SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

Selamat Datang

di website SMA NEGERI 1 MARTAPURA

 

Assalamu'alaikum wr. wb.

Alhamdulillah, puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga SMA Negeri 1 Martapura berhasil membangun kembali laman (website), kehadiran website SMA Negeri 1 Martapura ini diharapkan dapat memudahkan penyampaian informasi secara terbuka kepada warga sekolah, alumni dan masyarakat serta instansi lain yang terkait. 

Semoga dengan kehadiran website ini akan terjalin informasi, komunikasi antaralumni khususnya sebagai salah satu upaya sekolah mendapatkan informasi akan penelusuran tamatan/ alumni di mana saja berada. Dapat memperoleh informasi dengan cepat sehingga dapat mengikuti perkembangan dalam pengetahuan yang berkembang dengan cepat pula.

Kesiapan dari semua warga sekolah sangat besar artinya bagi keberadaan website tersebut, sebab tanpa kesiapan dari warga sekolah maka keberadaan website tersebut akan tidak ada gunanya.

Sehubungan dengan hal tersebut maka semua warga sekolah harus mau untuk belajar menggunakan komputer dan internet, agar dapat mengakses segala informasi yang berhubungan dengan sekolah dan pengetahuan di internet.

 

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

Demikian dan terima kasih. 

 

INFO  PENTING ATAU TERKINI 

 

Alhamdulillah KIR SMAMA Juara I LKTI di Fak. Pertanian 

Universitas Lambung Mangkurat

Sepuluh Falsafah Pendidikan Jepang 

 

Kiat Belajar (Metakognitif)

 

 

 

Penerimaan Mahasiswa Baru

HUT KE-45 SMA NEGERI 1 MARTAPURA

Kegiatan Belajar di Luar Kelas

 

Maulid Nabi Besar Muhammad SAW

 

Bahan Ajar Berbasis IT

 

 

 

Berita Utama

 

 

Bertempat di aula SMA Negeri 1 Martapura, telah dilaksanakan sosialisasi dari konsulat Jenderal Jepang untuk Indonesia di Surabaya. Pada kesempatan itu dihadiri oleh perwakilan siswa, dari OSIS, Ekstrakurikuler, dan khususnya dari kelas Peminatan Bahasa. Berkesempatan memberikan sambutan Bapak Eko Sanyoto, S.Pd selaku kepala SMA Negeri 1 Martapura. Momen sosialisasi ini amat penting untuk membuka wawasan dan memberikan inspirasi bagi siswa dan guru khususnya. 

Bapak Muchammad Zinuri atas nama konsulat, menjelaskan tentang beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Jepang, dalam hal ini adalah beasiswa Monbukagakusho/ MEXT, dapat diakses melalui https://daftar.beasiswamext.com/. Program yang ditawarkan adalah beasiswa S-1, D-3, D-2, Teacher Training, dan Research student. Beliau juga menceritakan pengalaman dan testimoni selama mengenyam pendidikan di Jepang, dan hal ini juga ditambahkan oleh Bapak Akhmad Rizali salah satu Dosen Fakutas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat yang juga pernah mengenyam pendidikan S3 di Universitas Hokkaido Jepang, http://hokkaidouniv.com/mjsp/universitas-hokkaido.html. Beliau sebagai ketua Persada (Persatuan Alumni dari Jepang) Kalimantan Selatan menceritakan kesempatan tinggal dan sekolah di Jepang selama 3 tahun. 

Ibu Tsumura Moe sebagai Konsul muda bagian Informasi, kebudayaan pendidikan, menjelaskan tentang budaya dan kondisi geografis, lingkungan di Jepang. Serta cara menikmati budaya empat musim di negeri Sakura seperti  musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin. Di bagian akhir Ibu Tsumura memberikan quiz/pertanyaan seputar budaya di Jepang, siswa yang berhasil menjawab mendapat hadiah (reward). Kegiatan ini sangat menarik dan menginspirasi. 

Intinya, para siswa perlu menyiapkan diri dalam hal:

  1. Giat dan berprestasi belajar, khususnya mata-mata pelajaran yang bersesuaian dengan fakultas, jurusan dan program studi yang dipilih.
  2. Kompetensi Bahasa Inggris. Siswa harus mengasah kemampuan bahasa inggris baik percakapan maupun tertulis.
  3. Melakukan riset untuk menambah pemahaman tentang beasiswa yang akan didaftar, proaktif mencari informasi beasiswa sesuai dengan minat dan cita-cita serta berlatih menjawab soal- soal tes beasiswa.

 

Pengembangan SDM pada SMA Negeri 1 Martapura merupakan bagian yang sangat perlu. Para tenaga pendidik dan kependidikan mendapat kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan bagi peningkatan kualitas SDM seperti bimtek, diklat, workshop, IHT, dan seminar. Kegiatan ini perlu untuk ditindaklanjuti atau diejawantahkan dalam pelaksanaan tugas sebagai aparat sipil negara. Sejalan dengan itu, sebagai salah satu pemantauan dan pengelolaan dari kegiatan ini, maka dibuatlah mekanisme pelaporan bagi pegawai yang telah melaksanakan tugas sekolah untuk mengikuti kegiatan pengembagan diri dimaksud.

