Berita Utama

ADAPTASI GURU TERHADAP KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN PERUBAHAN ZAMAN

Karya: Norbaiti Ilhamiah, S.Pd.

Kemajuan teknologi memunculkan berbagai dampak pada manusia. Sebagai pengguna teknologi tersebut manusia adalah satu entitas yang kompleks, apalagi satu komunitas, dan lebih lagi jika berbagai komunitas. Semakin kompleks manusia, maka semakin banyak masalah yang muncul. Kemajuan ini membawa kehidupan manusia pada kemajuan beradaban pula. Namun, semakin kompleks sesuatu maka akan semakin banyak pula permasalahnnya.   Permasalahan   yang   muncul   akibat   dari kemajuan teknologi di antaranya krisis ekonomi global, pemanasan global, terorisme, rasisme, penyalahgunaan narkoba, perdagangan manusia, mengaburnya kebudayaan, krisis iklim, dan masih banyak lagi masalah lain.

Peradaban manusia dewasa ini adalah buah dari konsep kebudayaan yang dirancang oleh pemikir-pemikir zaman dahulu. Hal ini sangat berkaitan dengan lembaga pendidikan, dengan berbagai bentuk. Jika lembaga pendidikan diberi konteks  zaman  sekarang, maka yang terlintas dalam benak kita semua tentu pendidikan formal seperti sekolah-sekolah negeri atau swasta, serta kampus-kampus yang sekarang jumlahnya sudah sangat banyak di seluruh Indonesia. Berkaitan dengan hal ini, pendidikan dapat dikatakan sebagai solusi dari masalah yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi. Hal ini bukan tanpa sebab, pendidikan dianggap lebih mampu untuk membentuk manusia saat ini. Namun, manusia dapat dibentuk dengan mudah oleh lembaga pendidikan. Hal ini dapat dimasukan pada pengecualian jika terjadi.

Guru sebagai roda penggerak lembaga pendidikan memiliki peran paling vital pada konteks membentuk manusia, dalam hal ini siswa. Oleh karena itu, peran guru akan memberi dampak besar pada pembentukan karakter setiap individu yang mengenyam pendidikan. Pada abad ini guru harus menghadapi masyarakat dengan beragam budaya. Hal ini mengharuskan guru memiliki kemampuan terhadap beragam budaya agar tidak salah mengerti. Selain itu, kurikulum sekarang memaksa guru memberi pembelajaran bermakna, aktif, berpandangan luas, serta kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh guru. Tugas ini menjadi semakin rumit ketika ihwal perut belum tuntas benar. Dengan semua permasalahan tersebut, peran vital ini menjadi rapuh dan diharuskan kuat oleh keadaan.

Profesionalitas guru dituntut untuk menghadapi tantangan kemajuan peradaban yang sangat kompleks. Dalam hal ini, guru harus memiliki kepribadian yang matang dan adaptif terhadap perkembangan, terampil dalam membangkitkan motivasi belajar siswa bahkan dengan perubahan zaman yang terjadi. Belum lagi mengenai keilmuan yang menjadi bidang guru yang bersangkutan, hal ini sudah selayaknya untuk dikuasai. Mengingat setiap persoalan yang muncul diakibatkan oleh kemajuan teknologi dan perubahan zaman, maka peran guru salah satunya adalah menyiapkan siswa untuk dapat beradaptasi, tetapi tidak melupakan kebudayaan yang membesarkannya.

Indonesia, sebagai negara dengan kebudayaan yang beragam tentu terdampak oleh kemajuan teknologi. Nilai-nilai kebudayaan yang bersinggungan dengan globalisasi harus disikapi dengan bijak oleh setiap warga negara Indonesia termasuk siswa yang sedang duduk di bangku pemdidikan.

Efek globalisasi yang bisa dilihat saat ini adalah kemerosotan moral anak, mengaburnya nilai- nilai kebudayaan, serta persoalan lain yang tidak kalah menarik untuk dibicarakan. Oleh karena itu, guru dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitasnya agar mutu pendidikan dapat membaik dan terus lebih baik dalam menghadapi tantangan zaman.

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 773689
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 144
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 123
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 34
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 96
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 440
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 935
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6855
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2317
SMAMA

 

Membimbing