SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Selamat Datang

di website SMA NEGERI 1 MARTAPURA

 

Assalamu'alaikum wr. wb.

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga SMA Negeri 1 Martapura berhasil membangun kembali laman (website), kehadiran website SMA Negeri 1 Martapura ini diharapkan dapat memudahkan penyampaian informasi secara terbuka kepada warga sekolah, alumni dan masyarakat serta instansi lain yang terkait. 

Semoga dengan kehadiran website ini akan terjalin informasi, komunikasi antaralumni khususnya sebagai salah satu upaya sekolah mendapatkan informasi akan penelusuran tamatan/ alumni di mana saja berada. Dapat memperoleh informasi dengan cepat sehingga dapat mengikuti perkembangan dalam pengetahuan yang berkembang dengan cepat pula.

Kesiapan dari semua warga sekolah sangat besar artinya bagi keberadaan website tersebut, sebab tanpa kesiapan dari warga sekolah maka keberadaan website tersebut akan tidak ada gunanya.

Sehubungan dengan hal tersebut maka semua warga sekolah harus mau untuk belajar menggunakan komputer dan internet, agar dapat mengakses segala informasi yang berhubungan dengan sekolah dan pengetahuan di internet.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Demikian dan terima kasih. 

 

INFO  PENTING ATAU TERKINI 

 

Alhamdulillah KIR SMAMA Juara I LKTI di Fak. Pertanian 

Universitas Lambung Mangkurat

Sepuluh Falsafah Pendidikan Jepang 

 

Kiat Belajar (Metakognitif)

 

 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru

HUT KE-45 SMA NEGERI 1 MARTAPURA

Kegiatan Belajar di Luar Kelas

 

Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

 

Bahan Ajar Berbasis IT

 

 

 

Berita Utama

ADAPTASI GURU TERHADAP KEMAJUAN TEKNOLOGI DAN PERUBAHAN ZAMAN

Karya: Norbaiti Ilhamiah, S.Pd.

Kemajuan teknologi memunculkan berbagai dampak pada manusia. Sebagai pengguna teknologi tersebut manusia adalah satu entitas yang kompleks, apalagi satu komunitas, dan lebih lagi jika berbagai komunitas. Semakin kompleks manusia, maka semakin banyak masalah yang muncul. Kemajuan ini membawa kehidupan manusia pada kemajuan beradaban pula. Namun, semakin kompleks sesuatu maka akan semakin banyak pula permasalahnnya.   Permasalahan   yang   muncul   akibat   dari kemajuan teknologi di antaranya krisis ekonomi global, pemanasan global, terorisme, rasisme, penyalahgunaan narkoba, perdagangan manusia, mengaburnya kebudayaan, krisis iklim, dan masih banyak lagi masalah lain.

Peradaban manusia dewasa ini adalah buah dari konsep kebudayaan yang dirancang oleh pemikir-pemikir zaman dahulu. Hal ini sangat berkaitan dengan lembaga pendidikan, dengan berbagai bentuk. Jika lembaga pendidikan diberi konteks  zaman  sekarang, maka yang terlintas dalam benak kita semua tentu pendidikan formal seperti sekolah-sekolah negeri atau swasta, serta kampus-kampus yang sekarang jumlahnya sudah sangat banyak di seluruh Indonesia. Berkaitan dengan hal ini, pendidikan dapat dikatakan sebagai solusi dari masalah yang muncul seiring dengan kemajuan teknologi. Hal ini bukan tanpa sebab, pendidikan dianggap lebih mampu untuk membentuk manusia saat ini. Namun, manusia dapat dibentuk dengan mudah oleh lembaga pendidikan. Hal ini dapat dimasukan pada pengecualian jika terjadi.

Guru sebagai roda penggerak lembaga pendidikan memiliki peran paling vital pada konteks membentuk manusia, dalam hal ini siswa. Oleh karena itu, peran guru akan memberi dampak besar pada pembentukan karakter setiap individu yang mengenyam pendidikan. Pada abad ini guru harus menghadapi masyarakat dengan beragam budaya. Hal ini mengharuskan guru memiliki kemampuan terhadap beragam budaya agar tidak salah mengerti. Selain itu, kurikulum sekarang memaksa guru memberi pembelajaran bermakna, aktif, berpandangan luas, serta kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi oleh guru. Tugas ini menjadi semakin rumit ketika ihwal perut belum tuntas benar. Dengan semua permasalahan tersebut, peran vital ini menjadi rapuh dan diharuskan kuat oleh keadaan.

Profesionalitas guru dituntut untuk menghadapi tantangan kemajuan peradaban yang sangat kompleks. Dalam hal ini, guru harus memiliki kepribadian yang matang dan adaptif terhadap perkembangan, terampil dalam membangkitkan motivasi belajar siswa bahkan dengan perubahan zaman yang terjadi. Belum lagi mengenai keilmuan yang menjadi bidang guru yang bersangkutan, hal ini sudah selayaknya untuk dikuasai. Mengingat setiap persoalan yang muncul diakibatkan oleh kemajuan teknologi dan perubahan zaman, maka peran guru salah satunya adalah menyiapkan siswa untuk dapat beradaptasi, tetapi tidak melupakan kebudayaan yang membesarkannya.

Indonesia, sebagai negara dengan kebudayaan yang beragam tentu terdampak oleh kemajuan teknologi. Nilai-nilai kebudayaan yang bersinggungan dengan globalisasi harus disikapi dengan bijak oleh setiap warga negara Indonesia termasuk siswa yang sedang duduk di bangku pemdidikan.

Efek globalisasi yang bisa dilihat saat ini adalah kemerosotan moral anak, mengaburnya nilai- nilai kebudayaan, serta persoalan lain yang tidak kalah menarik untuk dibicarakan. Oleh karena itu, guru dituntut untuk terus meningkatkan profesionalitasnya agar mutu pendidikan dapat membaik dan terus lebih baik dalam menghadapi tantangan zaman.

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 773340
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 144
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 123
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 34
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 96
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 438
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 927
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6855
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2313
SMAMA

 

Membimbing