Silakan Bapak dan Ibu yang telah mengikuti kegiatan bimtek, diklat, workshop, IHT, seminar dan sejenisnya agar mengisi formulir ini, klik di sini

Klik diagram

 

Untuk melihat laporan yang sudah masuk silahkan klik di sini

 

 

Selasa, 25 Oktober 2022

 

Bertempat di Aula SMA Negeri 1 Martapura dari pukul 09.00 - 15.00 WITA, dilaksanakan Workshop Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kegiatan ini dihadiri oleh guru-guru untuk menggali informasi untuk persiapan pelaksanaan P5, khususnya untuk siswa di jenjang kelas X.

Pak Eko Sanyoto, S.Pd selaku Kepala Sekolah memberikan sambutan dan mengingatkan bahwa pendidikan adalah proses pembentukan peradaban, tugas yang sangat mulia dan sudah sewajarnya dilaksanakan dengan penuh kesungguhan. Adapun narasumber adalah Bapak Drs. H. Mukhlis Takwin, S.H, M.H. Kepala SMA Negeri 5 Banjarmasin, dan Ibu Yuli Hastuti, M.Pd, Guru pada SMA Negeri 5 Banjarmasin.

Jadwal Kegiatan

 

 

Jadwal Salat

JUMAT LITERASI:

Tantangan Remaja Masa Kini dan akan Datang

 

 

Bertempat di halaman (lapangan bola basket dan voli) SMA Negeri 1 Matapura telah dilaksanakan Jumat Pembiaaan Karakter bertajuk Literasi dengan pola diskusi dengan tema "Tantangan Remaja Masa Kini dan Akan Datang". Bapak Agus Kapandi, S. Pd (guru Bahasa Indoonesia) dan Agus Suprapto, S. Ap. (kepala perpustakaan sekolah) bertindak sebagai moderator (pemandu acara), dan panelis: Bapak Eko Sanyoto, S.Pd (Kepala Sekolah), Bapak Drs. H. Syafuan Nur, Syaiful Yazan, M.Pd dan Muhammad Nor, S.Pd.

Kemajuan teknologi saat sekarang, fenomena kondisi remaja sekarang, jelas penuh tantangan dan ada kiat atau strategi untuk menghadapinya. Tinjauan secara makro (global) dan secara detail (konkrit kekinian) sangat diperlukan. Tinjauan kebijakan sekolah oleh Bapak Eko Sanyoto, S.Pd (selaku kepalas ekolah), tinjauan secara historis dan filosofis dari Pak Drs. H. Syafuan Nur (guru sejarah), tinjauan secara literasi-numerasi akan usia kehidupan, kewajiban/tuntutan kehidupan (guru matematika), tinjauan sosial psikologis remaja dalam era kekinian oleh bapak Muhammad Nur, S.Pd (guru bimbingan konseling). Semua guru berperan penting untuk memberikan bimbingan kepada para siswa sesuai dengan latar belakang kehalian dan keilmuan masing-masing, bersinergis bahu membahu untuk sama-sama mendidik dan mengembangkan potensi siswa, remaja, generasi muda.

Waktu kegiatan cukup singkat, namun alhamdulillah sudah memberikan kesempatan memberikan pencerahan dan informasi penting bagi siswa khususnya untuk mengarungi kehidupan kini dan akan datang. Harapannya, untuk kegiatan serupa di waktu mendatang, kiranya dapat diefektifkan dan diefisienkan lagi, tanpa mengurangi daya kritis dan eksplorasi.

 

 

JUMAT TAQWA

 

ADAB DALAM ME NUNTUT ILMU

21 Oktober 2022

 

Bertempat di lapangan SMA Negeri 1 Martapura, hari Jumat 21 Oktober 2022, dari pukul 07.15 - 07.45 WITA, berlangsung kegiatan Jumat Pembiasaan Karakter dengan tema Jumat Taqwa. Pada kesempatan ini Bapak Ahmad Hudari, S.Pd membacakan kitab Al-Gunyah Li Thalibii Tariqi Al-Haqqi Ajja Wajalla, karya Syekh Abdul Qadir Bin Shaleh Al-Jailani, yang berisi petuah adab siswa dalam menuntut ilmu.

Kegiatan ini dihadiri oleh para siswa, guru, dan staf tata usaha, pustakawan, karyawan sekolah. Pada kesempatan ini, Bapak Eko Sanyoto, S.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Martapura memberikan kata sambutan dan berpesan kepada semua siswa untuk sungguh sungguh menyimak dan mengamalkan nasehat-nasehat yang disampaikan agar berhasil dalam menuntut ilmu, membawa kebahagiaan dunia dan akhirat.

