya/kearifan lokal.

Peduli lingkungan

Misi

  1. Mewujudkan kepekaan sosial untuk turut serta mencegah dan mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
  2. Mewujudkan kepedulian sekolah terhadap kelestarian lingkungan yang ramah dan rindang.
  3. Mengelola dan memanfaatkan lingkungan untuk menunjang kegiatan sekolah dan kehidupan secara umum.

Tujuan

Terciptanya kondisi yang baik bagi sekolah sebagai tempat pendidikan dan penyadaran warga sekolah agar  turut bertanggung jawab dalam upaya-upaya penyelamatan, kelestarian dan pemanfaatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

dan Berwawasan global

Misi

  1. Menguatkan penguasaan bahasa Indonesia dan asing sebagai sarana meningkatkan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).
  2. Meningkatkan kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi serta tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
  3. Meningkatkan kemampuan menggali informasi atau sumber belajar secara global.
  4. Menjalin kemitraan/relasi dengan lembaga pendidikan dan lembaga lainnya, baik dalam maupun luar negeri untuk mendapatkan akses pendidikan, informasi dan kemitraan yang lebih luas.

Tujuan

  1. Meningkatnya penguasaan bahasa Indonesia dan asing sebagai sarana peningkatan kompetensi ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek), kemampuan komunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama, dan refleksi serta tanggung jawab terhadap pengalaman kebinekaan.
  2. Meningkatnya kemampuan menggali informasi atau sumber belajar secara global dan terjalinnya kemitraan/relasi dengan lembaga pendidikan dan lembaga lainnya, baik dalam maupun luar negeri untuk mendapatkan akses pendidikan dan kemitraan yang lebih luas.




DATA UMUM /IDENTITAS SEKOLAH

  1. Nama Sekolah                                        : SMAN 1 Martapura
  2. Nama Awal Berdiri                                  : SMAN 1 Martapura
  3. Tahun Berdiri                                          : 14 September 1974
  4. Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)     : 30300239
  5. Nomor Statistik Sekolah (NSS)                  : 30115010100A
  6. Alamat Sekolah:
  1. Jalan : A.Yani No.59A Keraton Martapura
  2. Kecamatan : Martapura Kota
  3. Kabupaten : Banjar
  4. Provinsi : Kalimantan Selatan
  5. Kode POS : 70614
  6. Telpon : (0511) – 4721272
  7. Fax : (0511) – 4720330
  8. E-mail             : This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  9. Web : sman1mtp.sch.id
  1. Status Sekolah : Negeri
  2. Nama Bank Sekolah : Bank BPD Kalsel cabang Martapura
  3. Rek. : 00.591.943.6 – 732.
  4. No Akte Pendirian Kelembagaan : 050/062/Prog.
  5. Luas Tanah Sekolah : 7.910 M2
  6. Luas Bangunan : 4.574 M2
  7. Luas Ruang Kelas : 72 M2
  8. Ukuran Ventilasi : 21 M2
  9. Status Tanah : Hak Pakai
  10. Status Bangunan : Milik Sekolah
  11. Nomor Sertifikat Tanah : 17.02.04.05.4.00015
  12. Status akreditasi / Tahun :  A (96)/ Unggul / 2017

 

PROFIL KEPALA SEKOLAH

  1. Nama Kepala Sekolah : Eko Sanyoto, S.Pd.
  2. Tempat,Tanggal Lahir : Yogyakarta, 18 Desember 1969
  3. NIP : 196912181994011001
  4. Pangkat/Gol : Pembina / IV.A
  5. Alamat : Komp. Citra Permata biru Blok VI No.5g Rt.4 Rw.4, Sekumpul, Martapura, Banjar, Kalimantan Selatan
  6. Agama : Islam
  7. Pendidikan :
    1. SDBOPKRI DEMANGAN II Yogyakarta : 1983
    2. SMPN 8 yogyakarta : 1986
    3. SMA Marsudi Luhur : 1989
    4. D3-FMIPA UGM : 1993
    5. S1-Pendidikan Kimia UT : 1998

FASILITAS SEKOLAH

Pendukung utama untuk menunjang kegiatan pembelajaran di sekolah

 

EKSTRAKURIKULER

Media untuk mengasah bakat dan mempertajam kompetensi khusus siswa melalui kelgiatan ekstrakurikuler

 

PROGRAM UNGGULAN

Membimbing potensi siswa secara mendalam oleh pakar di bidangnya untuk menghadapi tantangan global

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 772177
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 144
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 123
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 34
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 96
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 433
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 917
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6853
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2311
SMAMA

 

Membimbing