Berita Utama

 

 

Bertempat di aula SMA Negeri 1 Martapura, telah dilaksanakan sosialisasi dari konsulat Jenderal Jepang untuk Indonesia di Surabaya. Pada kesempatan itu dihadiri oleh perwakilan siswa, dari OSIS, Ekstrakurikuler, dan khususnya dari kelas Peminatan Bahasa. Berkesempatan memberikan sambutan Bapak Eko Sanyoto, S.Pd selaku kepala SMA Negeri 1 Martapura. Momen sosialisasi ini amat penting untuk membuka wawasan dan memberikan inspirasi bagi siswa dan guru khususnya. 

Bapak Muchammad Zinuri atas nama konsulat, menjelaskan tentang beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang, dalam hal ini adalah beasiswa Monbukagakusho/ MEXT, dapat diakses melalui https://daftar.beasiswamext.com/. Program yang ditawarkan adalah beasiswa S-1, D-3, D-2, Teacher Training, dan Research student. Beliau juga menceritakan pengalaman dan testimoni selama mengenyam pendidikan di Jepang, dan hal ini juga ditambahkan oleh Bapak Akhmad Rizali salah satu Dosen Fakutas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat yang juga pernah mengenyam pendidikan S3 di Universitas Hokkaido Jepang, http://hokkaidouniv.com/mjsp/universitas-hokkaido.html. Beliau sebagai ketua Persada (Persatuan Alumni dari Jepang) Kalimantan Selatan menceritakan kesempatan tinggal dan sekolah di Jepang selama 3 tahun. 

Ibu Tsumura Moe sebagai Konsul muda bagian Informasi, kebudayaan pendidikan, menjelaskan tentang budaya dan kondisi geografis, lingkungan di Jepang. Serta cara menikmati budaya empat musim di negeri Sakura seperti  musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Di bagian akhir Ibu Tsumura memberikan quiz/pertanyaan seputar budaya di Jepang, siswa yang berhasil menjawab mendapat hadiah (reward). Kegiatan ini sangat menarik dan menginspirasi. 

Intinya, para siswa perlu menyiapkan diri dalam hal:

  1. Giat dan berprestasi belajar, khususnya mata-mata pelajaran yang bersesuaian dengan fakultas, jurusan dan program studi yang dipilih.
  2. Kompetensi Bahasa Inggris. Siswa harus mengasah kemampuan bahasa inggris baik percakapan maupun tertulis.
  3. Melakukan riset untuk menambah pemahaman tentang beasiswa yang akan didaftar, proaktif mencari informasi beasiswa sesuai dengan minat dan cita-cita serta berlatih menjawab soal- soal tes beasiswa.

 

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 760090
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 133
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 115
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 33
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 90
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 336
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 875
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6815
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2252
SMAMA

 

Membimbing