 

Selanjutnya garis besar kandungan tausyiah yang disampaikan adalah:

Sumber: kitab Al-Gunyah Li Thalibii Tariqi Al-Haqqi Ajja Wajalla, karya Syekh Abdul Qadir Bin Shaleh Al-Jailani

Dalam agama Islam pendidikan mendapat perhatian khusus, bahkan agama mengatakan tidak ada suatu ibadah yang lebih utama dan mulia untuk dikerjakan setelah seorang hamba selesai mengerjakan semua kewajaban- kewajaiban terdapanya kecuali ibadah menuntut ilmu, hal ini senada dengan perkataan Imam Ibnu Ruslam dalam kitabnya Matan Jubat :” Setiap orang yang melakukan ibadah, namun tidak didasari dengan ilmu pengetahuan, maka ibadahnya tersebut tertolak atau tidak diterima”

Rasulullah juga memberikan perhatian penuh dan motivasi tinggi terhadap para penuntut ilmu, dalam beberapa hadist beliau mengatakan bahwa: orang yang pergi menuntut ilmu itu laksana orang yang sedang berjalan menuju Syurga Allah, dalam hadist lain beliau juga mengatakan; jika kalian ingin bahagia didunia dan diakhirat maka tuntutlah ilmu, baik ilmu dunia lebih lebih lagi ilmu akhirat, dan masih banyak lagi hadist- hadist Nabi yang berbaikan dengan keutamaan menuntut ilmu.

Secara tidak langsung ketika kita bicara tentang menuntut ilmu, tentu kita tidak bisa terlepas dari yang namanya guru, karena guru lah yang akan menyampaikan atau memberikan ilmu pengetahuan kepada kita. Agama Islam memberikan kedudukan tinggi terhadap seorang guru, tidak akan didapatkan ilmu yang bermamfaat kalau seorang murid tidak menempatkan gurunya ditempat yang mulia, cara menempatkan guru ditempat yang mulia yaitu dengan cara menghormati, beradab  dan sopan santun terhadap guru tersebut.

 Syekh Abdul Qadir Bin Shaleh Al-Jailani dalam kitab Al- Gunyah Li Thalibii Tariqi Al-Haqqi Ajja Wajalla, menjelaskan beberapa adab seorang penuntut ilmu terhadap gurunya:

  1. Taat Kepada Guru, Tidak Menentangnya

Syekh Abdul Qadir Aljailani menjelaskan bahwa murid memiliki kewajiban meninggalkan menyalahi guru dalam bergaualan secara kasat mata dan meninggalkan mengkritik guru didalam batin.Orang yang memiliki kemaksiatan secara jahir berarti meninggalkan adab, dan orang yang memiliki i’tirad berarti berpaling menuju kebinasaan, bahkan menajadikan musuh bagi dirinya terhadap gurunya untuk selamanya.

Syek Abdul Qadir Al-jailani juga menjelaskan bahwa Apabila engkau melihat gurumu memperbuat apa-apa yang dimakruhkan pada syariat Islam, pilih olehmu dengan memperbuat misal dan isyarat, dan jangan engkau menyatakan dengannya supaya tidak menjauh engakau dari padanya.

  1. Menutupi Keaiban Guru

Guru bukanlah seperti seorang Nabi yang terpelihara dari dosa, guru juga merupakan manusia yang tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, namun sebagai seorang murid penting baginya untuk memilahara kebersihan pandangannya terhadap gurunya, dan jikapun zohir padanya akan kesalahanhya maka bagi murid memeliki kewajiban untuk menutupinya, sebagaima yang dikatakan oleh Syekh Abdul Qadir Al-jailani: “Jika engkau melihat pada gurumu keaiban, tutupi olehmu dan kembalikan dengan menduga aib itu ada pada dirimu,

Agama melarang kita untuk membuka aib orag lain, apalagi membuka iab guru yang notabena adalah orang tua rohani, yang memberikan ilmu pengetahuan, tentu menutup aib para guru lebih utama, karena mereka menempati kedudukan orang tua bahkan lebih mulia.

  1. Tidak Meninggalkan Guru dalam Keadaan Apapun

Guru hakikatnya adalah orang tua, meski tidak melahirkan kita, namun gurulah yang mengkat derajat manusia dari kebodohan dan kegelapan hidup, guru menjadi suluh terang bagi para murid, maka oleh karena itu pantang bagi seorang murid meninggalkan gurunya karena hanya satu dan lain hal, sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Abdul Qadir Aljailani: “Apabila marah oleh gurumu dan kerut  pada mukanya atau nampak  sikap berpaling dari gurumu, janganlah engkau berpaling darinya, tetapi koriksi batinmu dan apa yang telah engkau perbuat dari jahat adab pada hak gurumu atau lalai engkau pada perkara Allah SWT dari meninggalkan perintah Allah atau memperbuat laranganNya, maka hendaklah engkau meminta ampun kepada Allah SWT dan bertaubat kepadaNya, dan bercita-cita meninggalkan mengulanginya, kemudian engkau meminta ujur kepada gurumu dan merendahkan diri dan membujuknya, dan engkau selalu menampakkan kasih sayang kepadanya dengan meninggalkan menyalahinya dimasa mendatang.

