Berita Utama

 PARADIGMA OLAHRAGA TRADISONAL SEMAKIN BERKEMBANG DI MASYARAKAT

Penulis : Muhammad Yusuf Ridhani, S.Pd.

 

Martapura - Olahraga sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, dalam perkembangannya olahraga menjadi rutinitas oleh sebagian orang yang mempunyai pemikiran bahwa didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, oleh karena itu olahraga menjadi satu hal penting dalam kelangsungan hidup seseorang maka sangat sulit kita temuai bahwa seseorang yang hidup itu tidak pernah melakukan olahraga, karena dalam berjalan juga termasuk dalam bagian olahraga.

Beberapa tahun belakangan olahraga yang seyogyanya sudah lama ada muncul sebagai kegiatan baru yang berkembang dimasyarakat khususnya pelajar yaitu olahraga tradisonal, bagaimana rekam jejak olahraga ini sebenarnya sudah ada sejak lama, olahraga tradisonal yang dulunya hanya diperlombakan di tingkat rukun tetangga kini menjadi olahraga yang bahkan dipertandingan di tingkat Provinsi mapun sekala Nasional.

(sumber foto : https://www.idntimes.com/sport/arena/jcnd/olahraga-tradisional-asli-indonesia-c1c2?page=all)

 

Dalam perkembangannya olahraga tradisonal sudah mulai diakui oleh praktisi olahraga itu sendiri karena pada prakteknya olahraga tradisonal menjadi wadah baru bagi para pelajar untuk mengembangkan potensi keterampilannya baik keterampilan secara individu maupun kelompok.

keterampilan individu menyangkut perkembangan komponen dari kebugararan jasamani sedangkan keterampilan kelompok menyangkut sosial dalam berolahraga yang sifatnya akan membentuk sikap dalam rohani individu tersebut. Paradigma olahraga tradisional muncul karena bermacam faktor diantaranya meningkatnya pengaruh dari pada informasi sosial media sehingga seseorang secara naluri ingin membuat sesuatu yang baru dengan menggunakan sosial media sehingga berbagai macam jenis olahraga makin dikenal dan menjadi salah satu pilihan tepat di hati masyarakat.

(sumber foto : https://www.idntimes.com/sport/arena/jcnd/olahraga-tradisional-asli-indonesia-c1c2?page=all)

Perkembangan olahraga tradisonal menjadikan pola baru dalam olahraga masyarakat sehingga pilihan untuk memberikan wadah baru masyarakat dalam berkegiatan menjadikan lebih luas, terlebih olahraga tradisonal menjadikan olahraga yang mudah ditemui di kalangan masyarakat. olahraga ini juga termasuk dalam olahraga rekreasi, olahraga ini menjadi olahraga hiburan yang tetap mempengaruhi unsur kebugaran jasmani dan rohani selain olahrga yang menciptakan kesenangan juga menuntut memiliki sikap disiplin, sportif dan lainnya.

Berkat olahraga tradisonal yang kian mudah ditemukan sehingga memacu perhatian praktisi olahraga lain untuk semakin mengembangkan potensi olahraga tradisonal ini, dalam prakteknya juga banyak ditemukan kendala diantaranya sulitnya sarana prasarana dan alat penunjang olahraga tersebut, oleh karena itu harus ada perhatian khusus bagi komite atau organisasi juga pemerintah terkait untuk dapat menemukan solusi sehingga sarana prasarana dan alat dapat mudah di temui.

     

 

 

M.Yusuf Ridhani, S.Pd. 2021

 

 

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 773340
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 144
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 123
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 34
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 96
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 438
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 927
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6855
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2313
SMAMA

 

Membimbing