Peran guru di berbagi bidang telah diakui efektifitasnya dalam mencetak generasi penerus bangsa. Guru telah lama melakukan tugasnya sebagai pembimbing, pengajar, dan pendidik bagi peserta didik. Dokter, hakim, polisi, tentara, youtuber, entertainer, pengusaha, dan berbagai macam profesi diantarkan pada pintu gerbang perguruan tinggi. Tidak terkecuali atlet-atlet yang mengharumkan nama bangsa. Pembahasan mengenai atlet tentu tidak luput dari berbagai persoalan dunia olahraga. Sistem pembinaan yang belum terarah, lemahnya kualitas sumber daya manusia, peran lembaga pendidikan tinggi olahraga yang belum optimal, dan peran lembaga penelitian dan pengembangan olahraga yang belum maksimal perannya termasuk beberapa persoalan yang harus dientaskan.

Pendidikan jasmani dan pembinaan olahraga memiliki peran vital dan strategis untuk menentukan prestasi di dunia olahraga. Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang menggunakan aktivitas fisik sebagai media dalam mencapai tujuan pendidikan. Aktivitas fisik akan berhasil apabila dilakukan dengan prinsip yang benar, memiliki isi, strategi yang tepat, dan dilakukan evaluasi secara tepat. Keberhasilan tersebut akan lebih tinggi apabila dilakukan selaras dengan teori belajar gerak yang meliputi kognisi, asosiasi, dan otomatisasi.

Olahraga dalam kurikulum pendidikan mengarah pada penjaga keseimbangan, menjaga kesehatan mental peserta didik. Pendidikan jasmani memiliki kontribusi yang unik yaitu, sebagai stress release setelah kepenatan dari mata pelajaran lain. Herman Subarjah, Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia mengungkapkan pembinaan olahraga di Indonesia masih perlu ditingkatkan dan dikembangkan. Partisipasi dalam olahraga dapat membantu siswa menjadi lebih terampil, lebih sadar akan fair play, dan mampu menunjang sikap dalam suatu kelompok.

Peran guru olahraga harus diperkuat untuk membentuk atlet-atlet berbakat yang diharapkan mampu mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Oleh karena itu, penguatan kebijakan dan infrastruktur kelembagaan mulai dari pemerintah, LPTK, sekolah, dan organisasi profesi perlu dilakukan. Diawali dengan cara pandang masyarakat umum mengenai olahraga dan pelajaran olahraga. Pelajaran olahraga atau pendidikan jasmani seyogyanya dipandang sebagai suatu entitas yang tidak terpisahkan dari kurikulum pendidikan sebagai penyeimbang ilmu pengetahuan.

Pendidikan jasmani punya peran strategis dalam membentuk kebugaran jasmani peserta didik. Peran ini berhilir pada pembentukan atlet-atlet pada masa mendatang. Berbagai kejuaraan olahraga dunia seperti Piala Dunia, Olimpiade, Piala Dunia Kriket, Super Bowl, Wimbledon, Tour de France dan berbagai kejuaraan tingkat internasional dan nasional menunggu atlet-atlet muda berbakat untuk berlaga. Oleh karena itu, sebagai institusi pendidikan, sekolah perlu mempersiapkan generasi penerus.

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 740219
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 113
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 107
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 32
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 85
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 212
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 822
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6766
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2154
SMAMA

 

Membimbing

Untuk informasi siswa melanjutkan studi ke jenjang perguruan tinggi, maka disediakan portal ini.

Data Perguruan Tinggi atau cara Masuk Perguruan Tinggi yang dapat ditempuh:

1. SNMPTN

2. SBMPTN

3. Mandiri

Beberapa tawaran menarik

 

Prestasi Pramuka

 

PMB Universitas Negeri Yogyakarta