Syekh Abdul Qadir Al-jailani menekankan kepada setiap murid untuk selalu taat kepada guru, karena menurutnya guru adalah pintu dan penunjuk jalan menuju keridhaan Allah SWT.

  1. Tidak Memutus Silaturahmi dengan Guru

Ikatan antara murid dan guru adalah ikatan rohani, yang barang tentu harus terus dijaga, keharmonisan hubungan antara guru dan murid menjadi indikator atas keberkahan ilmu yang didapat, guru menjadi pentarbiyah hati, maka murid wajib menjaga silaturahmi dengan baik kepada guru, menjaga hubungan dengan tidak meutus silaturahmi darinya. Sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh Abdul Qadir Al-jailani: “Tidak sepentasnya bagi murid bahwa memutuskan hubungan dengan gurunya dan merasa mampu untuk bisa samapai menuju Allah SWT, Allah menyerahkan pendidikan murid dan memberi taufik atas ma’na- ma’na yang samar melalui guru.

Seorang murid sejati, adalah yang dia yang senantiasa menjaga hubungan baik dengan guru, jauh dari sipat kemegahan dan kesombomgan terhadap guru, murid tidak boleh merasa sedikitpun melibihi keilmuan guru, apalagi dengan rasa tersebut memutuskan hubungan dengan guru, karena merasa tidak lagi berhajat kepada guru, merasa mampu menuju Allah tanpa perlu bantuan guru.

  1. Lebih Banyak Mendengar dan Diam dihadapan Guru

Penghormatan kepada guru oleh murid atau penuntut ilmu juga harus tercermin dalam setiap tingkah laku, termasuk ketika berhdapan dengan guru baik dalam suasan pembelajaran ataupun diluar pembelajaran, sebagai bentuk karakter atau akhlak yang baik bagi murid dihadapan guru adalah lebih banyak mendengar dan diam dihadapan guru, sebagaimana yang sampaikan oleh Syekh Abdul Qadir Al-jailani: “Diantara adab murid terhadapa guru ialah bahwa tidak berkata-kata ia di hadapan gurunya melain dalam keadaan terdesak. Dan sepantasnya bagi murid bahwa berdiam terhadap pernytaan yang diluntarkan kepada gurunya, sekalipun bagi murid memiliki kelebihan terhadap masalah tersebut. Meski murid memliki kecakapan yang cukup dalam persoalan, namun sebagai bentuk adab dan penghorntan kepada guru, murid tetap dituntut unjtuk tenang dan medengarkan setiap pernyataan, jawaban ataupun cerita dari gur. Selain itu juga murid hendaknya lebih banyak diam dan seksama memperhatikan guru, tidak banyak bergerak. Sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Abdul Qadir Al-jailani: “Dan sepantasnya bagi murid bahwa jangan bergerak-gerak ketika medengari perkataan gurunya dan jangan sekali-kali menampakkan rasa bosan dihadapan gurunya,

Dengan tidak banyak bergerak murid mengisyaratkan keseriusannya dalam medengarkan nasihat, pembelajaran ataupun pembicaraan bersama gurunya, dengan begitu guru akan sangat merasa dihargai dan tentu keridhoan guru adalah keridhoaan Allah SWT.  

 

SALAT DUHA DAN MEMBACA SURAH YASIN

26 Agustus 2022

Link Dokumentasi Kegiatan klik DI SINI

Bertempat di halaman SMA Negeri 1 Martapura pada hari Jumat, 26 Agustus 2022, mulai pukul 07.15 - 07.45 WITA dilaksanakan kegiatan Jumat Taqwa dengan acara:

1. Membaca Surah Yasin bersama, yang dipandu oleh Bapak Hadi Priadi,S.Pd (Guru Pendidikan Agama Islam)

2. Sholat Duha 4 rakaat, yang diimami oleh Bapak Mhammad Hasbi, S.Pd

Kegiatan diikuti oleh para siswa dan guru, serta tenaga kependidikan. Alhamdulillah berjalan lancar dan khidmat.

Menjelang pukul 07.45 WITA acara selesai, kemudian dilanjutkan dengan KBM jam pelajaran pertama. Terima kasih atas Tim Guru Pendidikan Agama dan Pendidikan Alquran, Kesiswaan, OSIS dan semua yang terlibat, semoga Allah memberikan pahala, rahamat dan keberkahan untuk kita semua.

