PARADIGMA OLAHRAGA TRADISONAL SEMAKIN BERKEMBANG DI MASYARAKAT

Penulis : Muhammad Yusuf Ridhani, S.Pd.

 

Martapura - Olahraga sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, dalam perkembangannya olahraga menjadi rutinitas oleh sebagian orang yang mempunyai pemikiran bahwa didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, oleh karena itu olahraga menjadi satu hal penting dalam kelangsungan hidup seseorang maka sangat sulit kita temuai bahwa seseorang yang hidup itu tidak pernah melakukan olahraga, karena dalam berjalan juga termasuk dalam bagian olahraga.

Beberapa tahun belakangan olahraga yang seyogyanya sudah lama ada muncul sebagai kegiatan baru yang berkembang dimasyarakat khususnya pelajar yaitu olahraga tradisonal, bagaimana rekam jejak olahraga ini sebenarnya sudah ada sejak lama, olahraga tradisonal yang dulunya hanya diperlombakan di tingkat rukun tetangga kini menjadi olahraga yang bahkan dipertandingan di tingkat Provinsi mapun sekala Nasional.

(sumber foto : https://www.idntimes.com/sport/arena/jcnd/olahraga-tradisional-asli-indonesia-c1c2?page=all)

 

Dalam perkembangannya olahraga tradisonal sudah mulai diakui oleh praktisi olahraga itu sendiri karena pada prakteknya olahraga tradisonal menjadi wadah baru bagi para pelajar untuk mengembangkan potensi keterampilannya baik keterampilan secara individu maupun kelompok.

keterampilan individu menyangkut perkembangan komponen dari kebugararan jasamani sedangkan keterampilan kelompok menyangkut sosial dalam berolahraga yang sifatnya akan membentuk sikap dalam rohani individu tersebut. Paradigma olahraga tradisional muncul karena bermacam faktor diantaranya meningkatnya pengaruh dari pada informasi sosial media sehingga seseorang secara naluri ingin membuat sesuatu yang baru dengan menggunakan sosial media sehingga berbagai macam jenis olahraga makin dikenal dan menjadi salah satu pilihan tepat di hati masyarakat.

(sumber foto : https://www.idntimes.com/sport/arena/jcnd/olahraga-tradisional-asli-indonesia-c1c2?page=all)

Perkembangan olahraga tradisonal menjadikan pola baru dalam olahraga masyarakat sehingga pilihan untuk memberikan wadah baru masyarakat dalam berkegiatan menjadikan lebih luas, terlebih olahraga tradisonal menjadikan olahraga yang mudah ditemui di kalangan masyarakat. olahraga ini juga termasuk dalam olahraga rekreasi, olahraga ini menjadi olahraga hiburan yang tetap mempengaruhi unsur kebugaran jasmani dan rohani selain olahrga yang menciptakan kesenangan juga menuntut memiliki sikap disiplin, sportif dan lainnya.

Berkat olahraga tradisonal yang kian mudah ditemukan sehingga memacu perhatian praktisi olahraga lain untuk semakin mengembangkan potensi olahraga tradisonal ini, dalam prakteknya juga banyak ditemukan kendala diantaranya sulitnya sarana prasarana dan alat penunjang olahraga tersebut, oleh karena itu harus ada perhatian khusus bagi komite atau organisasi juga pemerintah terkait untuk dapat menemukan solusi sehingga sarana prasarana dan alat dapat mudah di temui.

     

 

 

M.Yusuf Ridhani, S.Pd. 2021

 

 

SMA Negeri 1 Martapura Kalimantan Selatan
SMAN 1 Martapura memiliki Visi _quote_Berakhlak Mulia, BErmutu, BeRbudaya, PeduLI Lingkungan, dan BerwawasAN Global_quote_, dapat menjadi wadah bina karakter yang bertanggung jawab kepada Tuhan.
SMA Negeri 1 Martapura Kalimantan Selatan

00:01:41
Views: 894
SMA Negeri 1 Martapura Kalimantan Selatan