Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan adalah studi dan etika praktik untuk memfasilitasi dan meningkatkan kinerja belajar. Studi dan etika praktik tersebut dapat melalui penciptaan, penggunaan, pengaturan proses, dan sumber daya teknologi.

Teknologi Pendidikan merupakan perpaduan dari unsur manusia, mesin, ide, prosedur, dan pengelolaannya. Teknologi Pendidikan bersifat abstrak. Dalam hal ini Teknologi Pendidikan bisa dipahami sebagai sesuatu proses yang kompleks, dan terpadu yang melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan, melaksanakan, menilai, mengelola pemecahan masalah yang mencakup semua aspek belajar manusia.

Teknologi Pendidikan juga merupakan suatu cara yang sistematis dalam mendesain, melaksanakan, dan mengevaluasi proses keseluruhan dari belajar dan pembelajaran dalam betuk tujuan pembelajaran yang spesifik, berdasarkan penelitian dalam teori belajar dan komunikasi pada manusia dan menggunakan kombinasi sumber-sumber belajar dari manusia maupun non-manusia untuk membuat pembelajaran lebih efektif.

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_pendidikan

SMA Negeri 1 Martapura secara bertahap berusaha meningkatkan SDM tenaga pendidik dan kependidikan. Berikut ini dihimpunkan sejumlah litetarur terkait, dengan harapan dapat membantu SDM sekolah untuk mendapatkan informasi dalam rangka meningkatkan kompetensi di bidang teknologi pendidikan. Layanan pendidikan terus ditingkatkan dengan penerapkan teknologi pendidikan yang mutakhir, sehingga diharapkan menghasilkan mutu lulusan yang berkualitas.

 

A. Lengkapi Google Workspace for Eductioan dengan  Canva

Canva: Graphic Design & Video on the App Store

Melalui program Kemdikbud dengan pemberian akun belajar.id kepada seluruh guru jenjang SD, SMP, SMA,  SMK dan SLB, maka akun belajar ini bisa dimanfaatkan untuk membuat media pembelajaran yang bervariatif. Salah satu pemanfaatan akun belajar.id, yaitu bisa dimanfaatkan untuk mendaftar pada platform Canva For Education.

Canva adalah platform berbasis web yang bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai desain menarik. Berdasarkan info pada web canva for education, berikut kelebihan jika kita telah mendapatkan akunnya yaitu:

  1. Lebih dari 420.000 template
  2. Lebih dari 75 juta foto stok, video, dan grafis premium yang dapat digunakan secara gratis
  3. Lebih dari 3.000 font
  4. Publikasikan tugas dan aktivitas untuk siswa Kamu
  5. Akses konten Kamu dari Google Drive, Dropbox, dan Folder
  6. Buat desain Kamu menarik dengan Bitmoji, Giphy, dan YouTube
  7. Bagikan desain Kamu melalui Google Classroom, Microsoft Teams, dan

Selengkapnya

Info Pelatihan Canva:

Youtube Tutorial:

CARA MEMBUAT DESAIN FLYER MENARIK DENGAN CANVA

CARA MEMBUAT VIDEO PEMBELAJARAN DI CANVA

 

🚀WORKSHOP CANVA DESAIN GRAFIS
👨‍💻Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kota Manado membuka kesempatan bagi sahabat semua yang ingin belajar lebih detail pemanfaatan Canva sebagai aplikasi desain dengan menghadirkan pakar desain grafis diantaranya :
Kelik Yan Perdana (DRB Jateng 2019)
Noval Abdillah (DRB Jatim 2019)
Silahkan daftarkan dirimu pada link berikut : http://bit.ly/igicanvaexpert-3
📢📢 Catat Waktunya 📢📢
⏰ 13.00 s.d.14.30 WIB
🗓️ 2 s.d.4 September 2021
Fasilitas :
E-Sertifikat 32 JP
Template
Ilmu Yang Bermanfaat
Akan banyak keseruan dan hal menarik yang akan anda temukan, segera bergabung… Kuota Terbatas

 

B. Mengganti Latar Photo

Aplikasi Online untuk mengatasi permasasalahan mengganti latar foto
Remove background foto anda: https://www.remove.bg/upload

C. Membuat Twibbon

Halo peserta Diklat Guru Produktif 2021! Yuk ikut ramaikan pemakaian twibbon berikut sebagai bentuk partisipasi kita dalam DIKLAT GURU PRODUKTIF PEMBELAJARAN MAKIN INTERAKTIF 40JP pada tanggal 27-31 Agustus 2021. Jangan lupa untuk share dan ajak teman yang lain untuk bergabung!

Yuk bikin twibbon melalui link dibawah!
https://twb.nz/guruproduktif
https://twb.nz/guruproduktif
https://twb.nz/guruproduktif

Link daftar : bit.ly/GuruProduktif40JP

Guru tetap belajar walaupun sudah mengajar

D. Google Workspace For Education (GWE)

1. GWE 1

Webinar Pemanfaatan Akun Pembelajaran melalui Google Web Based

 https://www.youtube.com/watch?v=DDH4aUR03zM

 1. GWE 2

Ada pepatah kuno yang mengatakan bahwa tak kenal maka tak sayang. Lalu kalau sudah kenal harus apa? Bumbui dengan pengertian, pemahaman, dan dalami lebih jauh agar semakin menyatu dalam diri.

Apa hubungannya dengan Google Workspace for Educatiion?

Ada dong...kalau sudah pernah mengikuti pelatihan GWE pasti makin penasaran apa saja sih yang bisa dikoyak-koyak lagi dari akun belajar.id? Sayang kan Pemerintah sudah berbaik hati memberi akun gratis rasa pro, terus kita cuekin begitu saja? Berasa ngasih perhatian tapi tak dianggap hehe...

Ayo ikut lanjutan diklat bersama LPMP Kalimantan Selatan dan Pendidik Bersertifikat Google tentang “Optimalisasi Google Workspace for Education” yang akan mengupas lebih dalam penggunaan akun pembelajaran sebagai salah satu pendukung tugas guru.

Mari bergabung melalui link https://bit.ly/GWE_L2_LPMP_KalSel

Teknologi hanyalah alat. Namun, untuk menjadikan anak-anak bisa saling bekerjasama dan termotivasi, guru adalah yang paling penting (Bill Gates)

 

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 738796
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 111
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 105
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 32
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 85
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 205
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 819
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6760
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2145
SMAMA

 

Membimbing