  

Dalam rangka Kegiatan Penguatan dan Pengembangan Lembaga Penyedia Layanan Pemberdayaan Perempuan Kewenangan Kabupaten/Kota, bertempat di SMA Negeri 1 Martapura dilaksanakan Kegiatan Sosialisasi Pernikahan Anak Usia Dini dan Sadari Kanker Payudara. Pada hari Kamis, 3 November 2022 dari pukul 09.00 WITA - selesai.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa  SMA Negeri 1 Martapura, perwakilan tiap kelas, sejumlah 150 orang, dan sejumlah guru. Hadir pula ibu-ibu yang terhimpun dalam Gabungan Organisasi Wanita (GOW), seperti dari Dinas Pendidikan Kabupaten Banjar dan Dinas Sosial Kabupaten Banjar.

Pada kesempatan ini, Ibu dari Bapak Bupati Kabupaten Banjar, Ibu Hj. Nur Gita Tyas, M.Pd, menjadi salah satu nara sumber dan memberikan arahan kepada para siswa. Kegiatannya  dinamis, terjadi interaksi tanya jawab antara Nara sumber dan para siswa. Sebagai penghargaan atas partisipasi siswa, mereka mendapat hadiah, yakni mereka yang bisa merespon atau menjawab pertanyaan yang diajukan.

Setelah kegiatan sosialisasi, Ibu Hj. Nur Gita Tyas, M.Pd dan rombongan menyempatkan diri untuk meninjau Perpustakaan SMA Negeri 1 Martapura. Didampingi oleh Bapak Eko Sanyoto, S.Pd selaku Kepala SMA Negeri 1 Martapura dan sejumlah guru, juga dipandu oleh Bapak. Agus Suprapto, S.Ap. selaku kepala perpustakaan sekolah, Beliau mengobservasi kondisi perpustakaan. Beliau mengapresiasi mendalam atas keberadaan dan atas prestasi yang telah dicapai perpustrakaan sekolah (mendapat akreditasi A), dan berpesan untuk dipertahankan serta terus dikembangkan, terutama pengadaan bahan-bahan bacaan yang terupdate dan relevan untuk para siswa khususnya. Beliau juga menekankan agar sekolah terus mengembangkan potensi anak baik akademis maupun spritual, agamis.

 

 

Subcategories

  1. PRESTASI LOMBA –LOMBA DALAM BIDANG AKADEMIK DAN NON AKADEMIK
  2. Lomba-lomba Bidang Akademik

NO

KEGIATAN LOMBA

PERINGKAT

TINGKAT

TAHUN

1

Debat Bahasa Inggris

2

Kabupaten

2014

2

Biocare 2014 show your creativity and Explore the amazing world of Biology with us

2

Provinsi

2014

3

Biologi Competition

3

Provinsi

2014

4

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2015

5

Cerdas Cermat Otonomi Daerah

2

Kabupaten

2015

6

Lomba Debat Bahasa Indonesia

1

Kabupaten

2015

7

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

 

2015

8

Lomba Debat Bahasa Inggris

3

 

2015

9

Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

3

Kabupaten

2015

10

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2015

11

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2015

12

Olimpiade Sains IPA

1

Provinsi

2015

13

Olimpiade Sains IPA

2

Provinsi

2015

14

Lomba Penulisan Cerita Islami

3

Nasional

2015

15

Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2015

16

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2015

17

OSN Geografi

1

Kabupaten

2016

18

OSN Geografi

1

Provinsi

2016

19

OSN Biologi

2

Kabupaten

2016

20

OSN Matematika

3

Kabupaten

2016

21

OSN Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2016

22

OSN Debat Bahasa Inggris

1

Kabupaten

2016

23

OSN Baca Puisi

3

Kabupaten

2016

24

Lomba Cepat Tepat Akuntansi

1

Provinsi

2016

25

Lomba Cepet Tepat Akuntansi

1 dan 2

Provinsi

2016

26

Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2017

27

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2017

28

Debat Bahasa Inggris

3

Provinsi

2017

29

Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2017

30

Debat Bahasa Inggris

2

Provinsi

2017

31

Best Speaker

 

 

2017

32

Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar

1

Provinsi

2017

33

Lomba Debat Bahasa Inggris

1

Provinsi

2017

34

OSN Matematika

2

Provinsi

2017

35

OSN Fisika

3

Provinsi

2017

36

Lomba Debat Bahasa Inggris

3

Provinsi

2017

37

Data Parlemen Remaja Nasional

 

Nasional

2017

38

Lomba Debat Bahasa Indonesia

1

Provinsi

2017

39

Lomba Mathematic Challenge

3

Provinsi

2017

40

Lomba Mathematic Challenge

Harapan 3

Provinsi

2017

41

Lomba Debat Ekonomi

1

Provinsi

2017

42

Lomba Bahasa Indonesia

3

Provinsi

2017

43

Lompa Debat PAI

1

Provinsi

2018

 

  1. Lomba –lomba Bidang Non Akademik

NO

KEGIATAN LOMBA

PERINGKAT

TINGKAT

TAHUN

1

Lomba Sekolah Sehat Kategori SMA

1

Provinsi

2014

2

Hari Lingkungan Hidup

4

Kabupaten

2014

3

Lomba 3R Sampah Kantong Plastik

1

Kabupaten

2014

4

Presentasi Adiwiyata "Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan"

 

Kabupaten

2014

5

Kejurcab Karate Amura

1,2,3,2,2,3

Kabupaten

2014

6

Kejuaraan Karate Amura ke-3

2,3,3,2,3

Provinsi

2014

7

Kejuaraan Karate Amura ke-3

2,3,3

Provinsi

2014

8

Cerdas Cermat Putra

3

Kabupaten

2014

9

Cerdas Cermat Putri

3

Kabupaten

2014

10

Poetry With Scont Putra

3

Kabupaten

2014

11

Poetry With Scont Putri

1

Kabupaten

2014

12

Pionering Putri

1

Kabupaten

2014

13

P3K Putra

2

Kabupaten

2014

14

P3K Putri

3

Kabupaten

2014

15

Lomba Ketangkasan  Baris-berbaris Putra

3

Kabupaten

2014

16

Teknologi Tepat Guna Putra

1

Kabupaten

2014

17

Teknologi Tepat Guna Putra

1

Kabupaten

2014

18

Penjalajah Putra

2

Kabupaten

2014

19

Pramuka Putra

3

Kabupaten

2014

20

Pramuka Putri

3

Kabupaten

2014

21

Lomba PBB

2

Provinsi

2014

22

Karate Tingkat Nasional

1

Nasional

2014

23

Pemilihan Pelajar Pelapor Keselamatan Transportasi

3

Provinsi

2014

24

Olahraga Tradisional TK,SMA

2

Provinsi

2014

25

Kumite Junior Putra

2

Kabupaten

2014

26

Kumite Junior Putra

3

Kabupaten

2014

27

Kumite Junior Putri

2

Kabupaten

2014

28

Kata Junior Putri

1

Kabupaten

2014

29

Kata Junior Putri

2

Kabupaten

2014

30

Kata Junior Putra

2

Kabupaten

2014

31

Kata Junior Putra

3

Kabupaten

2014

32

Bersih Narkoba

Harapan 3

Provinsi

2014

33

Festival Nasyid

1

Provinsi

2014

34

Lomba Engrang

2

Provinsi

2014

35

Lomba Seni Siswa ( FLSN )

 

Kabupaten

2014

36

Lomba Cipta Puisi HUT STAI

2

Kabupaten

2014

37

Foto Grafi

2

Provinsi

2014

38

Singing Contest Banjar

Harapan 3

Provinsi

2014

39

Basket Ball Competition III

3

Kabupaten

2014

40

Lomba Singing Contest HUT SMAN 1 Bjb

1

Provinsi

2015

41

Lomba Singing Contest HUT SMAN 1 Bjb

2

Provinsi

2015

42

Lomba Fashion Show dlm Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional

2

Kabupaten

2015

43

Bongkar Pasang Bivak

1

Kabupaten

2015

44

Food Green Competition Putra

1

Kabupaten

2015

45

Food Green Competition Putri

1

Kabupaten

2015

46

Jelajah Rimba Putri

1

Kabupaten

2015

47

Jelajah Rimba Putra

1

Kabupaten

2015

48

Lomba Kaligrafi Putri

3

Kabupaten

2015

49

Lomba Mading Kreasi Putri

3

Kabupaten

2015

50

Lomba memasak Putri

Harapan 2

Kabupaten

2015

51

Singing Contest

Harapan 2

Kabupaten

2015

52

Lomba Sepak Takraw

3

Provinsi

2015

53

Basket Ball Competition Kompas

3

Provinsi

2015

54

Fashion Sha3 312

2

Kabupaten

2015

55

Bank Sampah

2

Kabupaten

2015

56

Bakisah Bahasa Banjar "Pekan Sejarah "

 

Provinsi

2015

57

Lomba Engrang Putra

3

Kabupaten

2015

58

Lomba Terompah Panjang

2

Kabupaten

2015

59

Lomba Drama Kesehatan Remaja PMR

3

Kabupaten

2015

60

Contest Wira se Kabupaten Banjar

 

 

 

61

Lomba Cerdas cermat PMR Contest Wira Sekabupaten Banjar

1

Kabupaten

2015

62

Lomba Cerdas cermat PMR Contest Wira Sekabupaten Banjar

3

Kabupaten

2015

63

PLN Wali Climbung Competition 2015

3

Provinsi

2015

64

Volly Ball Competition HUT SMAN 2 Bjb

2

Provinsi

2015

65

Lomba Bola Basket

2

Kabupaten

2015

66

Lomba Lintas Alam Tecknocrat

3

Kabupaten

2015

67

Lomba Pensi dlm Rangka Latihan Gabungan PMR Wira se Kecamatan MtpmAstambul

2

Kabupaten

2015

68

Islamic Vocal Group

3

Provinsi

2015

69

Lomba PPI

3

Kabupaten

2015

70

Lomba Teknologi Tepat Guna

3

Kabupaten

2015

71

Lomba Teknologi Tepat Guna

3

Kabupaten

2016

72

Karate Kata Perorangan Putra

1

Kabupaten

2016

73

Karate Kata Perorangan Putri

2

Kabupaten

2016

74

Karate Kumite kelas -61 kg Putra

1

Kabupaten

2016

75

Karate Kumite kelas -53 kg Putri (O2SN)

3

Kabupaten

2016

76

Lompat jauh Putri ( O2SN )

2

Kabupaten

2016

77

tenis Meja  Tunggal Putri ( O2SN)

2

Kabupaten

2016

78

Bulu Tangkis Tunggal Putra (O2SN)

2

Kabupaten

2016

79

Cipta Puisi (O2SN)

2

Kabupaten

2016

80

Karya Putri ( O2SN)

1

Kabupaten

2016

81

Solo Vocal Putri ( O2SN)

1

Kabupaten

2016

82

Desain Poster Putri

2

Kabupaten

2016

83

Lomba Nasyid Dlm Rangka Memperingati hari Jadi Kab.Banjar dan HUT RI

2

Kabupaten

2016

84

Lomba PBB LDWC 2016

3

Nasional

2016

85

(Tim A ) Lomba PBB

1

Kabupaten

2016

86

(Tim B ) Lomba PBB

Best Kostum

Kabupaten

2016

87

Lomba Kaligrafi Tk.SMP/MTs dan SMA

Harapan 1

Kabupaten

2016

88

Lomba Kaligrafi Tk.SMP/MTs dan SMA

2

Kabupaten

2016

89

Lomba Pidato Bahasa Indonesia

3

Kabupaten

2016

90

Lomba Puisi Lingkungan

1

Kabupaten

2016

91

Lomba Pertolongan Pertama (PMR)

Harapan 3

Provinsi

2016

92

Lomba Pendidikan Sebaya (PMR)

Harapan 2

Provinsi

2016

93

Lomba Donor Darah Sukarela (PMR)

2

Provinsi

2016

94

Lomba Siap Siaga Bencana (PMR)

2

Provinsi

2016

95

Basket Ball Competition

1

Provinsi

2016

96

LKBB Spenduga Oceun Blue 3

2

Provinsi

2016

97

Lomba Kaligrafi

Harapan 1

Kabupaten

2016

98

Lomaba Paskibra

Harapan 2

Kabupaten

2016

99

Lomaba Paskibra

The Best Formasi dan Vanasi

Kabupaten

2016

100

Lomaba Paskibra

The Best Danton

Kabupaten

2016

101

Lomba Nasyid 

1

Kabupaten

2016

102

Lomba Cepat tepat Akuntasi

1, 1, 2

Provinsi

2016

103

Lomba Bakisah Bahasa Banjar

3

Provinsi

2016

104

Lomba Blog Kuliner Nasional

1

Nasional

2016

105

Lomba Fotografi Sekalsel

2

Provinsi

2016

106

Lomba Videodan Cinema Tografhy Nasional oleh Kedutaan AS dan Indonesia Jakarta sebagai Direktur dan Sutradara

3

Nasional

2016

107

Lomba PMR

 

Kabupaten

2016

108

Lomba PMR

1

Kabupaten

2017

109

Kolase

2

Kabupaten

2017

110

Perawatan Keluarga

3

Kabupaten

2017

111

Lomba Panjat Dinding UNISKA

3

Kabupaten

2017

112

Lomba Singing Contest

3

Nasional

2017

113

Karate Bupati Cup Kumite Perorangan

1, 2

Kabupaten

2017

114

Karate Bupati Cup Kumite Senior

3

Kabupaten

2017

115

Karate Bupati Cup Junior

3, 3

Kabupaten

2017

116

Karate Darem Cup Kata Perorangan Junior

1

Kabupaten

2017

117

LKPBB Korem Antasari

2

Provinsi

2017

118

Festival PBB SMKN 1 Mtp

1

Kabupaten

2017

119

Festival Kreasi Baris berbaris

2

Kabupaten

2017

120

FKBB SMKN 1 Mtp

The Best Danton

Kabupaten

2017

121

Turnamen Catur

2

Kabupaten

2017

122

Walikota Banjarmasin Cup III 2017 Kata Perorangan Junior Putra

1,3,3

Provinsi

2017

123

Walikota Banjarmasin Cup III 2017 Kata Perorangan Senior Putra

3

Provinsi

2017

124

Lomba Penegak (PPGD) Putera

1

Provinsi

2017

125

Cerdas Cermat Puteri

2

Provinsi

2017

126

Survival Putra

3

Provinsi

2017

127

Lomba Desain Logo Putri

Harapan 2

Provinsi

2017

128

Sandi, Smarphone, Morse Putri

Harapan 2

Provinsi

2017

129

Sandi, Smarphone, Morse Putra

Harapan 3

Provinsi

2017

130

Festival Teater Pemeran Pembantu Terbaik

2

Provinsi

2017

131

Festival Teater

2

Provinsi

2017

132

Lomba Nasyid Pekan Rajabiyah

2

Kabupaten

2017

133

Lomba Debat Bahasa Indonesia

2

Provinsi

2017

134

FLS2N Vocal Solo Putri

1

Kabupaten

2017

135

FLS2N Vocal Solo Putra

1

Kabupaten

2017

136

FLS2N Design Poster Putri

2

Kabupaten

2017

137

FLS2N Design Poster Putra

3

Kabupaten

2017

138

FLS2N Kriya Putra

1

Kabupaten

2017

139

FLS2N Teater Monolog

2

Kabupaten

2017

140

FLS2N Vocal Solo Putri

2

Provinsi

2017

141

FLS2N Vocal Solo Putra

1

Provinsi

2017

142

Kata Junior Putra Yusfi Cup

1

Provinsi

2017

143

45 kg Kader Putra Yusfi Cup

3

Provinsi

2017

144

Kumite 55 kg Junior Putra

3

Provinsi

2017

145

Lomba Futsal

3

Provinsi

2017

146

Lomba Bola Voli Putri (Perwosi)

3

Kabupaten

2017

147

Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Tk. Nasional

1

Nasional

2017

148

Lomba Cepat Tepat Akuntansi

1

Provinsi

2017

149

Lomba Cepat Tepat Akuntansi

2

Provinsi

2017

150

Lomba FKBB XI SMKN 1 Mtp

Best PBB, Danton, Variasi, Formasi, Kostum

Provinsi

2017

151

Lomba FKBB XI SMKN 1 Mtp

1 & 2

Kabupaten

2017

152

Lomba FKBB XI SMKN 1 Mtp

Juara Umum

Provinsi

2017

153

Fhotograpy Competition

1, 2, 3

Provinsi

2017

154

Lomba Pertolongan Pertama

1

Kabupaten

2017

155

Lomba PMR Tk. Wira

 

Kabupaten

2017

156

Lomba Cerdas Cermat

1

Kabupaten

2017

157

Lomba Perawatan Keluarga

1, 2

Kabupaten

2017

158

Lomba Perawatan Keluarga

2

Kabupaten

2017

159

Lomba Melukis Bak Sampah

2

Kabupaten

2017

160

Lomba LKPBB Samudra

1 & 2

Provinsi

2017

161

Lomba Desain Poster (Green Industri)

1

Provinsi

2017

162

Kejuaraan Karate KASAT BRIMOB Cup I Sekalsel

1 & 3

Provinsi

2017

163

Kompetisi Futsal

3

Provinsi

2017

164

Lomba Nasyid

3

Provinsi

2018

165

Lomba MTQ Putra

3

Provinsi

2018

166

Lomba MTQ Putri

3

Provinsi

2018

167

Lomba DBL Basketball Competition

1

Provinsi

2018

168

Tenis Meja Putra

4

Kabupaten

2018

169

LKPBB SMADA 2 Bjm

Harapan 3

Provinsi

2018

170

Bulu Tangkis Tunggal Putra

Harapan 1

Provinsi

2018

 

  1. Prestasi Guru dalam Lomba – Lomba

No.

Nama Lomba

Peringkat

Tingkat

Tahun

1.

Lomba Kepala Sekolah Berprestasi

1

Kabupaten

2016

2.

Lomba Penyusunan Buku Pendidikan karakter untuk Guru

1

Nasional

2017

3.

Lomba Guru Berprestasi

3

Nasional

2018

Pembelajaran Abad ke-21
I adapted this from an original video found here: http://youtu.be/OTIBDR4Dn2g. The original presentation was created as a summary of the ASB Unplugged Conference in Mumbai, India 2010. I wanted to add more multimedia and make it more visual as well as adjust a couple of the ideas.
Pembelajaran Abad ke-21

00:09:28
Views: 758308
Pembelajaran Abad ke-21

Youtube Smama

00:31:06
Views: 124
Youtube Smama

Youtube Smama

00:24:02
Views: 115
Youtube Smama

Youtube Smama

00:01:26
Views: 33
Youtube Smama

Youtube Smama

00:05:13
Views: 90
Youtube Smama

GALERI VIDEO SMAMA

 

 

SMAMA
Tayang Ulang Jakarta Osoji Club. Mohon ijin kepada JOC, Jakarta Osoji Club. Video ini sangat menginspirasi kami, khususnya siwa kami SMAN 1 Martapura. Kami mengunduhnya dan sering menayangkannya kepada siswa kami untuk motivasi dan inspirasi. Sebenarnya kami mencoba mencari tayangan/video ini di youtube, tetapi tidak menemukannya lagi, jadi kami mohon
SMAMA

00:19:51
Views: 324
SMAMA

SMAMA

00:05:39
Views: 866
SMAMA

SMAMA

00:11:59
Views: 6805
SMAMA

SMAMA

00:05:00
Views: 2230
SMAMA

 

Membimbing